KEUNGGULAN KOMPETITIF DKRIUK FRIED CHICKEN DI INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN
Abstract
Keberadaan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) merupakan sektor yang sangat penting dalam perekonomian suatu negara. Salah satu industri yang paling prospektif di Indonesia maupun di dunia yaitu industri mamin. Keinginan pengusaha dalam meningkatkan daya saing untuk dapat lebih unggul dengan pesaingnya merujuk pada keunggulan kompetitif, dimana dapat dipengaruhi oleh kualitas produk, layanan pesan antar makanan, dan kesadaran merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksplorasi fenomenologi kualitatif. Sampel penelitian ini adalah informan yang sesuai dengan kriteria ditentukan dan diperoleh sejumlah 15 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas merek dan layanan pesan antar makanan mempengaruhi keunggulan kompetitif namun kesadaran merek hanya sedikit pengaruhnya. Perlu peningkatan kesadaran merek untuk bisnis secara jangka panjang.
References
Semi‐structured interviews. Journal of the American College of Clinical Pharmacy, 4:1358–1367. https://doi.org/10.1002/jac5.144
Alex., & Putra, E. Y., (2024). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Terhadap Pembelian Sepatu Bermerek Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi). 8 (1), 210-231.
Aprizal. (2018). Orientasi Pasar Dan Keunggulan Bersaing Studi Kasus Penjualan Komputer. Makassar: Celebes Media Perkasa.
Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia/APJII. (2015). Profil Pengguna Internet Indonesia 2014, Jakarta: Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia. Dari: https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja &uact=8&ved=2ahUKEwid9vWNoJaEAxU7xzgGHY29DsAQFnoECA8QAQ&ur l=https%3A%2F%2Flampung.apjii.or.id%2Fidentik_sedot.php%3Ffile%3DHasil%2520Survey%2520APJII%25202014.pdf%26id%3D16&usg=AOvVaw1cgvRzV rAhu3L7RyhzHfrG&opi=89978449
Çavuşoğlu, M. (2007). Electronic Commerce And Turkish Patterns Of Online Food Delivery System. Article presented in Int. Tourism Biennial 2007.
Creswell, John W & J. David Creswell. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Fifth Edition. SAGE Publications, Inc.
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2011). The Sage handbook of qualitative research (4th ed). Thousand Oaks, CA: Sage.
Gibson, E., Griffith, M., Calado, P. & Harris, A. (2023). Videogame player experiences with microtransactions: An interpretative phenomenological analysis. Elsevier Journal Computer in Human Behaviour. 145, 107766.
https://doi.org/10.1016/j.chb.2023.107766
Goulding, C., (2005). “Grounded Theory, Ethnography and phenomenology”.
European Journal of Marketing. 39 (3), 294–308.
Harahap, T., Massie, J. D. D., dan Tawas, H. N. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek Dan Loyalitas Merek Terhadap Ekuitas Merek Pada Produk Sari Roti (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2018 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. 10 (4), 455-466.
Ismail, K. (2018). Social Media Influencers: Mega, Macro, Micro or Nano. Retrieved from https://www.cmswire.com/digital-marketing/social-media-influencers- megamacro-micro-or-nano/
Kádeková, Z., & Holienčinová, M. (2018). Influencer Marketing as a Modern Phenomenon Creating a New Frontier of Virtual Opportunities. Communication Today. 9 (2).
Kementerian Keuangan RI. (2022). Dari: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil- suluttenggomalut/baca-artikel/15588/Kondisi-Industri-Pengolahan-Makanan-dan- Minuman-di-Indonesia.html
KNEKS : Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah. (2021). Dari: https://www.kneks.go.id/storage/upload/1641215363-Buletin%20Insight%20Edisi%2013%20Final.pdf
Kotler, P. & Keller, K., L. (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1&2. Jakarta: PT Indeks.
Leedy, P.D., & Ormrod, J. E. (2013). Practical research: Planning and design (10th ed).Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.
Medcom.id. (2023). Dari: https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/GKdPOZAK-f-b- lokal-mulai-bersinar-di-tengah-melonjaknya-industri-mamin
Nicholas et al., (2010). Kamus Sosiologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Perpustakaan BAPPENAS. (2023). Dari:https://perpustakaan.bappenas.go.id/e- library/file_upload/koleksi/migrasi-data- publikasi/file/Update_Ekonomi/Ekonomi_Makro/2023/Laporan%20Perkembangan%20Ekonomi%20Indonesia%20dan%20Dunia%20TW%20II%202023%20%20Humas-halaman-2-167.pdf
Praja, A., D., dan Haryono, T. (2022). The Effect of Brand Image and Product Quality on Repurchase Intention Mediated by Consumer Satisfaction Study at Uniqlo in Solo. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR). 6 (2), 1229-1232.
Pratiwi, D., Arti, S., Anggraeni, S. P., Faruk, M., & Barkah, C. R. (2019). Pengaruh Desain Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi pada Toko Batik Deden Tasikmalaya). Business Management and Entrepreneurship Journal. 1 (1), 65-77.
Pratono, A.H. (2020). Cross-cultural collaboration for inclusive global value chain: a case study of rattan industry", International Journal of Emerging Markets. 15 (1), 149-170 https://doi.org/10.1108/IJOEM-01-2017-0028
Putlia, G. (2019). Penawaran Terbatas Waktu McDonald’s ‘Ini Rasa Kita’ pada Perilaku Konsumen di Tiga Generasi. Jurnal Manajemen Strategi dan AplikasiBisnis. 2 (1), 93-106.
Putlia, G., & Alphin, C. A. (2021). Strategi Pemasaran untuk Industri FMCG pada Era Covid-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen. 5(1), 24-30.
Putlia & Sundoro. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan pada Pembelian di Honda Permata Serpong. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen. 7 (2), 113-121.
Roll, M. (2006). Asian Brand Strategy. New York: Palgrave Macmillan.
Setiawan, T., Suharjo, B., & Syamsun, M. (2018). Strategi Pemasaran Online UMKM Makanan (Studi Kasus di Kecamatan Cibinong). Manajemen IKM. 13 (2), 116- 126.
Wahyuddin, R., Tanamal, J., dan Nainggolan, E. (2019). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Ulang Sepatu Merek Converse All Star. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT). 5 (1), 89-96.
Yuliana, O., Y. (2000). Penggunaan Teknologi Internet dalam Bisnis. Jurnal Akuntansi & Keuangan. 2 (1), 36-52.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.