HUBUNGAN ANTARA PENGGUNA INTERNET, PRODUK DOMESTIK BRUTO PER KAPITA DAN TINGKAT KETENAGAKERJAAN DALAM PERSPEKTIF E-COMMERCE
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki hubungan antara pengguna internet, PDB per kapita, dan tingkat ketenagakerjaan di industri dalam perspektif E-commerce pada era digital. Uji kausalitas Granger digunakan dalam metode penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah pengguna internet sangat berpengaruh dalam perekonomian. Peningkatan pengguna internet memiliki dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi karena meningkatkan PDB per kapita dan penyerapan tenaga kerja industri. Sebaliknya, hukum Okun menunjukkan bahwa pertumbuhan PDB berhubungan dengan kenaikan tingkat pekerjaan, yang mengindikasikan bahwa PDB dan tingkat pekerjaan memiliki hubungan searah. Selain itu, temuan dari penelitian ini memberikan gambaran tentang bagaimana peningkatan penggunaan E-commerce oleh pengguna internet dapat meningkatkan perekonomian suatu negara secara signifikan. Isi dari jurnal ini adalah: Bagian 1 menjelaskan karakteristik dari PDB, lapangan kerja, E-commerce, dan pertumbuhan pengguna internet. Bagian 2 memberikan gambaran umum tentang data dan metode yang digunakan dalam penelitian, terutama indikator penggunaan internet, PDB aktial per kapita, dan lapangan kerja industri. Bagian 3 menyajikan hasil dan pembahasan, dan terakhir pada bagian 4 disajikan kesimpulan dan saran.
References
Amaluddin, A. (2020). The dynamic link of electricity consumption, internet access and economic growth in 33 provinces of Indonesia. International Journal of Energy Economics and Policy, 10(4), 309–317. https://doi.org/10.32479/ijeep.9249
Anvari, R. D., & Norouzi, D. (2016). The Impact of E-commerce and R&D on Economic Development in Some Selected Countries. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 229, 354–362. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.07.146
Bahrini, R., & Qaffas, A. A. (2019). Impact of information and communication technology on economic growth: Evidence from developing countries. Economies, 7(1). https://doi.org/10.3390/economies7010021
Fikri, I., & Handayani, D. (2023). Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Produk Domestik Regional Bruto Indonesia. 8(8), 11. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6
Haikal, F., Juminta, R., Program, A., Pembangunan, S. E., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2023a). Dampak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Per Kapita Tingkat Provinsi di Indonesia. JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 6(1), 45–60.
Haikal, F., Juminta, R., Program, A., Pembangunan, S. E., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2023b). Dampak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Per Kapita Tingkat Provinsi di Indonesia. JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 6(1), 45–60.
Hendricks, S., & Mwapwele, S. D. (2024). A systematic literature review on the factors influencing e-commerce adoption in developing countries. Data and Information Management, 8(1). https://doi.org/10.1016/j.dim.2023.100045
Hussain, S., Gul, R., & Ullah, S. (2023). Role of financial inclusion and ICT for sustainable economic development in developing countries. Technological Forecasting and Social Change, 194. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2023.122725
Kajian Ekonomi dan Pembangunan, J., & Putri, R. (2020). Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Pasar Tenaga Kerja dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia (Vol. 2, Issue 4). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/epb/index
Mintarti, S. (2017). Pengaruh investasi dan tenaga kerja serta pengeluaran pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi serta kesempatan kerja The influence of investment and labor and government spending on economic growth and employment. 13(1), 28–38.
Rahimi, M., & Alavi Rad, A. (2017). International Journal of Energy Economics and Policy Internet Usage, Electricity Consumption and Economic Growth: Evidence from a Panel of Developing-8 Countries. International Journal of Energy Economics and Policy |, 7(3), 152–156. http:www.econjournals.com
Rath, B. N., & Hermawan, D. (2019). Do information and communication technologies foster economic growth in Indonesia? Buletin Ekonomi Moneter Dan Perbankan, 22(1), 103–121. https://doi.org/10.21098/bemp.v22i1.1041
Roma Dona, D., & Sofyan Effendi, A. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesempatan kerja. FORUM EKONOMI, 20(1), 12–18. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI
Salah, O. H., & Ayyash, M. M. (2024). E-commerce adoption by SMEs and its effect on marketing performance: An extended of TOE framework with ai integration, innovation culture, and customer tech-savviness. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 10(1). https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2023.10018.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.