PENGARUH ADVERTISING DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BRAND ERIGO PADA MARKETPLACE SHOPEE

  • Fariz Tesal Dwisyahputra Universitas Telkom
  • Kristina Sisilia Universitas Telkom
Keywords: Advertising, Celebrity Endorser, Purchase Decision

Abstract

Perkembangan teknologi, khususnya di bidang penjualan online melalui marketplace, telah mengubah perilaku konsumen dan pola belanja. Shopee, sebagai salah satu marketplace populer di Asia Tenggara, menyediakan platform bagi penjual untuk menjual berbagai jenis barang, termasuk produk fesyen yang paling banyak diminati. Strategi advertising dan penggunaan celebrity endorser terbukti efektif dalam meningkatkan penjualan dan menarik minat konsumen. Kasus Erigo di Shopee menunjukkan pentingnya kedua strategi ini dalam mempengaruhi Keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh advertising dan celebrity endorser terhadap Keputusan pembelian produk Erigo di Shopee, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas strategi pemasaran melalui platform tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, yang menggambarkan variabel sebagaimana adanya dengan data berupa angka dari kondisi nyata. Metode deskriptif memberikan gambaran sistematis, objektif, dan tepat mengenai suatu fenomena. Data diolah menggunakan software SPSS 27.0. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh variabel advertising (X1) dan celebrity endorser (X2) terhadap Keputusan pembelian (Y) produk Erigo di marketplace Shopee. Desain penelitian mengadopsi kerangka kerja Research Onion Model dari Saunders et al. (2016). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, variabel independen memiliki nilai signifikan 0,000 dimana nilai ini dibawah 0,05. Dengan demikian, maka sesuai dengan ketentuan dalam kriteria pengujian, jika nilai uji signifikasi < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa variabel Advertising dan Celebrity Endorser secara bersama – sama atau simultan berpengaruh terhadap Keputusan pembelian Produk Brand Erigo Pada Marketplace Shopee.

References

A. Shimp, Terence. and J. Craig, Andrews. 2013. Advertising, Promotion, and other aspects of Integrated Marketing Communications. Cengage Learning. All Rights Reserved.
A. Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Salemba Empat. Jakarta.
Aisyah, N. (2022). PENGARUH ENDORSER, DAYA TARIK IKLAN DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP PURCHASING DECISION KOSMETIK DI MARKETIPLACE SHOPEE (Doctoral Dissertation, Universitas Mercu Buana. 
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Altinay, L., Paraskevas, A., & Jang, S. C. S. (2015). Planning research in hospitality and tourism. Planning Research in Hospitality and Tourism, 35(June), 1–331.
Aprilianti, L., & Riorini, S. V. (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement, Social Media Marketing Dan Brand Image Terhadap Purchase Intention Online Pada Pengguna Marketplace Shopee. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 319-329. 
Bilgies, A. F., Tawil, M. R., Mardiah, A., & Arief, I. (2023). Analysis of The Influence of Online Consumer Reviews, Seasonal Digital Advertising and Celebrity Endorsers on Repurchase Intention of E-Commerce Consumers. Jurnal Informasi dan Teknologi, 26-32. 
Cahyaningtyas, M. (2020). Hubungan Celebrity Endorser Pria Terhadap Purchasing Decision Produk Nature Republic pada Pria di Shopee dan Tokopedia. 
Darni, S., Azhari, A., & Febriansyah, S. (2023). ADVERTISING AND PURCHASE DECISION IN THE SHOPEE MARKETPLACE: Impact on Student e-Satisfaction. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 8(1), 12-21. 
Dharmawan, D. M. I. 2022. Perancangan Promosi Untuk Rumah Makan Nasi Jamblang Mang Dul Di Cirebon. (Skripsi thesis). Universitas Telkom, Bandung.
Diawati, P., Putri, R. R., Sugesti, H., Hakim, L., & Farizki, R. (2021). Pengaruh brand ambassador dan viral marketing terhadap proses Purchasing Decision pada konsumen marketplace. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(4), 560-569. 
Fasha, A. F., Robi, M. R., & Windasari, S. (2022). Determinasi Purchasing Decision melalui minat beli: brand ambassador dan brand image (literature review manajemen pemasaran). Jurnal manajemen pendidikan dan ilmu sosial, 3(1), 30-42. 
Firmanza, M. H. D., & Artanti, Y. (2022). Online buying intentions of shopee consumers: the influence of celebrity endorsement, social media marketing, and brand image. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16(2), 87-95. 
Ghoni, M. A., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Brand Image, Online Customer Review dan Promotion Terhadap Purchasing Decision Pada Marketplace Shopee. Jurnal Mirai Management, 7(2), 14-22. 
Gill, J. and Johnson, P., (2002), Research Methods for Managers, 3rd, Sage Publishing, London
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universita Diponogoro.
Halim, A., & Tyra, M. J. (2021). Pengaruh Online Consumer Review Dan Influencer Terhadap Purchasing Decision Produk di Marketplace Shopee. Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, 18(1), 99-120. 
Hambalah, F., & Kusuma, Y. B. (2021). Analisis Pengaruh Kreativitas Iklan Dan Endorser Terhadap Purchasing Decision Online Di E-Commerce Shopee. Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi, 113-122. 
Published
2024-09-10
How to Cite
Dwisyahputra, F., & Sisilia, K. (2024). PENGARUH ADVERTISING DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BRAND ERIGO PADA MARKETPLACE SHOPEE. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(3), 416-429. https://doi.org/10.31955/mea.v8i3.4482
Section
Articles