LOYALITAS PELANGGAN SEPATU VANS PADA KOMUNITAS SKATEBOARD DI KOTA BANDUNG

  • Indri Ferdiani Universitas Islam Nusantara
  • Shidqi Sabilul Haqi Universitas Islam Nusantara

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui loyalitas pelanggan sepatu vans pada komunitas skateboard di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan memperoleh data melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu anggota komunitas skateboard di Kota Bandung. Sampel yang diambil sebanyak 235 orang. Teknis analisis data menggunakan aplikasi statistik berupa software SPSS 24. Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan antara variabel independen terhadap variabel dependen. Nilai signifikan untuk variabel gaya hidup adalah 0,003 dimana 0,003 < 0,05 artinya hipotesis pertama (H1) diterima, maka kesimpulannya adalah gaya hidup mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Nilai signifikan untuk variabel kelompok referensi adalah 0,000 dimana 0,000 < 0,05 artinya hipotesis kedua (H2) diterima, maka kesimpulannya adalah kelompok referensi mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Nilai signifikan untuk variabel kepercayaan merek adalah 0,000 dimana 0,000 < 0,05 artinya hipotesis ketiga (H3) diterima, maka kesimpulannya adalah kepercayaan merek mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kemudian hasil uji simultan nilai signifikansinya adalah 0,005 artinya variabel gaya hidup, kelompok referensi dan kepercayaan merek secara simultan mempengaruhi loyalitas pelanggan.

References

Adiputra, I. M. S., eta al. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan. Yayasan Kita Menulis.
Agatha, Felicia. (2020). Pengaruh Brand Trust Terhadap Customer Loyalty Dimediasi Oleh Customer Satisfaction Pada Pengguna Shopee di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran. Vol. 7, No. 1. Petra Christian University.
Alaviyah, Tuti. (2021). Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Chatime di Pekanbaru. Jurnal Manajemen Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Riau.
Anggelina, Rani. (2020). Pengaruh Kelompok Referensi, Gaya Hidup dan Sikap Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame Pada Masyarakat Kota Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Astuti, Widia. (2020). Pengarug Gaya Hidup dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Ayu, I Gusti., Nita, Ni Putu., & Ribek, Pande Ketut. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pada Visa Agent Bali, Canggu. Jurnal EMAS, Vol. 3, No. 1 Januari 2022. Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Endah, Saptutyningsih. (2020). Penelitian Kuantitatif: Metode dan Alat Analisis. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Fajrina, Syarifah Alya. (2020). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pada Kopi Bubuk Kapal Api (Studi Kasus Kedai Kopi Joy Jalan Teuku Umar Pekanbaru). Universitas Islam Riau-Pekanbaru.
Gifari, Zakawali. (2022). Tren Belanja Online di Indoenesia Sepanjang Tahun 2022. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah Kota Surabaya.
Ghozali. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Goldring, D., & Azab, C. (2021). New rules of social media shopping: Personality differences of U.S. Gen Z versus Gen X market mavens. Journal of Consumer Behaviour, 20(4), 884–897. https://doi.org/10.1002/cb.1893
Harjati, Lily., & Laurencia, Ezra. (2020). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepatu Nike Pada Mahasiswa Kwik Kian Gie School Of
Business. Industrial Management. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Jakarta.
Irfan, Maulana. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Amaris Hotel Setiabudhi Bandung. Universitas Komputer Indonesia.
Junaedi, A. T., E. Wijaya, P. H. Santoso, & S. Chandra. (2022). Improving Customer Loyalty Wardah Brand Trough Brand Image and Price Fairness: Customer Satisfication as an Intervening Variable. Jurnal Aplikasi Manajemen, (20)2, hlm. 379-387.
Kajianpustaka.com.
K, Ryan., & M, Riki. (2022). Pengaruh Service Quality dan Reference Group Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Berbelanja di Lotte Mart. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan. Vol. 4, No. 9 April 2022, Hal. 3826-3833. Universitas Widyatama.
Kharisma, Richness & Hariyanti. (2020). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kepercayaan, dan Kualitas Produk Terhadap Word Of Mouth Communication: Studi Pada Produk Sepatu Vans di Surakarta. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. STIE AUB Surakarta.
Mansyur, dkk. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Love, Brand Trust dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Vans di Malang (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Jurusan Manajemen Angkatan 2018). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen. Universitas Islam Malang.
Marpaung, Sri Wahyuni. (2021). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pada PT. Bank Syariah Indonesia. UIN Sumatera Utara.
Mashuri. (2020). Analisis Dimensi Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita. Juni 2020, Vol. 9, No. 1:54-64. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Syariah Bengkalis.
Masitoh, Dewi., & Kurniawan. (2023). Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Melalui Perceived Quality dan Brand Trust Pada Pengguna E-Wallet di Indonesia. Jurnal Ekonomi Trisakti, Vol. 3, No. 1 April 2023 : hal 11133-1146. Universitas Trisakti.
Ni’mah, Azizzatun. (2019). Pengaruh Brand Equity, Brand Trust dan Service Quality Terhadap Customer Loyalty Pada Baitul Maal Wa Tamwil Istiqomah Karangrejo Tulungagung. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. UIN Satu Tulungagung.
Nugroho, Tara Kezia. (2023). Pengaruh Gaya Hidup dan Physical Environment Terhadap Loyalitas Pelanggan Starbucks Coffe Ambarrukmo Plaza Yogyakarta. Jurnal Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Putri, Lelly Melany. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Handphone di Toko Maswir Ponsel Air Tiris Pada Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Prameswary, A., Juliana, J., Winata, J., Tanseha, R., dan Armando, T. (2021). Brand Trust dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Masa Covid-19. Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, Vol 19, No.1, pp. 24-31.wad.
Prasteyo, Teguh. (2020). Pengaruh Keputusan Pembelian Produk Sepatu Vans. Prosiding BIEMA. UPN Veteran Jakarta.
Putra, Rahman Husada. (2019). Makna Sneakers Vans Terhadap Pengguna Sneakers Vans (Studi Pada Komunitas Sneakers Vans Off The Wall Yogyakarta (OTWYK)). Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Uin Sunan Kalijaga Yogayakarta.
Rawita, Nawela., & Julina. (2022). Pengaruh Sikap, Motivasi, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Tupperware. Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol.01, No.01, Juni 2022, pp. 37-45. UIN Suska Riau.
Rihma, Wildia. (2023). Pengukuran Dampak Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Vans di Aeon Mall Sentul. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Pakuan Bogor.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2024-06-10
How to Cite
Ferdiani, I., & Haqi, S. S. (2024). LOYALITAS PELANGGAN SEPATU VANS PADA KOMUNITAS SKATEBOARD DI KOTA BANDUNG. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 855-874. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4084
Section
Articles