PENGARUH GAYA HIDUP DAN PERSEPSI HARGA PRODUK SUSU CUP PASTEURISASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI REST AREA KPBS PANGALENGAN

  • Dea Nabilla Putri Universitas Padjadjaran, Kabupaten Sumedang
  • Tetty Herawaty Universitas Padjadjaran, Kabupaten Sumedang
  • Nenden Kostini Universitas Padjadjaran, Kabupaten Sumedang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk susu cup pasteurisasi di Rest Area KPBS Pangalengan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Data primer didapatkan melalui wawancara dan menyebaran kuesioner. Sedangkan, data sekunder didapatkan melalui studi literatur. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel nonprobability dengan teknik purposive sampling. Populasi dan sampel penelitian adalah konsumen Rest Area KPBS Pangalengan yang pernah melakukan pembelian susu cup pasteurisasi minimal satu kali. Sampel yang diambil berjumlah 96 responden. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa gaya hidup dan persepsi harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk susu cup pasteurisasi di Rest Area KPBS Pangalengan.

References

Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Annur, C. M. (2023). Terus Meningkat, Produksi Susu Segar Indonesia Tembus 968 Ribu Ton pada 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/ 2023/03/06/ terus-meningkat-produksi-susu-segar-indonesia-tembus-968-ribu-ton-pada202 2#:~:text=Badan%20Pusat%20Statistik%20(BPS)%20 melaporkan,%2Fyoy
Apriliyani, M. W., & Apriliyanti2, M. W. (2018). Kualitas Fisik dan Sensoris Produk Susu Pasteurisasi pada Suhu dan Waktu Transportasi dalam Distribusi Pemasaran. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Hasil Ternak, 13(1).
Arsa, A., Cahyaningratri. (2022). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Servicescape, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian pada Coffee Shop di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management.
Cochran, W. G. (1977). Sampling Techniques (3rd ed.). New York: John Wiley & Sons.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education, Inc.
Makarim, F. R. (2023). Susu UHT dengan Susu Pasteurisasi, Apa Bedanya?. https://www.halodoc.com/artikel/susu-uht-dengan-susu-pasteurisasi-apa-bedanya
Mothersbaugh, D. L., & Hawkins, D. I. (2016). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy (13th ed.). In Mc Graw Hill Education.
Open Data Jabar. (2022). Jumlah Produksi Susu Sapi Berdasarkan Kabupaten/Kota di Jawa Barat.https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/jumlah-produksi-susu-sapi-berdasarkan-kabupatenkota-di-jawa-barat
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (9th ed.). Salemba Empat.
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: CV Pustaka Setia.
Pulungan, D. R., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3).
Ripaldi, D. (2023). Kunjungan Wisata Kabupaten Bandung Melonjak, Capai 6,5 Juta Pelancong. https://www.liputan6.com/regional/read/5357159/kunjungan-wisata-kabupaten-bandung-melonjak-capai-65-juta-pelancong
Rizka et al. (2022) Pengaruh Citra Merek, Fitur, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen/Mahasiswa Smartphone Xiaomi Di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Serambi Mekkah). Jurnal Ekonomi Islam dan Perbankan Syariah.
Schiffman, L., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior (12th ed.). Pearson Education, Inc.
Sholikah, N., Mufid, A. A., Hidayat, T. R., & Yoga, Y. (2021). Pengolahan Susu Sapi Menjadi Susu Pasteurisasi untuk Meningkatkan Nilai Susu dan Daya Jual. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 2(1).
Solomon, M. R. (2019). Consumer Behaviour (13th ed.). Pearson Education, Inc.
Sumarwan, U. (2015). Perilaku Konsumen. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: Andi.
Published
2024-05-18
How to Cite
Putri, D., Herawaty, T., & Kostini, N. (2024). PENGARUH GAYA HIDUP DAN PERSEPSI HARGA PRODUK SUSU CUP PASTEURISASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI REST AREA KPBS PANGALENGAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 289-302. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4012