STRATEGI PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ALAT BANTU DENGAR DI CV. EARSOUND

  • Fadilla Arfah ekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) SUKMA Medan
  • Dian Purnama Sari ekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) SUKMA Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Strategi Penerapan Costumer Relationship Management terhadap Keputusan Pembelian Produk Alat Bantu Dengar di CV Earsound. Penelitian ini adalah merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data penelitian dapat bersumber dari internal maupun eksternal. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh 37 pelanggan CV Ersound dari beberapa bulan terakhir. Pengujian asumsi klasik yang digunakan Uji normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas, Regresi Linear Sederhana dan Koefisien Determinasi. Uji t digunakan untuk menguji signifikansi Customer Relationship Management (CRM) terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian Hal ini menunjukkan jika variabel Customer Relationship Management (CRM) (X) dapat menjelaskan Variabel Keputusan Pembelian (Y) sebesar 79,9%. Dapat diketahui bahwa thitung (3,567) > ttabel (2,030), demikian pula dengan nilai signifikansinya sebesar 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis pertama diterima, artinya variabel Customer Relationship Management (CRM) (X) berpengaruh terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Keputusan pembelian merupakan sebuah tahapan evaluasi yang membuat konsumen menyusun daftaran peringkat barang dalam peringkat pilihannya dimana tahapan evaluasi itu akan menciptakan hasrat pembelian, sehingga konsumen akan membeli barang yang paling mereka sukai.

References

Agung, N., & Ardhoyo, Wardjito Syakila, R. N. (2021). Penerapan Customer Relationship Management pada Crematology Coffee Roasters Saat Pandemi Covid-19. Journal Cyber PR, 1(1), 1–10.
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Asraini (2019). Pengaruh Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt. Nusantara Surya Sakti Sumbawa. J. Manaj. dan Bisnis, 2019 - jurnal.uts.ac.id.
Astuti, M., & Amanda, A. R. (2020). Pengantar Manajemen Pemasaran. Deepublish.
Burhanuddin, Chairul Iksan, and Muhammad Nur Abdi. (2020). “Tingkat Pemahaman Dan Minat Masyarakat Dalam Penggunaan Fintech.” Owner 3, no. 1.
Cahyaningtyas, R., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Review Produk danKonten Marketing pada Tiktok terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening by Felicya Angelista. eProceedings of Management, 8(5).
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit.
Pratminingsih, N. B. (2019). THE EFFECT OF WEB QUALITY AND TRUST ON REPURCHASE. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 9514-9520.
Sawlani, Dhiraj K. (2021). Keputusan Pembelian Online: Kualitas Website, Keamanan, Dan Kepercayaan. Surabaya: Scopindo.
Sudaryono. (2022). Komunikasi Bisnis. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Published
2024-06-25
How to Cite
Arfah, F., & Sari, D. (2024). STRATEGI PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ALAT BANTU DENGAR DI CV. EARSOUND. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 1190-1202. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4271
Section
Articles