PERAN BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE DAN VIRAL MARKETING PADA MINAT BELI KONSUMEN PRODUK SKINCARE SCARLETT WHITENING

  • Ovin Maharani Universitas Dian Nuswantoro, Semarang
  • Diana Aqmala Universitas Dian Nuswantoro, Semarang
  • Piji Pakarti Universitas Dian Nuswantoro, Semarang
  • Guruh Taufan Hariyadi Universitas Dian Nuswantoro, Semarang
Keywords: English

Abstract

Kajian mengenai pengaruh brand ambassador, brand image dan viral marketing terhadap minat beli konsumen produk skincare Scarlett Whitening dilakukan guna melakukan pengujian pengaruh setiap indikator. Populasi riset yang di gunakan adalah wanita di Semarang yang berminat atau memiliki riwayat pembelian produk skincare Scarlett Whitening. Adapun sampel menggunakan purposive sampling sejumlah 140 responden dalam. Alat analisis yang diimplementasikan yakni IBM SPSS versi 29 sebagai intrumen penelitian. Analisis Deskriptif, Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, Koefisien Determinasi,dan Uji Hipotesis menjadi instrumen analisis kajian. Dalam analisis regresi linier berganda terdapat temuan kajian yang membuktikan bahwasannya brand ambassador tidak memiliki kesinambungan terhadap minat beli, brand image dan viral marketing memiliki peran positif dan signifikan terhadap minat beli produk skincare Scarlett Whitening.

References

A. Jajang W. Mahri, Juliana, J., Monoarfa, H., Rohepi, A. P., & Rizuwan Karim. (2024). Integrating country of origin, brand image and halal product knowledge: the case of the South Korean skincare in Indonesia. Journal of Islamic Marketing, Vol 15, No. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/JIMA-12-2021-0390
Alistian, A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening (Survei Pada Konsumen Scarlett di Toko Koleksi Tasik Termurah). J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, Vol.1, No.
Arfandi, M. W., & Arif, M. E. (2022). Pengaruh Viral Marketing dan Brand Awareness terhadap Intensi Pembelian. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 1(2), 270–276.
Compas. (2023). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Produk Whitelab. Kompasiana. compas.co.id
Darmawan, R., & Martini, E. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (studi Pada Pengguna Smartphone Oppo). EProceedings of Management, Vol 5 No 2.
Dewi, S., Edyanto, & Siagian. (2020). The Effect of Brand Ambassador , Brand Image , and Brand Awareness on Purchase Decision of Pantene Shampoo in Surabaya. SHS Web of Conferences. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.1051/shsconf/20207601023
Elbert, S., & Liliana. (2024). HOW TO INFLUENCER AND VIRAL MARKETING INCREASE PURCHASE INTENTION. JURNAL STIE SEMARANG, VOL 16 No.
Eva, E., & Widya, P. R. (2021). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Minat Masuk Calon Mahasiswa Baru Di Institut Shanti Bhuana.
Faradilla, M. A., & Andarini, S. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Produk Maybelline New York Melalui Sikap pada Iklan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Administrasi Bisnis, 12(1), 97–104.
Firmansyah, A. (2019). Pemasaran produk dan merek, cetakan pertama. penerbit Qiara Media.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (C. Homburg, M. Klarmann, & A. Vomberg (eds.); Chapter 15). Springer International Publishing AG. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-319-05542-8_15-1
Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Persaingan terhadap Minat Beli. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, vol 4 No 3, 415–424.
Hamdani, M. Y., & Mawardi, M. K. (2018). PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawiijaya Angkatan 2015/2016 yang pernah Melakukan Pembelian Online melalui Media Sosial In. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 60 No. 1 (2018): JULI.
Irvanto, O., & Sujana, S. (2020). Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, Vol 8 No 2. https://doi.org/https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.331
Kemp, S. (2024). DIGITAL 2024: 5 BILLION SOCIAL MEDIA USERS. PT We Are Social Indonesia. https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024-5-billion-social-media-users/
Laili, F. M., Hariasih, M., & Kumalasari, H. M. (2024). Peran Brand Ambassador, Brand Image, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Sunscreen. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7 No. 2.
Limakrisna, N., & Purba, T. . (2017). Manajemen Pemasaran, Teori dan Aplikasi dalam Bisnis di Indonesia (Jilid 2). Mitra Wacana Media.
Made Oktavira Astasari, T. S. (2021). Pengaruh Content Marketing marketing dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli konsumen. Jurnal Manajemen, 13(2), 1–3.
Mujid, A., & Andrian, A. (2021). Strategi Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Minat Melanjutkan Sekolah. Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol 3 No 2, 66. https://doi.org/https://doi.org/10.31599/jmu.v3i2.946
Novel, A. H., & Kusumayanti, K. (2023). PENGARUH BRAND AMBASSADOR TERHADAP MINAT BELI PRODUK KECANTIKAN MS GLOW. AL-AMAL, Vol.2 No.1, 43–49.
Nurma, S., & Mery, T. (2023). (2023). “Pengaruh Viral Marketing, Online Costumer Review Dan Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Media Sosial Tiktok (Studi Kasus Pada Followers Tiktok Azarine Cosmetic) [Universitas Bung Hatta.]. http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15685
Philip Kotler, & Gary Amstrong. (2018). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Pearson Education.
Prihartini, E., Mahiri, E. A., Hakim, A., Kurnadi, E., Endorse, C., & Konsumen, M. B. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorse Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Toko Elzatta Majalengka. Jurnal Co …, 775–783.
Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian Scarlett. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, Vol 11, No. https://doi.org/https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i1.526
Putri, S. M. R., Satoto, E. B., & Satoto, E. B. (2022). ANALISIS PENGARUH BRAND AMBASSADOR, PROMOSI DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN TOKOPEDIA PADA FOLLOWERS @tokopedia. JPE: Jurnal Peneliti Ekonomi, 1 No. 6, 74–86.
Rosita, N., & Tahmat. (2021). PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK TONG TJI TEMATIK DI SUPERMARKET BORMA DAGO DAN BORMA CIKUTRA. Seminar Sosial Politik, Bisnis, Akuntansi Dan Teknik (SoBAT).
Saktiendi, E., Herawati, S., Yenny, L. A., & Agusti, A. W. (2022). Pengaruh Viral Marketing, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian MS Glow di Bumi Indah Kabupaten Tangerang. Journal of Multidisciplinary Research (FJMR), Vol 1 No 2, 197–210. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.55927/fjmr.v1i2.524
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Itc Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Sitorus, O. F., & Utami, N. (2017). Buku Ajar: Strategi Promosi Pemasaran. FKIP UHAMKA. http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/4855
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Edition: 1). Literasi Media Publishing.
Wardana, O. D., & Husna, J. (2017). PEMANFAATAN INTERNET DALAM PEMBUATAN DESAIN GRAFIS DI KAMPUNG DESAIN KOMUNITAS REWO-REWO (Studi Kuantitatif Di Desa Kaliabu, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 321–330.
Widyarsih, A. R., Cahaya, Y. F., & Chairul, A. G. (2023). The Influence of Brand Image, Viral Marketing, And Product Quality On Purchase Intention. Adpebi International Journal of Multidisciplinary Sciences, Vol.2 No.1. https://doi.org/https://doi.org/10.54099/aijms.v2i1.460
Published
2024-07-21
How to Cite
Maharani, O., Aqmala, D., Pakarti, P., & Hariyadi, G. (2024). PERAN BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE DAN VIRAL MARKETING PADA MINAT BELI KONSUMEN PRODUK SKINCARE SCARLETT WHITENING. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 2161-2185. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4302