STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM KOTA BATU JAWA TIMUR MENUJU PERTUMBUHAN BERKELANJUTAN

  • Patricia Evelyn Laksmana Universitas Surabaya
  • I Setyaningrum Universitas Surabaya
  • M Ariani Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis berbagai kendala yang dihadapi oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Batu, Jawa Timur, dengan mempertimbangkan faktor internal dan eksternal yang esensial, dalam rangka merumuskan strategi pengembangan yang efektif, untuk memperkuat kekuatan internal dan memanfaatkan peluang yang tersedia, sekaligus mengurangi kelemahan yang ada serta mengantisipasi ancaman yang mungkin timbul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan data sekunder yang diperoleh dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur pada tahun 2022. Temuan penelitian menegaskan bahwa UMKM di Kota Batu menempati posisi yang menguntungkan, dengan kekuatan internal yang signifikan serta potensi peluang yang dapat dimanfaatkan secara maksimal. Dengan harapan UMKM di Kota Batu mampu memperkuat posisinya di pasar dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

References

Badan Pusat Statistik. (2022). Sektor Transportasi dan Pergudangan Catat Pertumbuhan Tertinggi pada Kuartal III 2022. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/07/sektor-transportasi-dan-pergudangan-catat-pertumbuhan-tertinggi-pada-kuartal-iii-2022
Bisnis.com. (2021, September 3). BI Ungkap 69,5 Persen UMKM Belum Dapat Akses Kredit Perbankan. Diakses pada 12 Maret 2024, dari https://finansial.bisnis.com/read/20210903/11/1437717/bi-ungkap-695-persen-umkm-belum-dapat-akses-kredit-perbankan
Bustam, N. H. (2016). Pengaruh Jumlah Unit, PDB dan Investasi UMKM Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia Periode 2009-2013. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 250–261.
Chandra, G. D., Setyaningrum, I., & Djoemadi, F. R. (2021, Juni). Strategi Bertahan Industri Batik Di Kampoeng Batik Laweyan Saat COVID-19 2021, 25(1).
David, F. R. (2004). Manajemen Strategis: Konsep-Konsep. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
David, F. R. (2010). Manajemen Strategi: Konsep-Konsep. Jakarta: Indeks.
Endarwita. (2021, Februari). Strategi Pengembangan objek Wisata Linjuang melalui Pendekatan Analisis SWOT (Vol. 05). Jurnal Ilmiah Edunomika. http://dx.doi.org/10.29040/jie.v5i1.2133
Hartanti, M. F. P., Mardita, C. N., Tirta, M., Putra, A. R. A., & Setyanigrum, I. (2023). Literasi Pemasaran Digital dan Teknologi Keuangan Sebagai Sarana Peningkatan Omset UMKM di Probolinggo, 8(1), 113-118.
Handrawan, M. A. R., Setyaningrum, I., & Ariani, M. (2021, Mei). Perkembangan dan Dampak Positif dan Negatif E-commerce Bagi UMKM Sektor Furnitur dan Konsumen, 9(2).
Hunger, J. D., & Wheelen, T. L. (2003). Manajemen Strategi (Edisi II). Yogyakarta.
Katadata. (2020, Juni 10). Harga Bahan Baku Naik Jadi Kesulitan Terbesar UMKM Saat COVID-19. Diakses pada 12 Maret 2024, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/06/10/harga-bahan-baku-naik-jadi-kesulitan-terbesar-umkm-saat-covid-19
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2022, Oktober 01). Perkembangan UMKM Sebagai "Critical Engine" Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. Diakses pada 12 Maret 2024, dari https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah
Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2022, September 22). Optimalkan Potensi UMKM terhadap PDB Indonesia melalui Lelang UMKM. Diakses pada 12 Maret 2024, dari https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-semarang/baca-artikel/15395/Optimalkan-Potensi-UMKM-terhadap-PDB-Indonesia-melalui-Lelang-UMKM.html
Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2020, Agustus 24). UMKM: Bangkit Ekonomi Indonesia, Terungkit. Diakses pada 12 Maret 2024, dari https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html
Kurniawan, F. D., & Fauziah, L. (2014). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Penanggulangan Kemiskinan. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 2(2), 103–220.
Lesmana, R., & Hasbiyah, W. (2019). Model Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Wisatawan. Jurnal Manajemen Pariwisata, 2(1), 36–47.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 tentang Pemberian Insentif Fiskal dalam Rangka Peningkatan Investasi Pada Sektor Riil. Diakses dari https://peraturan.bpk.go.id/Details/161837/pp-no-7-tahun-2021
Prayogo, L. B., Suharyati, & Ariani, M.B. N. (2019, Desember). Kewirausahaan, Inovasi Teknologi, dan Keunggulan Bersaing pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Makanan di Kecamatan Cibinong, 5(2), 85-96.
Rahardi, D. (2008). SWOT Analysis: Pengertian dan Tujuan. Diperoleh dari http://dickyrahardi.com/
Rangkuti, F. (2000). Manajemen Persediaan (Edisi keenam). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono (2011). Memahami. Bandung: Alfabeta.
Supply Chain Indonesia. Tak Cuma Modal, Masalah Logistik Juga Hambat Perkembangan UMKM. Diakses pada 12 Maret 2024, dari https://supplychainindonesia.com/tak-cuma-modal-masalah-logistik-juga-hambat-perkembangan-umkm/
Telaumbanua, E. (2021). Kajian Pemberdayaan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Di Taman Jajanan Pasar Kota Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 4(2), 1045-1058.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2024-05-31
How to Cite
Laksmana, P., Setyaningrum, I., & Ariani, M. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM KOTA BATU JAWA TIMUR MENUJU PERTUMBUHAN BERKELANJUTAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 569-585. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4050