VALIDASI MODEL BISNIS LAYANAN JASA

STUDI KASUS : UMKM CLEAN N FRESH DI KOTA CIMAHI

  • Syafia Rizky Azzahra Universitas Telkom, Indonesia
  • Fajar Sidiq Adi Prabowo Universitas Telkom, Indonesia

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah menjadi salah satu pilar penting bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia. UMKM di Indonesia sangat berkembang, salah satunya yaitu sektor UMKM di bidang jasa yang sudah banyak tersebar di Indonesia. Hal tersebut mengakibatkan para pelaku bisnis perlu melakukan inovasi produk agar tidak kalah saing dengan kompetitornya. Penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi model bisnis pengembangan layanan jasa cuci helm pada UMKM Clean n Fresh. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan juga studi literatur untuk mendalami teori terkait topik penelitian. Validasi model bisnis diawali dari bisnis model kanvas yang ingin dikembangkan oleh objek penelitian. Kemudian, dianalisis menggunakan teori Testing Business Idea dengan menentukan hipotesis beresiko dari bisnis model Clean n Fresh Cuci Helm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 3 hipotesis yang dinyatakan valid terletak pada blok Value Proposition, Customer Relationship, dan Revenue Stream. Setelah melakukan validasi, peneliti merumuskan beberapa saran dan tindak lanjut. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan evaluasi dalam pembelajaran di perguruan tinggi khususnya prodi MBTI dan dijadikan arahan bagi seluruh pelaku UMKM khususnya UMKM Clean n Fresh Cuci Helm dalam mengembangkan produknya.

References

Amit, R., & Zott, C. (2012). Creating Value Through Business Model Innovation. MITSloan Management Review, 53(3).
Bland, J. D., & Osterwalder, A. (2020). Testing Business Idea. John Wiley & Sons, Inc.
CNBC Indonesia. (n.d.). Jumlah UMKM Capai 8,71 Juta, Bisa Jadi “Tameng” Resesi?
Creswell, J. J., & Poth, N. C. (2018). Qualitative Inquiry & Research Design (4th ed.). SAGE Publications, Inc.
Ernawati, D. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, INOVASI PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HI JACK SANDALS BANDUNG. Jurnal Wawasan Manajemen, 7(1), 17–32.
Ferdian, A., & Sari, J. (2023, July 16). Jumlah Sepeda Motor di Indonesia Tembus 130 Juta Unit. Https://Otomotif.Kompas.Com/Read/2023/07/16/152100215/Jumlah-Sepeda-Motor-Di-Indonesia-Tembus-130-Juta-Unit.
Gina, A., & Pratiwi, M. H. (2023). VALIDASI MODEL BISNIS USAHA MIKRO PADA INDUSTRI PERJALANAN WISATA (STUDI KASUS: ARJUNA TRAVEL CORNER DI KABUPATEN GARUT. JURNAL ILMIAH GLOBAL EDUCATION, 4(3), 1530–1546. https://doi.org/10.55681/jige.v4i3.1115
Grieco, C. (2021). Innovating the innovated: Business model innovation process in sharing economy companies. Creativity and Innovation Management, 30(4), 860–871. https://doi.org/10.1111/caim.12457
Hamidi. (2010). Metode Penelitian Kualitatif.
Heryanto. (2023). Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam  Masa Pendemik di Indonesia. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(6), 4537–4545.
Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. PT. Refika Aditama.
Kompas. (2023, August 30). Menghasilkan Cuan Dengan Membuka Gerai Cuci Helm.
M. Junaidi. (2022). UMKM Hebat, Perekonomian Nasional Meningkat. Kementerian Keuangan RI, Direktorat Jenderal Pembendaharaan. https://djpb.kemenkeu.go.id/portal/id/berita/lainnya/opini/4133-umkm-hebat,-perekonomian-nasional-meningkat.html#:~:text=Berdasarkan%20data%20Kementerian%20Koperasi%20dan,senilai%208.573%2C89%20triliun%20rupiah
Milles, B. M., Huberman, M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis : A Methods Sourcebook (H. Salmon & K. Perry, Eds.; 3rd ed.). SAGE Publications, Inc.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey.
Purba. (2019). ANALISIS PENERAPAN SAK EMKMPADA PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGANUMKM DI KOTA BATAM. JURNAL AKUNTANSI BARELANG, 3(2), 55–63.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.
Teece, D. J. (2010). Business Models, Business Strategy and Innovation. Long Range Planning, 43(2–3), 172–194. https://doi.org/10.1016/j.lrp.2009.07.003
Wahyuningtyas, R., Astuti, Y., & Anggadwita, G. (2018). Identification of intellectual capital (IC) within micro-, small- and medium-sized enterprises (MSMEs): a case study of Cibuntu Tofu Industrial Center in Bandung, Indonesia. International Journal of Learning and Intellectual Capital (IJLIC), 15(1).
Woźniak, M., Duda, J., Gąsior, A., & Bernat, T. (2019). Relations of GDP growth and development of SMEs in Poland. Procedia Computer Science, 2470–2480.
Yin, K. R. (2018). Case Study Research and Applications : Design and Methods (6th ed.). SAGE Publications, Inc.
Zott, C., Amit, R., & Massa, L. (2011). The Business Model: Recent Developments and Future Research. Journal of Management, 37(4), 1019–1042. https://doi.org/10.1177/0149206311406265
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2024-09-10
How to Cite
Azzahra, S., & Prabowo, F. (2024). VALIDASI MODEL BISNIS LAYANAN JASA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(3), 373-391. https://doi.org/10.31955/mea.v8i3.4468
Section
Articles