ANALISIS KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PRODUK KUE BROWNIES MENGGUNAKAN PERHITUNGAN NET PROMOTER SCORE BERBASIS PYTHON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan serta loyalitas pelanggan produk kue brownies yang diluncurkan oleh Study Group Kewirausahaan. Study Group Kewirausahaan merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa/i dari Universitas Telkom yang berkegiatan tentang pengembangan dari masyarakat Desa Sukamanah tentang kewirausahaan penjualan produk kue. Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Study Group Kewirausahaan P2MD yang bertujuan untuk menghitung tingkat kepuasan di mana hasilnya dapat dijadikan dasar pengembangan kedepannya. Pengumpulan data untuk penelitian ini melalui kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan. Untuk mengetahui probabilitas pengguna dalam kepuasan maka dilakukan analisis pengguna dengan menggunakan metode Net Promoter Score (NPS). Selanjutnya hasil olahan data yang telah penulis dapatkan akan di tampilkan dengan menggunakan bahasa pemograman Python. Analisis deskriptif yang dijadikan opsi untuk menampilkan hasil dari tulisan ini berupa tampilan diagram maupun tabel. Sehingga dari hasil perhitungan NPS menjelaskan bahwa penilaian kepuasan serta loyalitas pelanggan terhadap produk kue brownies sangat baik berada di angka 60%.
References
Ali Mulyawan. (2013). Analisis Deskriptif Pemasaran Jasa di STMIK Mardira Indonesia Bandung. Jurnal Computech and Bisnis, 7(1), 42–55.
Aloysius Rangga Aditya Nalendra. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN HARGA KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS PELANGGAN IM3 MADIUN). Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, 3(2), 281–288.
Anggi Ariska Putri. (2023). Analisis Ontologi Terhadap Peran Umkm Dalam Upaya Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Daerah Ngemplak Boyolali. Jurnal Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen Indonesia, 2(1), 56–66.
Desi Wibawati. (2021). Upaya Indonesia Dalam Mempromosikan Wisata Kuliner Sebagai Warisan Budaya Dunia. Journal of Tourism and Creativity, 5(1), 36–44.
Dony Waluya Firdaus. (2017). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Koperasi dan UMKM Berbasis Technopreneur. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 5(2), 1423–1440.
Eko Amri Jaya. (2016). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Stock Parfum Dengan Menggunakan Bahasa Pemograman Visual Basic.Net dan Database Acces Pada Toko Gofha Perfume. Jurnal Sains dan Teknologi, 16(1), 144–186.
Ermanto Harlen Tambra. (2018). Penerapan Sistem Informasi Inventory Gudang Berbasis Object Oriented Programming Pada PT. Printect Perkasa H. Jurnal Teknologi Pelita Bangsa, 9(2), 64–73.
Erwan Efendi, Indrawansyah, Rizky Aulia, & Putri Setia Ningsih. (2023). Informasi Bagi Manajemen & Mekanisme Pengambilan Keputusan Dalam Organisasi. Journal Of Social Science Research, 3(2), 3042–3048.
Ismi Aulia Oktaviani, & Leny Cahyani. (2023). Gaya Pengukuran Loyalitas Pelanggan Dengan Menggunakan Metode Net Promoter Score Di Perusahaan Rad Research. e-Proceeding of Applied Science, 9(5), 2306.
Khayatun Nufus. (2018). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan. Economic, Accounting, Management and Business, 1(1), 61–70.
Putu Pasek Okta Mahawardana, Gusti Arya Sasmita, & I Putu Agus Eka Pratama. (2022). Analisis Sentimen Berdasarkan Opini dari Media Sosial Twitter terhadap “Figure Pemimpin” Menggunakan Python. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, 3(1), 34–45.
Rahmana, A. (2009). PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENINGKATAN DAYA SAING USAHA KECIL MENENGAH. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi.
Sambodo Rio Sasongko. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114.
Siregar, I. A. (2021). Analisis Dan Interpretasi Data Kuantitatif. Dalam ALACRITY : Journal Of Education (Vol. 1, Nomor 2). http://lpppipublishing.com/index.php/alacrity
Suandi Widjaya. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten Oku Timur. Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK), 1(2), 13–22.
Sufia Maulida, Fikri Hamidy, & Agung Deni Wahyudi. (2020). Monitoring Aplikasi Menggunakan Dashboard Untuk Sistem Informasi Akuntansi Pembelian dan Penjualan (Studi Kasus: UD Apung). Jurnal TEKNO KOMPAK, 14(1), 47–53.
Van Velthoven, S. T. M. (2014). Sentiment analysis on social media to predict Net Promoter Score.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.