PENGARUH FASILITAS DAN VARIASI MENU BREAKFAST TERHADAP KEPUTUSAN TAMU MENGINAP DI HOTEL GRAND CENTRAL MEDAN
Abstract
Fasilitas merupakan suatu hal yang penting dalam menarik tamu untuk menginap di hotel, begitu juga dengan variasi menu breakfast ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fasilitas dan variasi menu breakfast terhadap keputusan tamu memilih menginap di hotel Grand Central Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada peneltian merupakan tamu yang menginap di hotel Grand Central Medan dengan sampel sejumlah 373 orang. Dalam menentukan pengambilan sampel memakai teknik purposive sampling. Instumen yang digunakan adalah kuesioner yang disusun menurut skala likert. Data dianalisis memakai aplikasi SPSS Versi 25 dan hasil disajikan dalam bentuk tabel. Hasil Penelitian dengan menggunaka uji hipotesis Regresi Linear Berganda. Didapati Uji t, fasilitas dan variasi menu breakfast berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap. Dilanjutkan Uji F, variabel fasilitas dan variasi menu breakfast berpengaruh secara simultan terhadap keputusan tamu menginap di Hotel Grand Central Medan. Nilai adjusted R squere sebesar 0,571 atau 57,1% dengan tingkat keeratan korelasi yang cukup berarti. Maka dapat disimpulkan variabel Fasilitas (X1), Menu Breakfast (X2) Kepuasan Pengunjung (Y) Pengunjung Hotel Grand Central Medan dipengaruhi oleh variabel Fasilitas (X1), Menu Breakfast (X2) sebesar 57,1%. Sisanya sebesar 42,9% dipengaruhi oleh variabel lain. Penelitian masa depan yang bertujuan untuk memahami dimensi yang dievaluasi pelanggan ketika melakukan pembelian harus mencakup variabel yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
References
Andika, S., & Purnamasari, P. (2024). ( Studi Kasus Pada Pelanggan Kentucky Fried Chicken Di Kab . Bekasi ) JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ). 8(2), 1539–1552.
Antonia, L. (2022). Pengaruh desain interior & atmosfer restoran terhadap loyalitas pelanggan restoran nilo coffee & croissant: The effect of restaurant interior & atmosphere design on customer loyalty of nilo coffee & croissant restaurant. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(7), 1750–1765.
Apriliani, N. L. P., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Water Garden Hotel Candidasa Bali. Emas, 3(3), 217–230.
Dewi, I. C., Indrianto, A. T. L., Soediro, M., Winarno, P. S., Minantyo, H., Sondak, M. R., Warrauw, W. L., Grasielda, I., Gunawan, S., & Yuwono, V. K. (2022). Trend Bisnis Food and Beverages Menuju 2030. Penerbit Lakeisha.
Gamatri, N. L. S., Subadra, I. N., Yuda, I. B. N. K. P., & Sudarsana, K. (2024). Pengaruh Harga Kamar Dan Fasilitas Kamar Terhadap Keputusan Tamu Menginap Di The Haven Suites Bali Berawa. Bali Journal of Hospitality, Tourism and Culture Research, 1(1), 14–26.
Harahap, R. M., Gambiro, H., & Adiputra, Y. (2020). Implementasi fasilitas interior perpustakaan berdasarkan prinsip universal design di Universitas Mercu Buana. Jurnal Desain, 7(3), 281–294.
Indra, H. K. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Tamu Hotel Dalam Menginap Di Hotel Syariah Sri Indrayani Pekanbaru. Universitas Islam Riau.
Isdarmanto, I. (2020). Strategi Branding Pengembangan Industri Pariwisata 4.0 melalui Kompetitif Multimedia di Era Digital. Journal of Tourism and Creativity, 4(1), 1–20.
Karnita, I. (2021). Pengaruh Persepsi dan Preferensi Tamu Terhadap Keputusan Menginap di Hotel Syariah Kota Bandung. Tourism Scientific Journal, 6(2), 167–186.
Keliwar, S., & Par, S. S. T. (2022). Manajemen Housekeeping Hotel. CV Pena Persada.
Lawrence, D. (2021). The effect of reward towards employee performance at Hotel Grand Central Medan. Universitas Pelita Harapan.
Majid, A., Khasanah, U., Pramestya, S. A., Alifuddin, M., Yuliana, S., & Yaumi, S. (2024). Optimalisasi Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Dan Kinerja Pustakawan Dalam Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh, 14(1), 79–91.
Megawati, N. K. R., Wisnawa, I. M. B., & Trianingrum, N. N. N. (2024). Pengaruh Lokasi Harga Kamar Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Tamu Menginap Di Capella Ubud Bali. Bali Journal of Hospitality, Tourism and Culture Research, 1(2), 152–164.
Mulyantari, E. (2020). Pengaruh Lokasi dan Fasilitas terhadap Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Goa Maria Tritis. Media Wisata, 18(1), 81–89.
Nadeak, J. A., & Yudhira, A. (2022). Analisa Pengaruh Fasilitas Dan Kepuasan pelanggan Terhadap Loyalitas pelanggan Menginap di Mikie Holiday Resort dan Hotel Berastagi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 3(2), 50–62.
Priyanto, S. S. (2024). Desa Wisata Pagak Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah dalam Transformasi dan Inovasi untuk Industrialisasi dan Energi Terbarukan. Transformasi Dan Inovasi Untuk Industrialisasi Dan Energi Berkelanjutan, 1.
Renggo, Y. R. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN KOMBINASI. In Populasi dan Sampel Kuanti tatif (p. 54).
Salsabila, H. (2023). Hotel Wisata Senggigi Di Lombok Barat. ITN MALANG.
Sendow, J., Martini, S., & Ando, A. X. L. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pastry Section Terhadap Minat Beli Tamu Di Sintesa Peninsula Hotel. Jurnal Hospitaliti, 2(02).
Simanjuntak, G. R., & Asnur, L. (2023). Pengaruh Variasi Menu Breakfast terhadap Kepuasan Tamu di Grand Basko Hotel Padang. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(2), 318–324.
Sinaga, M., & Lubis, D. S. W. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 649–656.
Sumerta, I. K. E., Dewi, D. M. P., & Juliantini, N. M. (2023). Influence of Work Motivation and Communication on Employee Morale at Rimba Jimbaran Bali Hotel. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 7(2), 666–679.
Supriadi, B. (2022). Analisis Kinerja Pemasaran Pariwisata.
Sutanto, G. C., & Indarwati, T. A. (2020). Hubungan antara Experiential Marketing, Layanan Restoran Prasmanan, Customer Satisfaction, dan Customer Loyalty. J. Ilmu Manaj, 8(3), 954.
Syahputra Ramadhan, R., & Herman, H. (2020). Pengaruh Promosi dan Fasilitas Terhadap Keputusan Meninap di OS Hotel Batam. Jurnal Ilmiah Kohesi, 4(3), 1–9.
Timo, F. (2021). Pengaruh Variasi Menu Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu Di Hotel Victory Kefamenanu. Inspirasi Ekonomi: Jurnal Ekonomi Manajemen, 3(3), 8–16.
Wahyuningsih, T., Pratiwi, T. Y., Pariwisata, A., Bhakti, M., Pariwisata, A., & Bhakti, M. (2021). Variasi Menu Ala Carte Dalam Menunjang Kepuasan Tamu di Nava Hotel Tawangmangu. Mabha Jurnal, 2, 1–12.
Wigati, E., & Safitri, M. D. (2021). Pengolahan Dan Variasi Appetizer Pada Saat Breakfast Terhadap Kepuasan Tamu Di The Alana Hotel & Convention Center Solo. Jurnal Nusantara, 4(2), 1–6.
Wijayanto, A. G., Ermawati, E. A., & Puwaningtyas, A. (2024). PENGARUH VARIASI MAKANAN BREAKFAST TERHADAP KEPUASAN TAMU DI RESTORAN IJEN KOKOON HOTEL BANYUWANGI. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 3(6), 739–752.
Zulfa, N., Arief, M. Y., & Harisandi, Y. (2022). Pengaruh Fasilitas Dan Cita Rasa Dalam Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Lesehan Ikan Bakar Bu Tatik Di Kapongan Kabupaten Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(4), 713–728.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.