PENGARUH BRAND AWARENESS DAN INFLUENCER PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE SHOPEE

  • Ambar Lukitaningsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Lusia Tria Hatmanti Hutami Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Gratsia Yuni Kartika Jesi Jehadut Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari brand awareness dan influencer promotion terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening pada konsumen pengguna E-Commerce Shopee di Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna E-Commerce Shopee yang ada di Kota Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada 108 orang responden yang diukur dengan skala likert, dalam penelitian ini analisis yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode analisis deskriptif, Metode uji kualitas data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan asumsi klasik (Uji Normalitas, Uji Multikolonieritas, Uji Heterokedastisitas, regresi linier berganda, uji parsial (t), uji simultan (F), koefisien determinasi (), dan Uji Sobel). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa brand awareness (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dan minat beli (Z), influencer promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dan minat beli (Z), minat beli (Z) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Serta terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari brand awareness dan influencer promotion terhadap keputusan pembelian melalui minat beli.

References

Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, N., Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In PT Rajagrafindo Persada (Vol. 3, Issue 2).
Afandi, A., Samudra, J. P., Sherley, S., Veren, V., & Liang, W. (2021). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 5(1), 15. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v5i1.9272
Anggraini, T. R. (2022). PENGARUH GAYA HIDUP DAN BRAND AWARENESS TERHADAP MINAT BELI SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK EMINA (Studi pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2018-2019 Universitas Mulawarman). CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(2), 143. https://doi.org/10.25273/capital.v5i2.12020
Anggun Putri Nursetyowati, J., Angelina, M., Widyaningrum, S., Akbar Basory, H., Chung Alamar, M., Puncak Tidar Blok no, V. N., Dau, K., Malang, K., & Timur, J. (2023). Pengaruh Daya Tarik dan Keahlian Social Media Influencer Terhadap Purchase Intention Pada Industri Makanan. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 1(3), 251–263.
Apriliani, N., & Ekowati, S. (2023). Pengaruh Influencer Marketing, Brand Awareness Dan Komunikasi Pemasaran (Viral Marketing) Di Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains (JEMS), 4(2), 501–515. https://doi.org/10.36085/jems.v4i2.5491
Aruna, S. T., Hariasih, M., & Pebrianggara, A. (2024). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier Sakura Glow. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 228–245. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4025
Gantara, P., Udayana, I. B. N., & Utami, L. T. H. (2023). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Purchase decision Konsumen pada UMKM di Belitung. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 4(2), 151–164. https://doi.org/10.47747/jbme.v4i2.1108
Herdioko, J., & Karisma, C. V. (2022). Pengaruh Media Sosial, Brand Infuencer Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Di Marketplace Shopee Pada Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 97. https://doi.org/10.21460/jrmb.2021.162.395
Indah, K., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Honda Scopy Dengan MInat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–10.
Katamso, T. H., & Sugianto, S. (2024). Pengaruh Brand Image , Brand Experience dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Kecantikan Scarlett Whitening Tri Harto Katamso Sugianto Sugianto Pengaruh Brand Image , Bra. 1.
Lady Diana Warpindyastuti, Mega Arita, Y., Apriyani, H., & Hardani, H. (2021). Analisa Brand Awareness dan Brand Association Pada Merek Minuman Haus! Jurnal Ekonomi KIAT, 32(2), 31–39. https://doi.org/10.25299/kiat.2021.vol32(2).7786
Lara. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.
Mahendri, W., & Lutfi, M. (2022). Pengaruh Social Media Influencer, Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Ms Glow. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 5(2), 154–163. https://doi.org/10.30737/jimek.v5i2.3231
Muin, S. A., Bakri, A. M., Azzahra, W., & Fajar, U. (2024). ANALISIS MINAT BERWIRAUSAHA : PENGARUH LOKUS KENDALI INTERNAL DAN EXTERNAL MELALUI SELF- EFFICACY. 11, 660–672.
Nisa, K. (2024). Peran Influencer Media Social Dalam Impulsive Buying dan Konsumsi Generasi Z: Studi Kasus Marketplace Shopee. Harmoni: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 2(1), 31–43.
Nugroho, I. A., & Laily, N. (2022). Pengaruh promosi dan kemudahan akses terhadap keputusan pembelian e-commerce Shopee dengan minat beli sebagai variabel intervening (studi pada mahasiswa STIESIA Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(7), 1–17.
Ogi, I., & Samadi, R. L. (2022). Peran Amanda Manopo Sebagai Celebrity Endorsement Terhadap Minat Membeli Di Toko Online Shopee the Role of Amanda Manopo As a Celebrity Endorsement on Buying Interest in Online Shopee. 122 Jurnal EMBA, 10(3), 122–132.
Prasetyaningrum, D. (2024). PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF PADA UMKM MELALUI EKSISTENSI MARKET ORIENTATION PERSPEKTIF SOSIAL. 11, 596–610.
Pratama, E. D., Lukitaningsih, A., & Kusuma Ningrum, N. (2022). Pengaruh Brand Awareness, Consumer Trust, Percived Value, Dan Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Konsumen Situs Belanja Online shopee Di Yogyakarta. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(6), 1762–1772. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i6.1084
Puspita, D. F., Harini, C., & Jalantina, D. K. (2022). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SHOPEE DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus di Kota Semarang). Jurnal Manajemen, 8(2), 1–10.
Putra, J. R., Bagi, B., Jerryko, G. Z., & Putra, R. (2023). Pengaruh Promosi Influencer Di Social Media Tiktok Terhadap Minat. 1(4), 236–253.
RIZAL, A. (2023). Pengaruh E-Wom, Brand Awareness Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Sepatu …. Repository.Uinjkt.Ac.Id.
Salsabiela, F. H., Listyorini, S., & Purbawati, D. (2022). Pengaruh Pemilihan Brand Ambassador dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli Konsumen Kopi Lain Hati Wonosobo. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(3), 504–513. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.35361
Simbolon, P. S. (2022). (2022). Pengaruh Influencer Marketing dan Sales Promotion Terhadap Minat Beli Di Aplikasi Shopee. Galang Tanjung, 2011, 1–13.
Thejaya, I. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Pada Manna Kopi. Performa, 4(3), 468–478. https://doi.org/10.37715/jp.v4i3.1660
Tiara Putri, Y., Kusumadewi, R., & Saefulloh, E. (2023). PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER DAN BRAND AWARENESS TERHADAP MINAT PEMBELIAN DI TOKOPEDIA (Studi Pada Pelanggan Tokopedia yang Bertransaksi Melalui Bank Syariah Indonesia). Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(2), 205–225. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v4i2.5651
Triono, D., & Fourqoniah, F. (2024). Pengaruh Store Atmosphere, Atribut Produk Dan Motif Hedonic Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks Coffee Di Samarinda. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 67–83. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4009
Usman Fauzi, N. dan A. S. N. (2023). Pengaruh Brand Awareness dan Product Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan MelaluiKeputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Eastu Coffeebar Wajak). Jurnal Riset Manajemen, 12(1), 1434–1445.
Wardah, F., & Albari. (2023). Analisis Pengaruh Influencer terhadap Minat Beli Konsumen pada Perusahaan JavaMifi. Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 02(03), 188–205.
Wilopo, Y. P. (2021). Pengaruh Kredibiltas Influencer Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen DoubleTree by Hilton Surabaya. Angewandte Chemie International Edition, 9(2), 5–24.
Yogastrian, I. (2020). Pengaruh Influencer Dalam Pembelian Produk Sepatu ( Study Kasus Pada Sepatu Brand Lokal ). Jurnal Ekonomi Dan Bisinis Univeritas Muhammadiyah Surakarta.
Zuhad, M. D., & Yoestini. (2023). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PELANGGAN TOKOPEDIA DI KOTA SEMARANG) - Digital Library : Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Diponegoro Journal of Management, 12, 1–13.
Published
2024-07-21
How to Cite
Lukitaningsih, A., Hutami, L., & Jehadut, G. (2024). PENGARUH BRAND AWARENESS DAN INFLUENCER PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE SHOPEE. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 2106-2123. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4301