PENGARUH BRAND CREDIBILITY, INFLUENCER CREDIBILITY DAN BRAND EXPERIENCE TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI DENGAN MEDIASI BRAND ATTITUDE

  • Dian Khoirul Fuadi Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sri Padmantyo Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Studi ini menyelidiki dampak brand credibility, influencer creadibility, dan brand experience terhadap keputusan pembelian yang di mediasi oleh brand attitude, khususnya pada produk iPhone. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mensurvei 110 responden pada wilayah Soloraya dan analisis data Penelitian ini menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand credibility dan influencer credibility tidak mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan brand experience berpengaruh positif pada keputusan pembelian. Brand attitude memediasi pengaruh brand credibility dan brand experience terhadap keputusan pembelian, namun tidak memediasi pengaruh influencer credibility.

References

Akuntansi, J. E., Manajemen, D., Kurniawati, D., Hendratmoko, C., Tinggi, S., & Surakarta, I. E. (n.d.). PENGARUH PERCEIVED QUALITY, INFLUENCER CREADIBILITY, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KEDAI DIMSUM AD SRAGEN. https://journal.uniku.ac.id/index.php/jeam
ANALISIS PENGARUH BRAND CREDIBILITY TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DENGAN HARGA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA MASKAPAI NAM AIR ABSTRAK. (n.d.).
Aprilia, M., Wilandari, A., Kunci, K., Pengalaman, :, Produk, K., & Pembelian, K. (n.d.). Pengaruh Brand Experience dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skin Game di Jabodetabek.
Ardani, S. S., Khairani, R., Naufal Alfaiz, D., Nofirda, F. A., Manajemen, P. S., & Riau, U. M. (n.d.). Analisis Pengalaman Konsumen, Kepercayaan Konsumen, Kualitas Produk terhadap Perilaku Konsumen pada TikTok Shop.
Bohdan Gumilang, P., & Listyorini, S. (2022). PENGARUH PERCEIVED QUALITY DAN BRAND EXPERIENCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR YAMAHA MIO (Studi pada Yamaha Flagship Shop (FSS) Kota Semarang). In Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis (Vol. 11, Issue 3). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab
Cahyadiningrum, T., & Rahardjo, S. T. (n.d.). ANALISIS PENGARUH INFLUENCER CREADIBILITY PADA INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI DENGAN KEPERCAYAAN MEREK DAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Perawatan Tubuh Wardah). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 12(3). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Cindy M. A. 2024. Ini Merek Smartphone Terlaris Global di Kuartal IV-2023, iPhone Juaranya. Diakses pada 19 April 2024 dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/17/ini-merek-smartphone-terlaris-global-di-kuartal-iv-2023-iphone-juaranya
Immanue, D. M., & S., A. B. H. (2021). THE IMPACT OF USING INFLUENCER ON CONSUMER PURCHASE INTENTION WITH ATTITUDE TOWARDS INFLUENCER AND BRAND ATTITUDE AS MEDIATOR. JURNAL APLIKASI MANAJEMEN, 19(4), 766–781. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2021.019.04.06
Mahendra Innukertarajasa, I., Hayuningtias, K. A., & Semarang, U. S. (2023). The Effect Of Trust, Consumer Attitude, And Online Consumer Review On Purchase Decisions In E-Commerce Shopee (Case Study On College Students In Semarang) Pengaruh Kepercayaan, Sikap Konsumen Dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Semarang)id 2 *Corresponding Author. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 6). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Mempengaruhi, P. M., Merek, S., Merek, K., Rakhmawatiÿ, H., Tuti, M., Mengutip, C., Rakhmawati, :, Tuti, H., Persepsi, ), Loyalitas, D., Dimiliki, Y., Kosmetik, P., & Jurnal, M. (n.d.). Kepuasan, dan Loyalitas Merek pada Perubahan Pelanggan. http://jdm.unnes.ac.id
Monika, & Kurniawati. (2023). PENGARUH BRAND CREDIBILITY DAN BRAND EXPERIENCE TERHADAP BRAND LOYALTY YANG DIMEDIASI OLEH ATTITUDE TOWARDS BRAND (Vol. 6, Issue 1).
Nafees, L., Cook, C. M., Nikolov, A. N., & Stoddard, J. E. (2021). Can social media influencer (SMI) power influence consumer brand attitudes? The mediating role of perceived SMI credibility. Digital Business, 1(2). https://doi.org/10.1016/j.digbus.2021.100008
Prasetio, A. N., & Indriani, F. (n.d.). ANALISIS PENGARUH INFLUENCER CREADIBILITY DAN DISCLOSURE OF SPONSORSHIP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI BRAND ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Generasi Z di Instagram). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 11(5). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Itc Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Vikaliana, R., Panjaitan, R., Adam, E., Fasa, M. I., & Roslan, A. H. (2021). Brand loyalty in the smartphone user’s: The role of brand credibility and consumer convenience. Estudios de Economia Aplicada, 39(4). https://doi.org/10.25115/eea.v39i4.4477
Galih ,A. W., Ika .Y. 2023 Data BPS Jateng: 75.000-an Warga Solo Tak Pakai HP. Diakses pada 19 April 2024 dari https://bisnis.solopos.com/data-bps-jateng-75-000-an-warga-solo-tak-pakai-hp-ini-penjelasannya-1551130/amp
Published
2024-06-15
How to Cite
Fuadi, D., & Padmantyo, S. (2024). PENGARUH BRAND CREDIBILITY, INFLUENCER CREDIBILITY DAN BRAND EXPERIENCE TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI DENGAN MEDIASI BRAND ATTITUDE. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 976-993. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4102
Section
Articles