ANALISIS IMPLEMENTATASI STRATEGI MARKETING MIX PADA USAHA KULINER SEAFOOD BROTHER LAMPUNG

  • Febrian Maulana Putra Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung
  • Syamsul Hilal Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung
  • Hanif Hanif Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung

Abstract

Industri kuliner merupakan sektor yang berkembang pesat di Indonesia, mencakup berbagai jenis usaha makanan mulai dari warung makan tradisional hingga restoran mewah. Untuk saat ini, ada industri kuliner yang disebut kuliner halal merujuk pada sektor ekonomi yang terlibat dalam produksi, penyediaan, dan konsumsi makanan dan minuman yang memenuhi syariah Islam. Tujuan penelitian ini, untuk melihat strategi marketing mix usaha kuliner Seafood Brother Lampung yang berlokasi di kota Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan meliputi survei di tempat, wawancara mendalam, dan analisis strategi bauran pemasaran 7P dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari dua jenis data yaitu data primer dan sekunder. Data primer ialah data yang diperoleh dari pihak pelaku usaha kuliner yakni Seafood Brother Lampung. Sedangkan data sekunder yaitu, data yang didapatkan berasal dari referensi pustaka dari jurnal, website, dan sumber lainnya. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa dengan menerapkan strategi pemasaran yang baik dan matang yaitu strategi 7P marketing mix  dapat mengoptimalkan pengembangan usaha kuliner Seafood Brother Lampung yang dikelola oleh Rizky Wahyudi selaku owner. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang sudah dilakukan dalam penilitian ini, disimpulkan bahwa usaha kuliner Seafood Brother Lampung dalam strategi pemasarannya menerapkan strategi bauran pemasaran 7P sehingga usaha kuliner Seafood Brother Lampung mampu untuk bersaing dengan usaha lainnya yang ada di kota Bandar Lampung.

References

Buyung Romadhoni, Akhmad, Idham Khalid, A.M. (2022) ‘Pemberdayaan Umkmdalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Di Kabupaten Gowa’, Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 6(3), pp. 1074–1088.
Denty Arista, Putri Nugrahaningsih, Labbaika Dwi Ayu Rahmawati, Z.A.E.S. (2022) ‘Pengembangan Pemasaran Digital Dan Pelaporan Keuangan Sentra Industri Bremkaliabu Kabupaten Madiun’, Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 6(3), pp. 1498–1510.
Erlangga Budi Sanggrama, R.S.R. (2020) ‘Sebuah Solusi dari Para Mahasiswa dan Dosen Akuntansi untuk Perkembangan UMKM di Indonesia’, Jurnal Akuntansi Maranatha, 12(1), pp. 146–158. Available at: https://doi.org/10.28932/jam.v12i1.2330.
Faroman Syarief, Aldi Friyatna Dira, R.F. (2023) Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung Dilarang.
Febrian Maulana Putra, Syamsul Hilal, H. (2023) ‘Sosialiasi Pemasaran Digital: Memaksimalkan Potensi Ekonomi Untuk Menuju Masyarakat Yang Mandiri Dengan Berwirausaha’, Communnity Development Journal, 4(5), pp. 10912–10919.
Firdaus, R. and Faizasari, A. (2022) ‘Community Of Pastry MSME Actors In Tanah Datar Regency Analisis Marketing Mix Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Studi Pada Masyarakat Pelaku UMKM Kue Kering Di Kabupaten Tanah Datar’, 3(September), pp. 2879–2897.
Halimatus Sa’diyah and Renny Oktafia (2022) ‘Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Omset Penjualan UMKM Kerajinan Kopyah’, Malia: Jurnal Ekonomi Islam Vol., 13(1), pp. 107–122. Available at: https://doi.org/10.35891/ml.v13i1.2786.
Indra Permadi, E.F. (2021) ‘Survivabilityusaha Mikro Kecil Danmenengah, Adopsi Media Sosial Sebagai Media Pemasaran’, Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 5(1), pp. 347–356.
Irene Pradela, Ronal Aprianto, Suyadi, I.I. (2022) ‘Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada PT . Raihan Maju Mandiri dengan Loyalitas Karyawan Sebagai Variabel Intervening’, IKRAITH-EKONOMIKA, 5(1), pp. 39–47.
Kusuma, D.F. and Sugandi, M.S. (2018) ‘Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts’, Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), pp. 18–33.
Lili Marlinah (2019) ‘Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Melalui Penguatan Sektor Ekonomi Digitalpreneur dan Creativepreneur’, Ikraith-Ekonomika, 2(1), pp. 32–38.
Muhammmad Zaky, Dendi Zainuddin Hamidi, E.S. (2021) ‘Peran Perguruan Tinggi Terhadap Literasi Keuangan Pelaku Usaha UMKM’, Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 5(3), pp. 2141–2148.
Pratiwie Nirmala Dewi, Chandra Hendriyani, R.M.R. (2021) ‘Analisis Implementatasi Strategi Bauran Pemasaran 7P Pada Usaha Bakso Wong Jowo By Tiwi’, JIP ( Jurnal Industri dan Perkotaan ), 17(2), p. 6. Available at: https://doi.org/10.31258/jip.17.2.6-13.
Purba, E.B.P.A.S.F.K., Hery, D.D.V.S.A.M.G. and Ernanda., P.S.N.F.A.S.R. (2021) Metode Penelitian Ekonomi. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Rahmadani, S. (2021) ‘Analisis Strategi Pengembangan UMKM dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Padang Brahrang Kec.Selesai Kab.Langkat (Studi Kasus Pada Home Industri Krupuk & Keripik)’, Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), pp. 115–129. Available at: https://doi.org/10.56114/maslahah.v2i3.160.
Resya Dwi Marselina, M.H.A. (2023) ‘Manajemen Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis Swot Untuk Meningkatkan Pendapatan Pada Ahass Honda Darma Perdana Cilengkrang’, JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis, dan Manajemen), 7(1), pp. 144–152.
Salsabila, R. and Saragih, M.Y. (2023) ‘Strategi Marketing Hubungan Masyarakat Dan Media Jurnalistik Dalam Mempertahankan Kepuasan Customer K3 Mart Cabang Kesawan Kota Medan’, JURNAL ILMIAH GLOBAL EDUCATION, 4(2), pp. 899–906.
Sulistyanto, A. et al. (2021) ‘Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Komunikasi Pemasaran bagi Pelaku UMKM pada Masyarakat di Kelurahan Ponggang, Kec. Serangpanjang, Kabupaten Subang’, Jurnal Abdidas, 2(1), pp. 34–40. Available at: https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.199.
Suyadi, Syahdanur, S.S. (2017) ‘Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bengkalis-Riau’, Jurnal Ekonomi KIAT, 29(1), pp. 1–10.
Syahputra, R. (2017) ‘Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia’, Jurnal Samudra Ekonomika, 1(2), pp. 183–191.
Tri Wisudawati, S.R.R. (2020) ‘Analisis Metode Marketing Mix 7P Sebagai Strategi Pemasaran Produk Daur Ulang’, Journal Science Innovation and Technology (SINTECH), 1(01), pp. 26–29. Available at: https://doi.org/10.47701/sintech.v1i01.874.
Wijandari, A. and Sumilah, N. (2021) ‘Sosialisasi Manajemen Strategi Pemasaran Di UMKM Kecamatan Cileungsi’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 1(1), pp. 61–64.
Yuniar Sari, Ridwansyah, E.A. (2024) ‘Analis Swot Pengembanganwisata Halal Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Di Daerah Lampung’, Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 8(1), pp. 290–304.
Yuniarti, P., Wianti, W. and Nurgaheni, N.E. (2020) ‘Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia’, SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Islam, 2(3), pp. 169–176. Available at: https://doi.org/10.36407/serambi.v2i3.207.
Published
2024-07-17
How to Cite
Putra, F., Hilal, S., & Hanif, H. (2024). ANALISIS IMPLEMENTATASI STRATEGI MARKETING MIX PADA USAHA KULINER SEAFOOD BROTHER LAMPUNG. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 1972-1985. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4270