ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI BARUAN PEMASARAN 7P PADA AKUN SHOPEE SERABUTAN99
Abstract
Di era kemajuan teknologi komunikasi dan informasi saat ini, yang terus berkembang, hal ini membuat persaingan bisnis menjadi semakin ketat. Dalam pemasaran digital, persaingan bisnis semakin ramai hingga marketplace menjadi tempat bersaingnya pembisnis dalam memasarkan produknya kepada konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implemetasi strategi baruan pemasaran 7 P pada toko online Serabutan99 dalam aplikasi Shopee. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan wawancara mendalam dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif tentang baruan pemasaran 7 P. Data primer penulis dapatkan dari akun shoppee Serabutan99. Sedangkan, data sekunder diperoleh dari referensi jurnal, website dan sumber lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa toko online Serabutan99 telah melakukan strategi baruan pemasaran 7 P. Strategi ini dapat mengoptimalkan pengembangan bisnis. Meskipun transaksi dilakukan secara online dan tidak berinteraksi secara langsung kepada konsumen, toko online Serabutan99 tetap berupaya melakukan pelayanannya dengan baik.
References
Denty Arista, Putri Nugrahaningsih, Labbaika Dwi Ayu Rahmawati, Zaim Arif Eko Saputra. (2022). Pengembangan Pemasaran Digital Dan Pelaporan Keuangan Sentra Industri Bremkaliabu Kabupaten Madiun. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(3), 1498–1510.
Febrian Maulana Putra, Syamsul Hilal, Hanif. (2023). Sosialiasi Pemasaran Digital: Memaksimalkan Potensi Ekonomi Untuk Menuju Masyarakat Yang Mandiri Dengan Berwirausaha. Communnity Development Journal, 4(5), 10912–10919.
Febrian Maulana Putra, Syamsul Hilal, Hanif. (2024a). Meningkatkan literasi wirausaha tentang kuliner halal melalui sosialiasi pada masyarakat. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 5(1), 160–168.
Febrian Maulana Putra, Syamsul Hilal, Hanif. (2024b). Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat di Era Society 5 . 0 melalui Pendidikan. Abdimas Mahakam, 8(01), 204–218.
Hidayah, Ida, Ariefiantoro, Teguh, Nugroho, Dwi Widi Pratito Sri, & Suryawardana, Edy. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis Di Kaliwungu). Solusi, 19(1), 76–82. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i1.3001
Indra Permadi, Eva Fathussyaadah. (2021). Survivabilityusaha Mikro Kecil Danmenengah, Adopsi Media Sosial Sebagai Media Pemasaran. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(1), 347–356.
Muhammmad Zaky, Dendi Zainuddin Hamidi, Ebah Suaebah. (2021). Peran Perguruan Tinggi Terhadap Literasi Keuangan Pelaku Usaha UMKM. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 2141–2148.
Qomariah, Nuril, Jannah, Wildatul, Marketing, Content, & Beli, Minat. (2024). PENERAPAN CONTENT MARKETING TERHADAP MINAT PEMBELI DALAM PERSPEKTIF SYARIAH DI TUKU-TUKU STORE BONDOWOSO. 3(1), 81–92.
Rahim, Endang, & Mohamad, Roni. (2021). Strategi Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ) Dalam Perspektif Syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15–26. https://doi.org/10.54045/mutawazin.v2i1.234
Rosanti, Wahyuni, Rahmadian, Muthi’ah, Regita Cahya Tiara Gani, Filna, & Permana, Erwin. (2023). Efektifitas Strategi Influencer Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Pstore. Jurnal Ekonomi : Journal of Economic, 14(01). https://doi.org/10.47007/jeko.v14i01.6500
Sawal Sartono, Bondan Bondan Subagyo, Nurani Nurani. (2021). Usahamikro Kecil Dan Menengah : Struktur Ekonomi, Dinamika, Perkembangan Dan Tantangan Umkm Di Berbagai Negara. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 2411–2429.
Sunarsi, Denok. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang Bsd Tangerang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 7–13. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v21i1.473
Wenny Kartika Susanto. (2018). PENGARUH SOCIAL NETWORK MARKETING (SNM) DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP MINAT BELI PELANGGAN. 1–23.
Wilfarda, Anggraeni Charismanur, Ningtiyas, Wulan Puspita, & Alimah, Nurdiyah Mufidatul. (2021). Kebijakan Pemerintah Dalam Pemberdayaan UMKM Di Masa Pandemi. Journal of Government and Politics, 3(1), 47–65.
Yuniar Sari, Ridwansyah, Erike Anggraeni. (2024). Analis Swot Pengembanganwisata Halal Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Di Daerah Lampung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 8(1), 290–304.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.