PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, INSTAGRAM INFLUENCER DAN GREEN PRODUCT TERHADAP PURCHASE DECISION

STUDI KASUS TERHADAP AKUN INSTAGRAM laode.mci8

  • Wahid Hidayat Al Ahmadi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Muinah Fadhilah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Bernadetta Diansepti Maharani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta

Abstract

Dalam perkembangan transformasi digital yang sangat pesat saat ini membuat peran pemasaran bagi kelangsungan usaha bisnis menjadi sangat penting, strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha diharapkan mampu memunculkan rasa percaya pada konsumen yang dapat dibangun melalui media sosial, dengan menyediakan produk dan layanan yang inovatif yang memberikan rasa dan nilai sehingga menciptakan kepercayaan kepada pelanggan yang dapat mendorong keputusan pembelian (purchase decision). Pada penelitian ini penulis mencoba menganalisis pengaruh social media marketing, instagram influencer, dan green product terhadap purchase desicion studi kasus pada akun instagram laode.mci8. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh masing-masing variabel yaitu social media marketing (X1), instagram influencer (X2), dan green product (X3) terhadap purchase decision (Y). Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner berjumlah 100 orang responden menggunakan metode purposive sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Kemudian analisis terhadap data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif yang meliputi uji validitas, dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian itu. Hasil analisis menunjukan bahwa variabel social media marketing, instagram influencer, dan green product mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t juga menunjukan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti terbukti berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Kemudian melalui uji F bisa terlihat bahwa variabel social media marketing, instagram influencer, dan green product berpengaruh simultan terhadap purchase decision. Angka kuadrat Adjusted R sebesar 0,485 menunjukan bahwa 48,5% variasi purchase decision dapat dijelaskan oleh tiga variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 51,5 % dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

References

Azalia, & Anisa, F. (2021). Pengaruh Green Product, Green Advertising, dan Green Price terhadap Purchase decision Produk Tupperware. Borobudur Management Review, 1(2), 126–140.
Fatharani, N. A. (2023). Pengaruh Green Product, Green Brand Image, dan Green Advertising terhadap Purchase decision. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21348–21359
Imamah, Fadhilah, M., & Ningrum, N. K. (2022). Meningkatkan Purchase decision Melalui Iklan Media Sosial, Word of Mouth dan Citra Merk (Studi Kasus pada Cafe Sembari Coffee Sleman). Mandar: Management Development and Applied Research Journal, 5(1), 159–161
Jati, A. R. S., & Artadita, S. (2022). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Purchase decision Produk melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mirai Manajemen, 7(1), 231–241.
Luthfiany, & Madiawati, P. N. (2019). Analisis Celebrtiy Endorser (Selebgram) Terhadap Minat Beli Skincare dengan Advertising Appeal sebagai Variebel Intervening. E-Procceding of Management, 5(1), 1–9.
Luthfiany, & Madiawati, P. N. (2019). Analisis Celebrtiy Endorser (Selebgram) Terhadap Minat Beli Skincare dengan Advertising Appeal sebagai Variebel Intervening. E-Procceding of Management, 5(1), 1–9.
Pramesthi, J. A. (2021). Meaning Transfer Model pada Social Media Influencer. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(1), 1–15.
Putri, Y. Z. A., Putra, S. S., & Digdowiseiso, K. (2023). Pengaruh Sosial Media Influencer, Trustworthiness dan Electronik Word of Mouth Terhadap Purchase decision Produk yang Diendorse @Awkarin di Instagram. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 8935–8945
Rahmawan, D., Hafiar, H., & Narotama, J. (2019). Peran Vlogger Sebagai Online Influencer dalam Industri Media Digital di Indonesia. Promedia, 3(2), 1–8
Ridwan, M. (2018). Pengaruh Green Product, Green Advertising Dan Green Brand Terhadap Purchase decision (Survei pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2013/2014 dan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Konsumen Air Minum Kemasan Mer. Jurnal Administrasi Bisnis, 55(1), 80–90.
Rohmatulah. (2020). Pengaruh Green Product, Green Advertising Dan Green Brand Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta Konsumen Air minum Dalam Kemasan). Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Santoso, I., & Fitriani, R. (2019). Green Packaging, Green Product, Green Advertising, Persepsi, dan Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(2), 147–158.
Santoso, I., & Fitriani, R. (2019). Green Packaging, Green Product, Green Advertising, Persepsi, dan Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(2), 147–158.
Solis, B. (2020). Engage: The Complete Guide for Brands and Business to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web. John Wiley & Sons Inc.
Sufian, A., See, C., Ahmad, M., & Abdul, N. (2020). The impact of social media marketing on sales performance of small online business. European Journal of Molecular & Clinical Medicine, 7(3), 922–940.
Sugiyono. (2015). Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta
Swastha, B., & Handoko, H. (2019). Manajemen Pemasaran Analisis dan Perilaku Konsumen. BPFE.
Tarigan, J., & Sanjaya, R. (2019). Creative Digital Marketing. Elex Media Komputindo
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2019). Service Quality & Customer Satisfaction. Andi.
Verdiananta, L. D., & Kramadibrata, B. (2023). Pengaruh Influencer Instagram dan Harga terhadap Purchase decision UMKM Minewear (Studi pada UMKM Minewear di Jakarta). Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(3), 63–77.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2024-11-25
How to Cite
Al Ahmadi, W., Fadhilah, M., & Maharani, B. (2024). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, INSTAGRAM INFLUENCER DAN GREEN PRODUCT TERHADAP PURCHASE DECISION. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(3), 2088-2106. https://doi.org/10.31955/mea.v8i3.4436
Section
Articles