ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SIKLUS PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA CV. CAHAYA GEMILANG FARM DI BLITAR

  • Fitriana Larasati UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang
  • Yuliati Yuliati UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang

Abstract

Perusahaan peternakan unggas menyebar di seluruh Indonesia, terutama di Kabupaten Blitar di Jawa Timur yang bergantung pada peternakan ayam petelur. Tujuan dari pembangunan peternakan adalah meningkatkan pendapatan dan lapangan kerja bagi masyarakat. Pengelolaan bisnis membutuhkan teknologi untuk mengolah informasi secara cepat dan akurat. Sistem akuntansi menyediakan data dan informasi keuangan yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam pengelolaan perusahaan dan mendukung kelancaran aktivitas perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui Sistem Informasi Akuntansi Siklus Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada CV Cahaya Gemilang Farm di Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hal ini memiliki tujuan untuk menggambarkan secara sistematis tentang sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas. Subjek penelitian ini ada tiga orang, terdiri dari Direktur, Wakil Direktur dan Accounting Finance. Pengumpulan data menggunakan beberapa cara, yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem penerimaan dan pengeluaran kas pada CV Cahaya Gemilang Farm sudah berjalan dengan cukup baik meskipun masih menggunakan metode pencatatan manual. Transaksi-transaksi perihal dokumentasi serta kegiatan alur pendapatan dan pengeluaran, terutama penerimaan dan pengeluaran kas sudah memiliki dokumen yang cukup untuk kebutuhan pada saat terjadinya transaksi. Penulis merekomendasikan perlu adanya komputerisasi untuk mempermudah kegiatan transaksi serta pengarsipan dokumen.

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Blitar. (2021). Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Blitar Menurut Lapangan Usaha 2017-2021
Badan Pusat Statistik Kabupaten Blitar. (2022). Statistics Of Blitar Regency.
Badan Pusat Statistik. (2021). Direktori Perusahaan Pertanian Peternakan, 2021.
Bodnar, George H. dan William Hopwood S. 2000. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Fess, W. R., Reeve, J. M., & Warren, C. S. (2005). Pengantar Akuntansi. Edisi ke-12 Terjemahan Aria Farahmita, Ama Nugrahani dan Taufik Hendrawan. Jakarta: Salemba Empat.
Jogiyanto. 2000. Sistem Informasi Berbasis Komputer. Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE.
Kendall, K. . K. dan J. . (2009). Analisis Perancangan Sistem (Pesrson Education Asia Pte. Ltd. (ed.); Edisi 5). PT. Prehalindo, Jakarta.
Krismiaji, 2015. Sistem Informasi Akuntansi (Edisi 4): Yogyakarta
Miles,M.B, Huberman,A.M, dan S. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (3rd ed.). USA: Sage Publications.
Moleong, L. J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif.
Mulyadi. (2016). Sistem Akuntasi. In Salemba Empat.
Nisa, K. (2017). Analisis dan perancangan sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas PT. Adiyasa Cipta Gemilang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Prasasti, L. (2021). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran
Kas Pada Pt. Anjungan Buana Wisata. Journal Of Applied Accounting And Business, 3(1), 49-55.
Romney, Marshall B. ; Steinbart, Paul John.Sistem Informasi Akuntansi / Marshall B. Romney, Paul John Steinbart; Penerjemah: Kikin Sakinah Nur Safira .2014.
Rudianto. (2012). Pengantar Akuntansi Konsep dan Teknik Penyusunan Laporan Keuangan. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Saleh, Sirajuddin. (2017). Analisis Data Kualitatif. Bandung. Pustaka Ramadhan.
Sugiono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sujarweni, V. Wiratna. 2016. Pengantar Akuntansi. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2024-06-15
How to Cite
Larasati, F., & Yuliati, Y. (2024). ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SIKLUS PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA CV. CAHAYA GEMILANG FARM DI BLITAR. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 945-958. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4088
Section
Articles