KONTRIBUSI STRATEGI PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK HALAL

  • Farah Oktafani Universitas Telkom, Bandung
  • Sulaeman Rahman Nidar Universitas Padjadjaran, Bandung

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara mayoritas muslim terbesar di dunia, dengan tingginya angka konsumsi barang pada konsumen muslim menjadikan peluang mengembangkan produk halal sangat terbuka lebar demi memenuhi kebutuhan pasar. Penggunaan unsur Syariah dalam pemasaran bertujuan untuk menghindari pelanggaran etika yang berdampak negatif pada citra, persepsi, niat beli produk kosmetik halal. Penggunaan unsur Syariah dalam pemasaran bertujuan untuk menegaskan bahwa etika promosi yang diberikan oleh Islam bersifat universal. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk kosmetik halal. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Populasi yang digunakan adalah konsumen produk kosmetik halal dengan sampel sebanyak 100 responden. Responden penelitian didominasi oleh wanita dewasa dengan pekerjaan sebagai pegawai swasta yang sudah memiliki persepsi kuat mengenai suatu produk tanpa harus dipengaruhi stimulus periklanan, publisitas, promosi penjualan ataupun pemasaran langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik halal secara simultan, tetapi secara parsial hanya penjualan personal yang mempengaruhi keputusan pembelian.

References

Abuznaid, S. (2012). Islamic marketing: addressing the Muslim market.
Alom, Md. Mahabub dan Haque, Md.Shariful (2011). Pemasaran: Perspektif Islam. Jurnal Ilmu Sosial Dunia Vol . 1. No. 3. Juli 2011. Hal. 71-81.
Akbar Purnama, F. & Safira A (2017). Investigating Islamic advertising ethics: Perceptions of Indonesian Muslims. Journal of Emerging Economies & Islamic Research 5(2) 2017, 43 – 57.
Akbar, S.S., Darmaputra, M.F. (2022). Pengaruh Periklanan Publisitas dan Promosi penjualan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen UMKM Ikan Asap Demak). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis.
Alserhan, B. A. (2017). The principles of Islamic marketing. Routledge.
Arbak, S. & Islam, R. & Al Rasyid, H. (2019). Influence Of Islamic Advertising: Ethic Violation On Customer Purchase Intention Of Halal Cosmetic Products In Malaysia. Humanities & Social Sciences Reviews. eISSN: 2395-6518, Vol 7, No 3, 2019, pp 671-682.
Arman, Andri. (2015). Analisis Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Sepeda Motor Merek Yamaha Pada CV. Sinar Utama Cabang Antasari di Samarinda. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, (3): 625 – 637 ISSN 2355-5408.
Bakr Ahmad Alserhan, Veland Ramadani, Jusuf Zeqiri, Leo-Paul Dana. Strategic Islamic Marketing: A Roadmap for Engaging Muslim Consumers - Contributions to Management Science. 2022. Springer Nature Switzerland AG. ISBN: 9783030981594.
Bakr Ahmad Alserhan, Aisha Wood Boulanouar (2010) The Principles of Islamic Marketing. Int. J. Islamic Marketing and Branding, Vol. 1, No. 4, 2016
Jafari, A. (2014). Handbook of Islamic marketing. Journal of Marketing Management, 30, 1506 - 1510.
Bayirli, M., Alserhan, B., & Ramadani, V. (2021, December). History of Islamic Marketing Literature and Research: A Bibliometric Analysis. In Global Islamic Marketing Conference (pp. 1-13). Cham: Springer International Publishing.
Bin Abdullah, J., et all. Success Strategies In Islamic Marketing Mix. International Journal of Business and Society, Vol. 16 No. 3, 2015, 480 - 499.
Creswell JW, Clark VLP, 2011, Designing and Conducting Mixed Methods Research, California: SAGE.
Hanaysha, J.R. (2017). An Examination of The Factors Affecting Consumer’s Purchase Decision In The Malaysian Retail Market, PSU Research Review, Vo. 2 No. 1, Hal: 7-23.
Hermawan Kertajaya, Muhammad Syakir Sula. 2016. Syariah Marketing. Mizan Pustaka.
Huda, N. Et all. Strategic Model for Halal Tourism Development in Indonesia: A Preliminary Research. Indonesian Journal of Halal Research, 4, 2 (2022): 53-64. E-ISSN: 2657-0165. P-ISSN: 2656-3754.
Istianah, dkk, "Analisis Sharia Marketing Mix Terhadap Kepercayaan Pelanggan dan Keputusan Pembelian Pada Online Shop TWIS.ID,".
Jawas, Yazid bin Abdul Qadir (2013). Prinsip Dasar Islam Menuntut Al-Qur’an dan As-Sunnah yang Shahih. Pustaka Taqwa, Bogor.
Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (2022). Laporan Ekonomi dan Keuangan Syariah 2021.
Kartajaya, Hermawan. Seri 9 Elemen Marketing On Marketing Mix (2006). Mizan Pustaka.
Kotler, dan Keller. 2013. Manajemen Pemasaran. Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller, (2016). Marketing Management, (16thEdition), New Jersey: Prentice Hall Published.
Kotler, Manajemen Pemasaran :Analisis Perencanaan dan Implementasi dan Kontrol, Jilid I (Jakarta: Erlangga, 2001).
Kotler dan Keller, Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia 13, Jilid 1, (Jakarta : Erlangga, 2008).
Kristyarini, Pratiwi (2020) Pengaruh Personal Selling dan Direct Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Day Cream Wardah White Secret di Toko Kosmetik Wardah PGC, Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.
Marinov, M.A. (2006). Marketing in the Emerging Markets of Islamic Countries.
Mehmet Bayirli & Baker Alserhan & Veland Ramadani (2023) History of Islamic Marketing Literature and Research: A Bibliometric Analysis. Springer Proceedings in Business and Economics, in: Veland Ramadani & Bakr Ahmad Alserhan & Leo Paul Dana & Jusuf Zeqiri & Hasan Terzi & Mehmet Bayirli (ed.),Research on Islamic Business Concepts, pages 1-13, Springer
Muhammad Khalilur Rahman. Ethical Implications of Sales Promotion in Malaysia: Islamic Perspective. Journal of Business Law and Ethics. June 2014, Vol. 2, No.1, pp. 13-27. ISSN: 2372-4862 (Print), 2372-4870 (Online).
Oktafani, F., et all (2022) Manajemen Pemasaran Kontemporer. Widina. Bandung.
Rendi Tegar Pratama, Elevita Yuliati. 2021. Application Of Theory Of Planned Behavior In Consumers’ Purchase Decision Of Cats And Dogs Food Products. ASEAN Marketing Journal • Vol. XII • No. 2 • 1903-111.
Samir Abuznaid, "Islamic Marketing: Addressing the Muslim Market".
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Itc Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Syed Ali Hussnain (2011). What Is Islamic Marketing. Global Journal of Management and Business Research. Volume 11 Issue 11 Version 1.0 November 2011
Samir Abuznaid, “Islamic Marketing: Addressing the Muslim Market”, An - Najah Univ. J. Res. (Humanities). Vol. 26(6), 2012
Stanton, William J. 2012. Prinsip pemasaran, alih bahasa : Yohanes Lamarto ; Penerbit Erlangga, Jakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, & Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sutisna, et all. Panorama Maqashid Syariah. 2021. Media Sains Indonesia. Bandung.
Sunyoto, Perilaku Konsumen dan Pemasaran,(Yogyakarta: CAPS, 2015), 191.
Tarmizi, E., Harta Haram Muamalat Kontemporer (2019). Berkat Mulia Insani. Bogor.
Vethzal Rivai Zainal, dkk, "Islamic Marketing Management: Mengembangkan Bisnis dengan Hijrah ke Pemasaran Islami Mengikuti Praktik Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam", (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017)
Visca Mirza Vristiyana,”Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan Produk Halal Terhadap Penilaian Produk Halal dan Minat Pembelian Produk Halal”, EKOBIS. Vol.20, No.1 (2019): 97, diakses pada tanggal 2 November 2019
Zamroni dan Wahibur Rokhman, "Pengaruh Marketing Mix dan Syariah Compliance”
Pedoman Pariwisata Halal Jawa Barat (2019).
State of the Global Islamic Economy Report 2022.
Published
2024-07-21
How to Cite
Oktafani, F., & Nidar, S. (2024). KONTRIBUSI STRATEGI PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK HALAL. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 2146-2160. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4273