CREDIT UNION SEBAGAI MODEL PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN DALAM MEMBANGUN KEPUASAAN KONSUMEN PERSPEKTIF BISNIS ISLAM

STUDI KASUS DI KSP CU SAWIRAN TP LAWANG

  • Sri Wulandari Universitas Yudharta Pasuruan
  • Ifdlolul Maghfur Universitas Yudharta Pasuruan
  • M Dayat Universitas Yudharta Pasuruan

Abstract

Credit Union Sawiran Jawa Timur merupakan salah satu koperasi yang selalu berupaya untuk terus mengoptimalkan pelayanan prima sehingga tujuan koperasi dapat tercapai, yaitu mendorong peningkatan kesejahteraan anggota koperasi. Penelitian ini membuktikan bahwa dengan budaya kelembagaan yang terimplementasi dengan baik, CU Sawiran memiliki daya tarik (1) Terbukti credit union ini merupakan bentuk semangat yang diadopsi oleh KSP CU Sawiran ketika memulai bisnis operasionalnya.

            Lembaga ini menggunakan semangat Credit Union (self help) melalui semangat yang secara alami berasal dari dalam diri mereka (2) Layanan yang diberikan dengan semangat Credit Union yang dianut oleh CU Sawiran sesuai dengan beberapa prinsip pelayanan sesuai prinsip Islam, yaitu Prinsip Pertolongan (Ta'awun), Prinsip Memberi Kemudahan (At-taysir),  Prinsip Kesetaraan (Musawah), Prinsip Saling Mencintai (Muhabbah), Prinsip Lemah Lembut (Al-layin), Prinsip Keluarga (Ukhuwah). Islam menekankan validitas suatu layanan yang memiliki niat baik (3) Credit Union bahwa lembaga keuangan dapat mengambil bentuk apapun, tidak harus koperasi. Segala bentuk lembaga keuangan dapat mengikuti semangat Credit Union dimana pendampingan, pendidikan anggota dan sebagainya harus dilakukan

References

Angel, James F., Roger D. Blackwell, and Paul W. Miniard. 1994. Perilaku Konsumen. Edited by Binarupa Aksara. Jakarta: Binarupa Aksara.
Chrismastianto, Imanuel Adhitya Wulanata. 2017. “Analisis SWOT Implementasi Tekonologi Finansial Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Di Indonesia.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 20, no. 1.
Hariyono, Pandu Ardana, Nur Laely, and Eni Prastiti. 2019. “Analisis Pengaruh Variabel Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kedai Ice Cream Gubuk Bambu Kab. Kediri.” JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi 1, no. 2: 189. https://doi.org/10.30737/jimek.v1i2.314.
Lestari, Deni Putri. 2021. “Optimalisasi Sistem Operasional Koperasi Dalam Kesejahteraan Ekonomi Anggota Di Cu Sawiran (Studi Kasus: Di Credit Union Sawiran Tp Batu).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis 9, no. 2.
Naeshela, Feny. 2016. “Peranan Koperasi Simpan Pinjam Credit Union (Cu) Femung Pebaya Cabang Mentarang Di Kecamatan Mentarang Kabupaten Malinau.” EJoirnal Pemerintahan Integratif 4, no. 2: 155–65.
Novianingsih, Veronika Septi. 2019. “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN ANGGOTA TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA MELALUI KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus Pada KSP CU PANGUDI LUHUR KASIH Pusat Di Semarang).” Respiratory : UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Septyarini, Epsilandri, and Bernadetta Diansepti Maharani. 2019. “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Ekonomi Kerakyatan Dengan Peran Credit Union.” Manajemen Dewantara 3, no. 2: 250–61. https://doi.org/10.26460/md.v3i2.6023.
Sudaryono. 2015. Pengantar Bisnis : Teori Dan Contoh Kasus. 1st ed. Yogyakarta: Andi Offset.
Suzanto, Boy. 2011. “Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kota Banjar.” Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship 5, no. 1.
Vuspitasari, Benedhikta Kikky, Veneranda Rini Hapsari, and Angelus Ewid. 2019. “Partisipasi Anggota Dalam Mengembangkan Credit Union.” Business, Economics and Entrepreneurship 1, no. 1: 8–15. https://doi.org/10.46229/b.e.e..v1i1.88.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2024-06-29
How to Cite
Wulandari, S., Maghfur, I., & Dayat, M. (2024). CREDIT UNION SEBAGAI MODEL PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN DALAM MEMBANGUN KEPUASAAN KONSUMEN PERSPEKTIF BISNIS ISLAM. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 1357-1372. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4164
Section
Articles