PENGARUH MARKETING 4.0 DENGAN MEDIASI CUSTOMER JOURNEY YANG DIMODERASI OLEH USER INTERFACE TERHADAP CUSTOMER LOYALTY

  • Andika Aisyah Setiadji Universitas Pelita Bangsa, Indonesia
  • Surya Bintari Universitas Pelita Bangsa, Indonesia
  • Ergo Nurpatria Kurniawan Universitas IPWIJA Indonesia
  • Taufiq Rachman Universitas Pelita Bangsa, Indonesia

Abstract

Perkembangan teknologi cepat berdampak pada berbagai bidang, termasuk internet. Internet memudahkan kehidupan manusia dengan pemesanan tiket pariwisata yang dulunya offline kini menjadi online melalui Agoda. Agoda mengalami peningkatan selama lima tahun terakhir, hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh Co-Creation, Currency, Communal Activation, Conversation terhadap Customer Loyalty. Penelitian terdahulu yang juga mengatakan bahwa Co-Creation, Currency, Communal Activation, Conversation menjadi faktor yang mempengaruhi Customer Loyalty (Budiono, 2021; Tri & Cep, 2022), terdapat penelitian yang menyatakan bahwa Co-Creation, Currency, Communal Activation, Conversation tidak berpengaruh terhadap Customer Loyalty (Firdaus et al., 2020; Saragih, 2019) sehingga muncul celah penelitian yang memungkinkan hadirnya variabel lain yang mempengaruhi Customer Loyalty. Faktor yang mempengaruhi Co-Creation, Currency, Communal Activation, Conversation terhadap Customer Loyalty adalah Customer Journey dan User Interface.

            Penelitian ini diuji terhadap 100 responden yang kemudian data dikumpulkan dan di uji kelayakan. Setelah diuji kelayakan, maka dilakukan uji analisa menggunakan bantuan program SmartPLS.

            Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut. 1) Co-Creation yang ditawarkan Agoda tidak dapat mendorong tingkat Customer Loyalty. 2) Currency, Communal Activation dan Conversation yang ditetapkan oleh Agoda dapat mendorong tingkat Customer Loyalty. 3) Co-Creation dan Communal Activation tidak dapat memediasi Customer Journey yang ditetapkan oleh Agoda terhadap tingkat Customer Loyalty. 4) Currency dan Conversation dapat memediasi Customer Journey yang ditetapkan oleh Agoda terhadap tingkat Customer Loyalty. 5) Customer Journey yang ditawarkan Agoda dapat mendorong tingkat Customer Loyalty. 6) Customer Journey yang ditawarkan dapat memoderasi User Interface pada Agoda terhadap tingkat Customer Loyalty  

References

Alsaid, N., Amor, B., & El Houda, N. (2020). Experiential marketing impact on experiential value and customer satisfaction : case of Winter Wonderland amusement park in Saudi Arabia. Expert Journal of Marketing, 8(2), 118–128.
Budiono, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, Lokasi, Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Di Rumah Makan Bebek Kaleo Tebet Jakarta Selatan Dimasa Pandemi Covid-19. SEGMEN Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 223–247. https://doi.org/10.37729/sjmb.v17i2.6868
Danny, Theresia, W., Chandra, & Felicia. (2001). Analisis Kepuasan dan Tingkat Kualitas Pelanggan terhadap Tingkat Penjualan di Warung Bu Kris. Ekonomi Manajemen Universitas Kristen Petra.
Destri, S., Onsardi, & Ety, A. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 11–25.
Farisha, M., Hartoyo, & Arief, S. (2022). Apakah Pandemi Covid-19 Mengubah Perilaku Pembelian Konsumen Terhadap Produk Kosmetik ? Journal of Consumer Sciences, 7, 1–19. https://doi.org/https:// doi.org/10.29244/jcs.7.1.1-19
Firdaus, M. Z., Muttaqien, F., Robustin, T. P., & Pelanggan, L. (2020). Pengaruh Dimensi Marketing Mix terhadap Loyalitas Pelanggan pada Home Industry Saus Ryan Jaya di Kabupaten Lumajang. 118–122.
Ghozali, I. (2021a). Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunkan Program SmartPLS 3.0. Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2021b). Partial Least Squares : Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris 3/E. Badan Penerbit Undip.
Kotler, Keller, & Chernev. (2022). Marketing Management. https://online.fliphtml5.com/xzfda/pkef/
Kotler, P., Hermawan, K., & Iwan, S. (2017). Marketing 4.0 di Ekonomi Digital. Pt. Gramedia Pustaka Utama.
Krisnawati, D. (2019). PENGARUH CO-CREATION, CURRENCY, COMMUNAL ACTIVITY DAN CONVERSATION TERHADAP CONSUMER JOURNEY. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 20(2).
Leedi, S., & Ari, S. (2022). PENGARUH PENGALAMAN PELANGGAN, KESADARAN MEREK DAN KEPUASAAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA ELLA SKIN CARE DI CABANG GENTAN. 21(435), 49–59.
Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., Sevtiana, A., Catur, U., Cendekia, I., & Cirebon, K. (2020). PERANCANGAN UI / UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA. 10(2), 208–219.
Nurma, D., Yulius, W. S., & S. (2021). Effect of Marketing mix on BNI Syari ’ ah Bengkulu Customer Loyalty Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Nasabah BNI Syari ’ ah Pintu Batu Bengkulu. Journal of Indonesian Management, 1(3), 5–9.
Saragih, N. (2019). PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM KARYA MURNI MEDAN. 19, 60–69.
Schmitt, B. (1999). Experiential marketing, How to get customers to sense, feel, think, act, and relate to your company and brands. https://doi.org/https://doi.org/10.1362/026725799784870496
Tri, H., & Cep, Y. (2022). Dampak Co-Creation pada Pemasaran Produk Pangan Online terhadap Loyalitas dengan Mediasi Kepuasan pada Pelanggan Sayurbox. 8479(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35326/agribisnis.v6i1.2307
Wardhana, E. (2019). Pengaruh Nilai Utilitarian,Nilai Hedonis, Pengalaman Pelanggan, Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Sonny Vaio. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 20(2).
Yulianti, J. S., & Ayung, P. C. (2022). PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI SAY.CO. 9(April).
Zamri, K. Y. (2022). The Effects of 10 User Interface (UI) Elements on Game Design Process. EDUCATUM Journal of Science, Mathematics and Technology, 9(2), 82–89. https://ejournal.upsi.edu.my/index.php/EJSMT/index
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2024-07-01
How to Cite
Setiadji, A., Bintari, S., Kurniawan, E., & Rachman, T. (2024). PENGARUH MARKETING 4.0 DENGAN MEDIASI CUSTOMER JOURNEY YANG DIMODERASI OLEH USER INTERFACE TERHADAP CUSTOMER LOYALTY. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 1455-1468. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4190
Section
Articles