PENGARUH KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN UMKM DI HOTEL GRAND MERCURE MALANG MIRAMA

  • Asnar Juliandri P A Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia, Semarang
  • Enik Rahayu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia, Semarang

Abstract

Industri perhotelan di Hotel Grand Mercure Malang Mirama menjadi bagian integral dari sektor pariwisata yang mendukung ekonomi lokal dan nasional. Kearifan lokal dan kepuasan pelanggan UMKM merupakan faktor penting dalam memperkuat daya saing dan identitas produk lokal di industri ini. Penelitian ini bertujuan untuk memahami hubungan antara penerapan kearifan lokal dan kepuasan pelanggan UMKM di Hotel Grand Mercure Malang Mirama serta dampaknya terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Metode kuantitatif digunakan dengan melibatkan 100 responden pelanggan hotel. Data dikumpulkan melalui survei berdasarkan kuesioner yang mencakup pertanyaan terstruktur mengenai persepsi terhadap kearifan lokal, kepuasan pelanggan, dan peran UMKM. Analisis regresi linier berganda menunjukkan hubungan yang signifikan antara penerapan kearifan lokal dan kepuasan pelanggan UMKM dengan tingkat kepuasan pelanggan. Uji F dan determinasi ganda mengkonfirmasi keberartian dan kekuatan hubungan tersebut. Strategi bisnis yang mengintegrasikan kearifan lokal dan keterlibatan aktif dengan UMKM memiliki dampak positif pada tingkat kepuasan pelanggan di Hotel Grand Mercure Malang Mirama. Penelitian ini mengkonfirmasi pentingnya penerapan kearifan lokal dan interaksi yang positif dengan UMKM dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di industri perhotelan. Saran diberikan untuk meningkatkan kesadaran, keterlibatan, kerjasama dengan UMKM, dan penggunaan data untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dalam meningkatkan kualitas layanan dan kontribusi terhadap pembangunan lokal.

References

Abdillah, W., Mulyatini, N., & Yustini, I. (2020). Pengaruh Experiential Marketing dan Perceived Quality Terhadap Kepuasan Pengunjung (Suatu Studi pada Pengunjung Green Canyon Pangandaran). Business Management End Entrepreneurship, 2, 93–102. https://jurnal.unigal.ac.id/bmej/article/view/4219/3610
Achmadi, N. S., & Veronika, R. (2019). Strategi Pemasaran Benteng Fort Rotterdam sebagai Green Tourism Berbasis Kearifan Lokal di Makassar. Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, 19(2), 52–63.
Ananda, I. W. A. T. M., Ekasani, K. A., & Sinaga, F. (2023). Kinerja Profesional Pelayanan Restoran di Hotel Plataran Ubud. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(5), 1153–1176. https://doi.org/10.22334/paris.v2i5.418
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23. In Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23.
Hertati, L., Feri, I., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2021). Pengembangan UMKM Unggulan Gambo Muba Produk Lokal Guna Menopang Perekonomian Rakyat Akibat COVID-19. Indonesia Berdaya, 2(1), 55–68. https://doi.org/10.47679/ib.202170
Hilal, N., & Djatola, H. R. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah dan Gethok Tular pada Bank Syariah di Kota Palu. Jurnal Manajemen Dan Kearifan Lokal Indonesia, 2(1), 23. https://doi.org/10.26805/jmkli.v2i1.14
Moha, S., & Loindong, S. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 4(1), 575–584. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/11715
Nidyawati, N., & Hartini, I. (2021). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel Bukit Serelo Lahat. Motivasi, 6(2), 88. https://doi.org/10.32502/mti.v6i2.3760
Peong, H. K., Nengah, I., & Astawa, D. (2023). Pengaruh Aksesibilitas Dan Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Wisata Di Desa Adat Wae Rebo. Jurnal Akademisi Vokasi, 2(1), 1–10.
Rahman, E., Machmud, R., & Isa, R. A. (2023). Pemberdayaan UMKM Penunjang Pariwisata Berbasis Masyarakat Sebagai Tindak Lanjut Sustainable Tourism Management di Kawasan Pesisir Teluk Tomini. Mopolayio : Jurnal Pengabdian Ekonomi, 3(1), 20–29. https://doi.org/10.37479/mopolayio.v3i1.77
Sjahruddin, H., Kadir, A., Djaya, S., & Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya, S. (2021). Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia KONTRIBUSI PEMODERASI CORPORATE IMAGE DALAM MENJELASKAN KUALITAS LAYANAN DAN PROMOSI PADA KEPUASAN PENGUNJUNG Info Artikel. J-Mkli, 5(2), 63–75. https://doi.org/10.26805/jmkli.v5i2.103
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Suprina, R., Hendrayati, H., Gaffar, V., & Hurriyati, R. (2022). Memahami Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Hotel: Suatu Tinjauan Pustaka Sistematis Understanding Customer Satisfaction toward Hotel Service: A Systematic Literature Review. Jurnal Manajemen Dan Organisasi (JMO), 13(3), 233–243. https://doi.org/10.29244/jmo.v13i3.39338
Wazni, W., Harirah. MS, Z., & Darmansyah, R. (2020). Evaluasi Input Kebijakan Pengembangan Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal Di Kabupaten Siak. Sebatik, 24(2), 178–186. https://doi.org/10.46984/sebatik.v24i2.1124
Winata, I. G. P. H. W., & Ni Wayan Yulianita Dewi. (2024). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Manajemen dan Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Kinerja Manajerial. Vokasi : Jurnal Riset Akuntansi, 13(1), 93–103. https://doi.org/10.23887/vjra.v13i1.74681
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2024-07-12
How to Cite
A, A., & Rahayu, E. (2024). PENGARUH KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN UMKM DI HOTEL GRAND MERCURE MALANG MIRAMA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 1814-1823. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4247