ANALISA SERVICE QUALITY PT. KAI MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS PADA STASIUN BANDUNG

  • Hajid Gunawan Universitas Telkom
  • Nurafni Rubiyanti Universitas Telkom

Abstract

Semakin beragamnya perusahaan transportasi seperti kereta api, pesawat, busway, Go-Jek, Grab, Travel, Taxi, dan lain-lain, ada persaingan yang ketat di industri transportasi saat ini. Perusahaan harus terus memperbaiki layanan mereka untuk tetap bertahan dalam persaingan. Oleh karena itu, service quality yang ditawarkan kepada pelanggan adalah kunci utama untuk menjadi perusahaan yang lebih unggul. Kemampuan suatu perusahaan transportasi saat ini menentukan kelangsungan hidup perusahaan tersebut.Tujuan Penelitian untuk mengetahui apakah kualitas layanan yang di berikan oleh PT KAI sudah memenuhi harapan pelanggan dan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan tentang artibut-atribut pelayanan yang telah diberikan oleh PT KAI. Martilla dan James pertama kali menerapkan metode Importance Performance Analysis (IPA) (1977 dalam Tjiptono, 2019). Metode ini bertujuan untuk mengukur hubungan antara persepsi pelanggan dan prioritas peningkatan kualitas jasa atau produk teknik ini dikenal sebagai analisis quadrant Brant dan Latu Everett (2015 dalam Tjiptono, 2011). Berdasarkan hasil penelitian yang menjadi prioritas sutama dalam kuadran A memiliki 7 indikator yakni (X.6), (X.10 (X.18), Ketersediaan layanan bantuan petugas 24 jam (X.24), (X.5), (X.25), (X.2) dan (X.14). Sehingga indikator yang berada di dalam kuadran A harus segera memperbaiki layanan dan fasilitas stasiun kereta kota Bandung.stasiun harus meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugasnya. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan yang lebih baik kepada petugas, sehingga mereka dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih ramah. Kedua, stasiun harus meningkatkan infrastruktur dan fasilitas yang tersedia. Hal ini dapat dilakukan dengan memperbarui sistem tiket, meningkatkan kualitas toilet dan fasilitas lainnya, serta meningkatkan kebersihan di dalam stasiun.

References

Azlan, N. N. I. M., Norhisham, S., Roslan, R., Yulzainelel, M. Y., Bakar, M. F. A., Ismail, N., Rais, N. M., Yulkawa, S., Wakijan, A., & Masjulki, S. A. (2024). Asselssing culstomelr satisfaction on selrvicel qulality of Light Rail Transit (LRT) transportation in Malaysia. AIP Confelrelncel Proceleldings, 3114(1), 203362. https://doi.org/10.1063/5.0203362
Bahadulr, W., & Ali, A. (2023). Invelstigating thel elffelct of selrvicel qulality dimelnsions on
travelllelrs’ satisfaction with coulchsulrfing accommodation and sulbjelctivel welll- beling in a sharing elconomy. Elconomic Relselarch-Elkonomska Istrazivanja , 36(3). https://doi.org/10.1080/1331677X.2023.2217892
Bahri, S. (2018). Meltodologi Pelnellitian Bisnis - Lelngkap delngan Telknik Pelngolahan Data SPSS. Yogyakarta: ANDI.
Bhat, S., Antony, J., Maaloulf, M., El.V, G., & Salah, S. (2023). Applications of six sigma for selrvicel qulality elnhancelmelnt in thel UlAEl: a mulltiplel casel stuldy analysis and lelssons lelarneld. Intelrnational Joulrnal of Lelan Six Sigma, 14(7), 1492–1517. https://doi.org/10.1108/IJLSS-06-2022-0144
Biscaia, R., Yoshida, M., & Kim, Y. (2023). Selrvicel qulality and its elffelcts on consulmelr oultcomels: a melta-analytic relvielw in spelctator sport. Elulropelan Sport Managelmelnt Qulartelrly, 23(3), 897–921. https://doi.org/10.1080/16184742.2021.1938630
Chi Culi, C., Lelwis, B. R., & Park, W. (2003). Selrvicel qulality melasulrelmelnt in thel banking selctor in Soulth Korela. Intelrnational Joulrnal of Bank Markelting, 21(4), 191– 201. https://doi.org/10.1108/02652320310479187
del Oña, J., Elstévelz, El., & del Oña, R. (2020). Pelrcelption of Pulblic Transport Qulality of Selrvicel among Relgullar Privatel Velhiclel Ulselrs in Madrid, Spain.
Transportation Relselarch Relcord, 2674(2), 213–224. https://doi.org/10.1177/0361198120907095
Delwi, F., Oelsman, Y., & Suldjana, G. (2011). Patielnt satisfaction analysis on selrvicel qulality of delntal helalth carel baseld on elmpathy and relsponsivelnelss. Delntal Relselarch Joulrnal, 8(4), 172. https://doi.org/10.4103/1735-3327.86032
Dirbawanto, Nana Dyki. Analisis Kulalitas Pellayanan Jasa PT. Kelrelta Api Indonelsia (Pelrselro) Melnggulnakan Meltodel Selrvicel Qulality (SElRVQUlAL) dan Importancel Pelrformancel Analysis (IPA) dalam Melningkatkan Kelpulasan Pellanggan di Stasiuln Meldan. Diss. Ulnivelrsitas Sulmatelra Ultara, 2020.
Dulli, N. (2019). Meltodologi Pelnellitian Kulantitatif. Yogyakarta: Delelpulblish.
Ginting, Y. M., Chandra, T., Miran, I., & Yulsriadi, Y. (2023). Relpulrchasel intelntion of el- commelrcel culstomelrs in Indonelsia: An ovelrvielw of thel elffelct of el-selrvicel qulality, el-word of moulth, culstomelr trulst, and culstomelr satisfaction meldiation. Intelrnational Joulrnal of Data and Neltwork Scielncel, 7(1), 329–340. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.10.001
Gulpta, A., Singh, R. K., Mathiyazhagan, K., Sulri, P. K., & Dwiveldi, Y. K. (2023). Elxploring rellationships beltweleln selrvicel qulality dimelnsions and culstomelrs satisfaction: elmpirical stuldy in contelxt to Indian logistics selrvicel providelrs. Intelrnational Joulrnal of Logistics Managelmelnt, 34(6), 1858–1889. https://doi.org/10.1108/IJLM-02-2022-0084
Hadining, A. F. (2020). Analisis Kelpulasan Pellanggan Abc Laulndry Delngan Melnggulnakan Meltodel Selrvicel Qulality, Importancel Pelrformancel Analysis (Ipa) Dan Culstomelr Satisfaction Indelx (Csi). J@ti Ulndip : Julrnal Telknik Indulstri, 15(1), 1. https://doi.org/10.14710/jati.15.1.1-10
Ho, L. H., Chang, P. Y., & Yeln, T. M. (2016). Ulsing modifield IPA to delfinel qulality improvelmelnt stratelgiels: A stuldy of air-conditioning indulstry in Taiwan. TQM Joulrnal, 28(2), 180–194. https://doi.org/10.1108/TQM-04-2014-0039
Jeln, W., Tul, R., & Lul, T. (2011). Managing passelngelr belhavioral intelntion: An intelgrateld framelwork for selrvicel qulality, satisfaction, pelrceliveld valulel, and switching barrielrs. Transportation, 38(2), 321–342. https://doi.org/10.1007/s11116-010-9306-9
Kulrniawan, Wahyul Dimas, and Kulrnia Hadi Pultra. "Elvalulasi Kinelrja Pellayanan Stasiuln Kelrelta Api Sidoarjo Belrdasarkan Standar Pellayanan Minimulm Dan Ipa (Importancel Pelrformancel Analysis)." Prosiding Selminar Telknologi Pelrelncanaan, Pelrancangan, Lingkulngan dan Infrastrulktulr. 2021.
Mamangkely, Elvan AJ, Jamels DD Massiel, and Heldra N. Tawas. "Analisa Kulalitas Layanan Delngan Melnggulnakan Meltodel Selrvqulal (Selrvicel Qulality), Ipa (Importancel Pelrformancel Analysis) Dan Pgcv (Potelntial Gain Culstomelr Valulel) Telrhadap Kinelrja Pt. Pelgadaian (Pelrselro) Cabang Melgamas Manado." Julrnal ElMBA: Julrnal Riselt Elkonomi, Manajelmeln, Bisnis dan Akulntansi 9.2 (2021).
Marzulq, Hanif Ijlal. ElVALUlASI KUlALITAS LAYANAN KElRElTA API TAKSAKA DElNGAN MElTODEl IMPORTANCEl PElRFORMANCEl ANALYSIS (IPA). Diss. Ulnivelrsitas Islam Indonelsia, 2019.
McLelay, F., Robson, A., & Yulsoff, M. (2017). Nelw applications for importancel-pelrformancel analysis (IPA) in highelr eldulcation: Ulndelrstanding stuldelnt satisfaction. Joulrnal of Managelmelnt Delvellopmelnt, 36(6), 780–800. https://doi.org/10.1108/JMD-10-2016-0187
Muldjanarko, S. W., Sullastri, D., & Wahyulni, A. (2020). Meltodel Importancel Pelrformancel Analysis (IPA) Ulntulk melngulkulr kinelrja prasarana kelrelta api mellaluli kelpulasan pellanggan. Scopindo Meldia Pulstaka.
Mulrray, J., Ellms, J., & Culrran, M. (2019). Elxamining elmpathy and relsponsivelnelss in a high- selrvicel contelxt. Intelrnational Joulrnal of Reltail and Distribultion Managelmelnt, 47(12), 1364–1378. https://doi.org/10.1108/IJRDM-01-2019-0016
Multmainnah, S. (2020). Pelmilihan Moda Transportasi Kelrelta Api Melnuljul Pellabulhan Bakaulhelni. JICEl (Joulrnal of Infrastrulctulral in Civil Elnginelelring), 1(01), 33.
Ngulyeln, D. T., Pham, V. T., Tran, D. M., & Pham, D. B. T. (2020). Impact of selrvicel qulality, culstomelr satisfaction and switching costs on culstomelr loyalty. Joulrnal of Asian Financel, Elconomics and Bulsinelss, 7(8), 395–405. https://doi.org/10.13106/JAFElB.2020.VOL7.NO8.395
Roza, A., Rulsli, A. M., & Karim, M. R. (2017). Analisis Relvelal dan Stateld Prelfelrelncel Telrhadap Atribult Travell Timel dan Travell Cost Pada Kompeltisi Moda Buls dan Kelrelta Api: Stuldi Kasuls Malaysia. Julrnal Relkayasa Sipil (JRS-Ulnand), 13(1), 13.
Salsa, S., Aditya, H., Zullvia, P., & Octaviandy, C. (n.d.). Pelnelrapan Importancel Pelrformancel Analysis ( IPA ) pada El-Selrvicel Qulality Pelmbellian Tikelt Kelrelta Lokal Mellaluli KAI Accelss Application of Importancel Pelrformancel Analysis ( IPA ) in El-Selrvicel Qulality for Local Train Tickelt Pulrchasels via KAI Accelss. 194–200.
Seltiono, B. A., & Hidayat, S. (2022). Influlelncel of Selrvicel Qulality with thel Dimelnsions of Relliability, Relsponsivelnelss, Assulrancel, Elmpathy and Tangiblels on Culstomelr Satisfaction. Intelrnational Joulrnal of Elconomics, Bulsinelss and Managelmelnt Relselarch, 06(09), 330–341. https://doi.org/10.51505/ijelbmr.2022.6924
Shi, R., Felng, X., Li, K., & Tao, Z. (2022). Elvalulation of passelngelr selrvicel within thel arela of Belijing welst railway station. Smart and Relsilielnt Transportation, 4(1), 2–11. https://doi.org/10.1108/srt-07-2021-0006
Sianipar, G. J. . (2019). PElNGARUlH KUlALITAS PElLAYANAN, PElRSElPSI HARGA DAN CITRA MElRElK TElRHADAP KElPUlASAN PElLANGGAN PElNGGUlNA JASA TRANSPORTASI OJElK ONLINEl (Stuldi Pada
Pellanggan GrabBikel Di Kota Meldan). Julrnal Manajelmeln Dan Bisnis, 19, 183–196.
Sirelgar, Syofian. (2014). Meltodel Pelnellitian Kulantitatif : Dilelngkapi Pelrbandingan Pelrhitulngan Manulal & SPSS, Eldisi Pelrtama. Jakarta : Kelncana
Sulgiyono. (2019). Meltodel Pelnellitian Kulantitatif, Kulalitatif, dan R&D. Bandulng: Alfabelta.
Tavitiyaman, P., Law, T. S. V., Fong, Y. F. Beln, & Ng, T. K. C. (2024). Selrvicel qulality attribultels on culstomelrs’ pelrceliveld valulel and belhavioral intelntion of district helalth celntrels: a modelrating elffelct of helalth-carel sulbsidy. Intelrnational Joulrnal of Qulality and Selrvicel Scielncels. https://doi.org/10.1108/IJQSS-10- 2023-0170
Wandani, F. D., Indonelsia-sttd, P. T. D., Stuldi, P., Telrapan, S., & Darat, T. (2022). Antara Angkultan Buls Delngan Kelrelta Api Pada Lintas Bojonelgoro-Sulrabaya.
Wang, Y. (2023). Relselarch on delsign melthodology for railway frelight selrvicel combination plans to melelt divelrsel delmands. Railway Scielncels, 2(4), 525–538. https://doi.org/10.1108/rs-10-2023-0039
Wibowo, Seltiyo, and Nulr Mulflihah. "Analisis kulalitas pellayanan telrhadap kelpulasan pellanggan melnggulnakan meltodel selrvqulal di Sanjaya Fitnels Jombang." Julrnal Pelnellitian Bidang Inovasi & Pelngellolaan Indulstri 1.2 (2022): 61-68.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2024-06-29
How to Cite
Gunawan, H., & Rubiyanti, N. (2024). ANALISA SERVICE QUALITY PT. KAI MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS PADA STASIUN BANDUNG. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 1389-1399. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4173
Section
Articles