ANALISIS PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK, HARGA, LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO SRC TIGA BERLIAN, BANYUBUNIH, KEC. GALIS
Abstract
Tujuan dalam penelitia ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kelengkapan produk, harga, lokasi dan pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Toko SRC Tiga Berlian Banyubunih, kec. Galis. populasi dalam penelitian ini adalah konsumen atau pelanggan di Toko SRC Tiga Berlian. Sedangkan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 50 responden.metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data yang digunakan adalah data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada konsumen atau pelanggan di Toko SRC Tiga Berlian. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah non probability sampling dengan teknik accidental sampling dan dilakukan sebanyak satu kali sampling yaitu di ambil dari konsumen atau pelanggan yang melakukan pembelian di Toko SRC Tiga Berlian. Pengolahan data menggunakan program statistic product and service solution (SPSS) 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelengkapan produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. hal ini di buktikan dengan nilai β = 0, 167 yang signifikan pada thitung 15,063 dan sig 0,000, kemudian variabel harga (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan nilai β = 0,033 yang signifikan pada thitung 3,207 dan sig 0,002, kemudian variabel lokasi (X3) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan nilai β = 0,334 yang signifikan pada thitung 29,274 dan sig 0,000, begitu juga dengan variabel pelayanan (X4 ) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan nilai β = 0,244 yang signifikan pada thitung 40,562 dan sig 0,000, dan dengan hasil uji hipotesis melalui analisis regeresi berganda di peroleh hasil kelengkapan produk, harga lokasi dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di buktikan melalui nilai uji F = 3349,293 dengan nilai signifikan 0,000, dan dari nilai koefisien determinasi R Square sebesar 0,588. Maka diketahui bahwa kelengkapan produk, harga, lokasi dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko SRC Tiga Berlian Banyubunih, kec. Galis. yaitu 0,588 atau 58% sisanya 42% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
References
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Arianto, N., & Patilaya, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Salt N Pepper Pada Pt Mitra Busana Sentosa Bintaro. 6(2), 143–154.
BPS Bangkalan. (2023). Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Bangkalan Tahun 2022. Berita Resmi Statistik, 06, 1–16.
Budiharja, R. &. (2016). Pengertian Kualitas Pelayanan. Riyono & Budiharja, 10(1), 232.
Ebert, Ronald J. , Griffin Ricky W., 2015. Pengantar Bisnis, edisi kesepuluh, Jakarta, Penerbit Erlangga
Elly, R. (2018). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan produk, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Imam Market Kisaran. Journal of Science and Social Research, 1(February), 7–12. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/Jssr%0apengaruh
Fakhru,M & Yasin, H, pengaruh promosi dan harga terhadap minat beli perumahan obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim medan, (Medan: Jurnal Manajemen & Bisnis, 2014),h.136-137
Fandi, Tjiptono. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT Rajagrafindo Persada
Kotler dan Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga
Kotler, & Amstrong. 2014. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Proses Keputusan Pembelian.
Kotler, Keller. 2016. markrting management 15e global edition. england. pearson education limited
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Muhammad Firdaus, dkk, “Dasar & Strategi Pemasaran Syariah”, (Jakarta: Renaisan Anggota IKPAI, 2018), 53.
Munawaroh 2013. Manajemen Operasi. Edisi 2. LP3M UMY, Yogyakarta
Nugroho, S. (2013). Keputusan pembelian Menurut Kloter. Keputusan Pembelian Menurut Kloter, keputusan pembelian.
Riyono, & Budiharja. (2016). Pengaruh Kualitas , Harga, Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua. Jurnal STIE Semarang, Vol 8, NO. 2, Edisi Juni 2016 , 101.
Riyono, & Budiharja. (2016). Pengaruh Kualitas , Harga, Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua. Jurnal STIE Semarang, Vol 8, NO. 2, Edisi Juni 2016 , 101.
Rosa dan Juwardi, Pengaruh Kelengkapan Produk dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Konsumen (Studi kasus pada Toko H. Uding Cisauk Tanggerang), Jurnal Pemasaran Kompotitif, Vol. 1 No. 1 Tahun 2017, dalam http://openjournal.unpam.ac.id diakses pada tanggal 29 Maret 2022 pada pukul 11.28
Rufliansah, F. F., & Daryanto Seno, A. H. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Rainbow Creative Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 389–401. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28226
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Tjiptono, Fandy. (2017). Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Andi Offset.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.