PENGARUH VARIASI PRODUK, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN

STUDI KASUS PADA PELANGGAN KENTUCKY FRIED CHICKEN DI KAB. BEKASI

  • Surya Andika Universitaas Pelita Bangsa, Bekasi
  • Pupung Purnamasari Universitaas Pelita Bangsa, Bekasi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Variasi Produk, Promosi dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis data dengan menggunakan media komputer yang menjalankan software SmartPLS versi 3.0. PLS (Partial Least Square) adalah alat analisis persamaan (SEM) berbasis varian yang memungkinkan penguji model struktural dan model pengukuran dilakukan secara bersamaan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan Kentucky Fried Chicken di Kab. Bekasi yang berjumlah kurang dari 100 sampel. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Variasi Produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas pelanggan (Y) yang mana variabel Variasi Produk sebesar 4,913 dan dinyatakan signifikan karena nilai t-statistik > 1,66 (4,913>1,66). Variabel Promosi (X2) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) variabel promosi sebesar 3,392 dan dinyatakan signifikan karena nilai t-statistik > 1,66 (3,392>1,66). Variabel Harga (X3) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) variabel Harga sebesar 2,270 dan dinyatakan signifikan karena nilai t-statistik > 1,66 (2,270>1,66). variabel Variasi Produk (X1), Promosi (X2), Harga (X3) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dan juga variabel Variasi Produk, Promosi, Harga sebesar 64,433 dan dinyatakan signifikan karena nilai F-statistik > 2,70 (64,433>1,66).

References

Arista, D., Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Tren Terbaru: Masyarakat Indonesia Lebih Suka Makanan Cepat Saji, H. tribunnews. com/tribunners/2016/01/28/tren-terbaru-masyarakat-indonesia-lebih-suka-makanan-cepat-saji., & Febrianto, E. S. (2023). No Title. Tribunnews.
Artik, Erkut, Duygun, A. (2022). The Effect of Price Perception on Customer Loyalty in Airline Cargo Transportation. Journal of Aviation, 6(2), 126–134. https://doi.org/10.30518/jav.1056998
Budiman, J., & Steven, S. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Pada Pelanggan PT. Nusantara Surya Sakti Cabang Pontianak. Jurnal Pemasaran Kompetitif.
Farisha, M., Hartoyo, & Arief, S. (2022). Apakah Pandemi Covid-19 Mengubah Perilaku Pembelian Konsumen Terhadap Produk Kosmetik ? Journal of Consumer Sciences, 7(2022), 1–19.
Ghozali, I. (2021a). Konsep, Teknik dan aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.0. Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2021b). Partial Least Square: Teknik dan aplikasi menggunakan program SmartPLS 3.2.9 untuk penelitian empiris 3/E. Badan Penerbit Undip.
Hasibuan, E. J., Simanjorang, E. F. S., & ... (2022). Pengaruh Variasi Produk, Harga, Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan Holat Afifah …. … Insight: Jurnal Ilmiah …, 17(2), 202–216. https://ejournal.unib.ac.id/Insight/article/view/22963%0Ahttps://ejournal.unib.ac.id/Insight/article/download/22963/11196
Hermanto, H., Apriansyah, R., Fikri, K., & Albetris, A. (. (2019). engaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen pada Fotocopy Anugrah Rengat. Journal of Economics and Business.
Kompasiana. (2023). No Title. Pola Konsumsi Fast Food Di Indonesia: Tantangan Dan Dampaknya Konten Ini Telah Tayang Di Kompasiana.Com Dengan Judul “Pola Konsumsi Fast Food Di Indonesia: Tantangan Dan Dampaknya”, Klik Untuk Baca: Https://Www.Kompasiana.Com/A63610/646642ab08a8b532af1a51.
kotler, keller, C. (2022). marketing management.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Manajemen Pemasaran. Erlangga, 14.
Kotler, P. A. (2012). prinsip-prinsip pemasaran. Erlangga
Kotler, P., Kartajaya, H., &, & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0 Beralih dari Tradisional ke Digital. Gramedia.
Kotler, Philip, Armstrong, & Gary. (2019). Marketing an Introduction.
Kotler, Philip, Hermawan, K., & Iwan, S. (2017). Marketing 4.0 di Ekonomi Digital. Pt. Gramedia Pustaka Utama.
Liu, Q., Zhao, Y., & Zheng, J. (2022). The Analysis on the Influence of Customer Satisfaction and Promotional Activities on Consumer Loyalty. Proceedings of the 2022 7th International Conference on Social Sciences and Economic Development (ICSSED 2022), 652(Icssed), 569–575. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.220405.094
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.
Mahanani, E., & Alam, I. K. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan D’besto Cabang Darmaga Caringin Bogor, Jawa Barat. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 19(01), 11–21. https://doi.org/10.36406/jam.v19i01.550
Maulyan, F. F., Drajat, D. Y., Angliawati, R. Y., & Sandini, D. (2022). Pengaruh Service Excellent Terhadap Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan: Theoretical Review. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 2685–6972. https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/index
Nurwulandari, A., & Maharani, S. (2021). Pengaruh Harga, Produk, Distribusi Dan promosi Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan pada Kedai Kopi Coffee 19 café (2020): Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 5(3); 465-493
Rahajeng, C. P. C., & Yulian, P. H. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Cv. Harwi Pratama. Jurnal GeoEkonomi, 11(1), 16–30. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v11i1.105
Rahmani, A. . (2022). Pengaruh Kenyamanan dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(2), 988–1001. https://journalkopin.acd/index.php/fairvalue
Rahmawati, Y. O., Kusniawati, A., & Setiawan, I. (2019). Pengaruh Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Sepeda Motor Yamaha (Studi pada Konsumen Bahana Ciamis). Business Management And Enterpreneurship Journal, 1(4), 102–115.
Rosida Maedina Agus. (2022). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Penjualan Hasil Laut Pada Pt. Napucinta Makassar. Journal Of Unicorn Adpertisi, vol.1 no.2, 16–22. file:///D:/JURNAL PENELITIAN DAN PKM/JURNAL PENELITIAN TAHAP 1/REFERENSI JURNAL LAPORAN PENELITIAN KE 1/401-Article Text-1077-1-10-20230311.pdf
Saputri, R. S. D. (2019). Harga, Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Semarang, Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab. Journal of Strategic Communication, 10(1), 316–327.
Seran, R. B., Sundari, E., & Fadhila, M. (2023). Jurnal Mirai Management Strategi Pemasaran yang Unik: Mengoptimalkan Kreativitas dalam Menarik Perhatian Konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(1), 206–211.
Sonatasia, D., Onsardi, & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Sudari, S. A., Tarofder, A. K., Khatibi, A., & Tham, J. (2019). Measuring the critical effect of marketing mix on customer loyalty through customer satisfaction in food and beverage products. Management Science Letters, 9(9), 1385–1396. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.5.012
Sukmawati, K. (2011). Pengaruh Kualitas Layanan, harga Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan jasa Transportasi Kreta Api Ekskutif.
Syafe’i, S. R. & D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Grab. Jurnal Manajemen Almatama, 1(1), 61–84. https://doi.org/10.58413/jma.v1i1.220
Tjiptono, F., Chandra, G. (2012). pemasaran strategik. CV. Andi Offset.
Yamini, E. A. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Pada Keputusan Pembelian Spontan. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 882–888. http://ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/view/137
Yoeliastuti, & Faridah. (2023). ANALISIS PENGARUH PERSEPSI DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA RESTORAN CEPAT SAJI KFC. 17(July), 1–23.
Published
2024-07-07
How to Cite
Andika, S., & Purnamasari, P. (2024). PENGARUH VARIASI PRODUK, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 1539-1552. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4189