STRATEGI MARKETING INSTAGRAM TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA BISNIS TEH POCI “OUTLET AIKO”

  • Muh Ferdiansyah Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Adam Latif Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Wahyuni Saleh Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Strategi Marketing Instagram terhadap Peningkatan Penjualan bisnis Teh Poci “Outlet Aiko” sehingga bisa meningkatkan pendapatan serta dapat memperluas pangsa pasanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu sebanyak 75 konsumen, yang diambil dari konsumen Outlet Aiko selama 1 bulan dengan menggunakan rumus yount dan tehnik random sampling. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuisoner, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana menggunakan aplikasi IMB SPSS 26. Adapun hasil Uji Parsial yaitu hasil thitung (3,032) > ttabel (1,666) dan angka signifikansi 0,003<0,05. Dari Uji Parsial tersebut dapat disimpulkan bahwa Strategi Marketing Instagram berpengaruh terhadap peningkatan penjualan pada bisnis Teh Poci “Outlet Aiko”. Adapun hasil Uji Simultan yaitu hasil fhitung (9.187) > ftabel (3,972). Maka dapat disimpulkan bahwa Strategi Marketing instagram mempunyai pengaruh secara Bersama-sama atau simultan terhadap Peningkatan Penjualan pada bisnis teh poci “Otlet Aiko”.

References

Ahmad, Jamaluddin. 2015. Metode Penelitian Administrasi Publik: Teori dan Aplikasi . Gava Media : Yogyakarta.
Ahyar, H., & Juliana Sukmana, D. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & kuantitatif Seri Buku Hasil Penelitian View project Seri Buku Ajar View project. https://www.researchgate.net/publication/340021548
Anam, E. S. & S. (2020). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Pendapatan pada UD Sumber Abadi Kademangan Kabupaten Blitar. Penelitian Manajemen Terapan (Penataran), 5(1), 66–80.
Anugerah, A. (2019). Instagram Adalah Platform Berbagi Foto Dan Video, Ini Deretan Fitur Canggihnya. Diakses 29 Mei 2021.
Arikunto, S, 2013, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Basu Swastha dan T.Hani Handoko.2015.Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta BPFE.
Devi Ariani, Hj. Aida Vitria, N. H. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN PADA UMKM MINUMAN CAPPUCINO CINCAU ABUDE DI BANJARMASIN. Manajemen, 61201, Ekonomi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Dimas Hendika Wibowo. (2015). Strategi dan Program Pemasaran. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66.
Dr. Imam Machali, M. P. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif.
Equity, B., & Micro, M. (2021). Kekuatan Merek untuk Usaha Mikro Kecil Menengah. 2(01), 25–36.
Faizal Bagasasi, H. (2024). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Usaha Minuman Teh Poci Pondok Hijau Bekasi. JMCBUS: Journal of Management and Creative Business, 2, 119–130. https://doi.org/10.53625/juremi.v1i5.2139
Febriani Hilkia Mait, Bode Lumanauw, R. S. (2022). Penjualan Pada Umkm Pabrik Roti Nabila Bakery Manado. Jurnal EMBA, 10(1), 996–1003.
Hartono, H., Hutomo, K., & Mayangsari, M. (2012). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan” Dengan Menetapkan Alumni Dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Binus Business Review, 3(2), 882. https://doi.org/10.21512/bbr.v3i2.1271
Herman, B., Haslindah, H., Anwar, M. A., Mursalat, A., & Mutmainnah, M. (2023). PEMBERDAYAAN BUMDES MELALUI EDUKASI DIGITAL MARKETING DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(6), 5333-5343.
Herman, B., Bashir, S., Syahnur, K. N. F., Haslindah, H., & Absah, Y. (2024). Transformation of SMEs: Strengthening Entrepreneurship and Product Innovation as Key Drivers of Business Evolution. Hasanuddin Economics and Business Review, 7(3), 126-136.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Laksmana, P. E., Setyaningrum, I., & Ariani, M. (2024). Strategi Pengembangan UMKM Kota Batu Jawa Timur Menuju Pertumbuhan Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 8(2), 569-585.
Mujiasih, A. (2022). Penerapan Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam.
Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1–13.
Nabilla A. G, A. T. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Pada Diva Karaoke Rumah Bernyanyi. Kritis, 5(2), 21–40.
Novitasari, D., Ekonomi, F., Nusantara, U., Kediri, P., Kh, J., Dahlan, A., Kediri, N., & Timur, J. (2021). Upaya Peningkatan Volume Penjualan di Masa Pandemi Covid-19 melalui Optimalisasi Promosi, Harga, dan Saluran Distribusi pada Pusat Oleh- oleh Gudange Tahu Takwa. Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6(1), 55–63.
Nokialita, F., Susilawati, W., & Dhamayanty, S. (2024). STRATEGI PEMASARAN DESA WISATA SINDANGKASIH DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT LOKAL MELALUI PENJUALAN PAKET WISATA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 1469-1481.
Poluan, F. M. A., Mandey, S. L., & Ogi, I. W. J. (2019). Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi pada Minuman Kesehatan Instant Alvero). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 2969–2978.
Rachmawaty, A. (2021). Strategi Marketing Menggunakan Instagram. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 7(1), 39–51. https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i1.565
Tarigan, F. A., Robin, R., & Angeline, S. (2024). PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK AQUA DI DESA CINTA RAKYAT. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 326-336.
Saprijal Makmur. 2016. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume penjualan (Studi Pada S-Mart Swalayan Pasir Pengaraian). Universitas Pasir Pangaraian
Sari, S. P. (2020). Strategi Meningkatkan Penjualan Di Era Digital. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 291–300. https://doi.org/10.37481/sjr.v3i3.224
Strategi, A., Terhadap, P., Penjualan, P., Saleh, A., Fakultas Ekonomi, S., Bisnis, D., Bisnis, T., Muhammadiyah, K., & Barat, M. (2023). Licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(2), 87–100.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); Cetakan ke). Alfabeta.
Yusrillia Tita Dwitama, & Siswahyudianto, S. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Usaha Minuman Teh Poci Krisna Tulungagung. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(5), 731–740.
Published
2024-09-18
How to Cite
Ferdiansyah, M., Latif, A., & Saleh, W. (2024). STRATEGI MARKETING INSTAGRAM TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA BISNIS TEH POCI “OUTLET AIKO”. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(3), 673-690. https://doi.org/10.31955/mea.v8i3.4500
Section
Articles