STRATEGI PEMASARAN PETERNAK AYAM BROILER DI SURYA ENDANG FARM KABUPATEN DELI SERDANG

  • Rifqi Auva Hanief Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan
  • Nadia Ika Purnama Ika Purnama Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran peternak ayam broiler di Surya Endang Farm Kabupaten Deli Serdang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan melakukan studi kasus kepada objek yang akan diteliti. Metode ini berfokus pada pemahaman mendalam dan interpretasi terhadap fenomena yang sedang diamati. Kasus-kasus yang terjadi dalam cara pemasaran akan digali dan selanjutnya dianalisis secara deskriptif dengan alat bantu bauran pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa para pelaku usaha ayam broiler masih cenderung melakukan pemasaran dengan datang ketempat melalui pasar konvensional atau langsung datang kerumah. Dalam merancang strategi pemasaran terlebih dahulu diperlukan diantaranya kualitas produk yang baik, mempersiapkan pelayanan yang baik, lokasi yang cukup strategis, dan proses pendistribusian yang cepat. Penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pemasaran belum sepenuhnya menggunakan media digital.

References

Ardani, Wayan. (2019). Strategi Bisnis Bauran Pemasaran Berwawaskan Pemasaran Hijau. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 3(1), 289-301. https://doi.org/10.31955/mea.vol3.iss1.pp289-301
Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.
Egha, H., Widiastomo, H., & Achsa, A. (2021). Strategi pemasaran terhadap tingkat penjualan. Kinerja, 18(1), 15–23. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA/article/view/7523
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran / Alih Bahasa, Bob Sabran (Edisi ke-1). Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17e ed.). Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2006). Marketing Management (12e ed.). Pearson Prentice Hall.
Meutia, R., & Syardiansah, S. (2021). Strategi Peningkatan Volume Penjualan Melalui Bauran Pemasaran Pada Langsa Town Square. Jurnal Manajemen Motivasi, 17(1), 27. https://doi.org/10.29406/jmm.v17i1.2649
Peter, & Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran / Diterjemahkan oleh: Diah Tantri Dwiandani (Edisi Kese). Salemba Empat.
Purnawati, E., Ahmadi, A., & Irdhayanti, E. (2023). Strategi Pemasaran Peternak Ayam Ras Broiler Di Dusun Karya Baru Desa Teluk Batang Kota. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(10), 1171–1184. https://doi.org/10.55681/armada.v1i10.889
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi 4). Andi.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran (Edisi 1). Andi.
Tjiptono, F., & Gregorius, C. (2012). Pemasaran Strategik (Edisi ke-2). Andi.
Published
2024-07-01
How to Cite
Hanief, R., & Purnama, N. I. P. (2024). STRATEGI PEMASARAN PETERNAK AYAM BROILER DI SURYA ENDANG FARM KABUPATEN DELI SERDANG. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 1441-1454. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4166
Section
Articles