IMPLEMENTASI BRAND MANAGEMENT PADA AKUN INSTAGRAM KANIK.OFFICIAL

  • Davan Surya Aslama Universitas Telkom Bandung
  • Donni Junipriansa Universitas Telkom Bandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Planning, Organizing, Actuating, Controlling pada akun instagram @kanik.official tahun 2023 dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap konten yang berfokus mempromosikan produk pada akun sosial media instagram serta analisis insight untuk mengumpulkan data jumlah audience yang tercapai setiap konten yang disebar. Hasil penelitian ini menemukan bahwa implementasi (1) Planning melalui perencanaan yang diadakan seminggu sekali, (2) Organizing melalui penggunaan fitur pada media sosial instagram, (3) Actuating melalui unggahan reels serta tambahan hashtag, (4) Controlling  melalui analisa kinerja postingan berdasarkan insight instagram. Hal ini menunjukkan bahwa brand management telah terimplementasi dengan baik pada akun @kanik.official, tetapi tetap perlu memperhatikan kekurangan dan kelemahan yang dimiliki untuk meminimalisasi kesalahan selama proses implementasi berlangsung.

References

Aditama, R. (2020). Pengantar Manajemen: Teori dan Aplikasi (M. Lettucia (ed.)). Tim AE.
Anita, S. B. (2023). Entrepreneurship Communication (E. Wahyudin & A. Tifiri (eds.)). K E N C A N A.
Ardiansyah, I., & Maharani, A. (2020). Optimalisasi Instagram Sebagai Media Sosial (A. Kamsyach (ed.)). CV CENDEKIA PRESS.
Elbadiansyah. (2023). Pengantar Manajemen (Z. Rosidah (ed.)). Deepublish publisher.
Gideon, A., Lestari, N., Sari, M., Wicaksono, Di., Adrianan, N., Mustafa, Ibrahim, S., Faroh, M., Anwar, K., Wardani, K., & Rizqi, M. (2023). Metode Penelitian Pendidikan (D. Mulyasari (ed.)). Pradina Pustaka.
Hamdat, A., Arfah, Cahya, A. M. K. B. T., Sri, D., Astri, E. S. F., Islamiah, K. N. S. M. H., Leni, N. H. J. M. P., Nabila, R., & Dwita, V. (2020). Konsep Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen. In GCAINDO (Ed.), Manajemen Pemasaran & Perilaku Konsumen : PrinsipDasar, Strategi dan Implementasi: Vol. Cetakan Pe (Mirra Buan). Mirra Buana Media.
Helianthusonfri, J. (2019). Belajar Social Media Marketing. PT Elex Media Komputindo.
Ibrahim, A. (2023). Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Bisnis Islam (Q. Aini (ed.)). Bumi Aksara.
Jubilee interprise. (2021). Instagram untuk Bisnis, Hobi, dan Desain Grafis. PT Elex Media Komputindo.
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial (Lutfiah (ed.)). Media Sahabat Cendekia.
Putri, D., Sudirman, A., Suganda, A., Kartika, R., Martini, E., Susilowati, H., Bambang, Trenggana, A., Zulfikar, R., Handayani, T., Kusuma, G., Triwardhani, D., Rini, N., Pertiwi, W., & Roslan, A. (2021). Brand Marketing (A. Masruroh (ed.)). WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG.
Saputri, M., Darsana, I. M., Harinie, L., Yanto, F., Suparjiman, Yuswono, I., Haldy, M., Nugrahani, R., Syahputra, Hanafiah, H., Hapsari, T., Wijaya, N. P., Nuryanto, U., Bestari, D., & Ilham, B. (2023). Pengantar Manajemen Pemasaran. In M. Wardana (Ed.), pengantar Manajemen. Infes Media.
Septian, M. D., & Leksono, A. B. (2023). Manajemen Branding. UB Press.
Sholikah, Mundzir, A., Y, N., Trisavinaningdiah, A., Djaya, T. R., Purwaningsih, N., Angmalisang, S. I., Riorini, S. V., Wiliana, E., Depari, G. S., Ekopriyono, A., Pujiastuti, M. N. S., & Rahajeng, E. (2021). Manajemen Pemasaran Saat Ini dan Masa Depan. In E. Sudarmanto & E. Kurniawati (Eds.), Insania. Insania.
Slamet, R., & Aglis, A. H. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. In Deepublish. Deepublish.
Tarigan, F. A., Robin, R., & Angeline, S. (2024). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Aqua Di Desa Cinta Rakyat. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2),
Published
2024-07-21
How to Cite
Aslama, D., & Junipriansa, D. (2024). IMPLEMENTASI BRAND MANAGEMENT PADA AKUN INSTAGRAM KANIK.OFFICIAL. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 2007-2021. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4276