PENGARUH STORE ATMOSPHERE, ATRIBUT PRODUK DAN MOTIF HEDONIC TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA STARBUCKS COFFEE DI SAMARINDA

  • Deni Triono Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Finnah Fourqoniah Universitas Mulawarman, Samarinda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian pada Starbucks Coffee di Kota Samarinda. (2) Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Starbucks Coffee di Kota Samarinda. (3) Pengaruh Motif Hedonic terhadap Keputusan Pembelian pada Starbucks Coffee di Kota Samarinda. (4) Pengaruh Store Atmosphere, Atribut Produk dan Motif Hedonic secara simultan terhadap Keputusan Pembelian pada Starbucks Coffee di Kota Samarinda. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif.  Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli produk Starbucks Coffee. Sampel yang diambil adalah 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling, kriteria sampel adalah sebagai berikut: pernah melakukan pembelian pada Starbukcs Coffee dan pernah melakukan pembelian pada Starbucks Coffee di Samarinda dalam 3 bulan terakhir. Kuisioner adalah alat yang digunakan untuk memperoleh data. Kemudian data diolah menggunakan program SPSS versi 26, dengan menggunakan Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda, dan Uji Hipotesis. Temuan pada penelitian ini menunjukkan : (1) Store Atmosphere berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (2) Atribut Produk berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (3) Motif Hedonic berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.  (4) Store Atmosphere, Atribut Produk dan Motif Hedonic berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian. Keterbatasan pada penelitian ini hanya untuk Konsumen Starbucks Coffee di Kota Samarinda. Hendaknya penelitian selanjutnya menambahkan variable lain yang dapat mempengaruhi Keputusan Pembelian yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Ariyanto, Aris, Anum Nuryani, and Denok Sunarsi. 2020. “Pengaruh Store Atmosphere Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Bsd Tangerang Selatan.” Jurnal Ekonomi Efektif 3(1): 29–36.
Dinova, Feba, Dex Tovtora, Abdul Rauf2, and Dhea Zatira3. 2022. “Analysis Digital Marketing and Product Attributes on the Purchase Decision of Nike Shoes.” DIGIBIS: Digital Business Journal 1(1): 39–51. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/digibis.
Dwi Putra Hendro ariantoro & Budhi. 2020. “Pengaruh Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Kopisae.” Jurnal Ilmu dan riset Manajemen 9(6): 1–23.
Erianto, Ravika Apriana, and Mahariono. 2018. “Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk, Harga Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Furore Coffee.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 7(5): 1–18. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/1961.
Ernanda, Dimas. 2017. “Pengaruh Store Atmosphere, Hedonic Motive Dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume6,:2–16. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/338.
Mufarrohah, Ummatul, and Tri Yuniarti. 2016. “Pengaruh Atribut Produk, Motif Hedonic Dan Motif Utilitarian Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 5: 1–19.
Oscar, Bheben, and Hilman Cahya Megantara. 2020. “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Muslim Army.” Jurnal Bisnis dan Pemasaran 10(1): 1–12. https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/promark/article/view/717.
Pranggabayu, Bargas, and Anik Lestari Andjarwati. 2022. “Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Store Atmsophere Terhadap Impulsive Buying (Studi Pada Pengunjung Miniso Tunjungan Plaza).” SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan 1(6): 951–66.
Putri, Lily Harlina. 2014. “PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN PELANGGAN ( Studi Pada Monopoli Cafe and Resto Soekarno Hatta Malang ).” 15(2).
Repi, Lisbeth, Hendra Tawas, and Rosalia Onsu. 2015. “Atribut Produk, Citra Merek, Dan Strategi Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Di Dealer Yamaha Ranotana.” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 3(2): 818–28.
Resti Meldarianda, Henky Lisan S. 2016. “PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA RESORT CAFÉ ATMOSPHERE BANDUNG Resti.” 17(2): 1–23.
Rozjiqin, M. Fahrul, and Ahmad Ajib Ridlwan. 2022. “Pengaruh Label Halal, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Starbucks.” JEBA (Journal of Economics and Business Aseanomics) 7(1).
Rusadi, Made Deasy Natalia. 2014. “Pengaruh Atribut Produk Dan Motif Hedonic Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 3(7): 1–18.
Setyaningrum, Febe Yustina, Zainul Arifin, and Edy Yulianto. 2016. “PENGARUH HEDONIC MOTIVES TERHADAP SHOPPING LIFESTYLE DAN IMPULSE BUYING (Survei Pada Konsumen Superindo Supermarket Yang Melakukan Impulse Buying).” Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 37(1): 97–104.
Subagio, Hartono. 2012. “Pengaruh Atribut Supermarket Terhadap Motif Belanja Hedonik Motif Belanja Utilitarian Dan Loyalitas Konsumen.” Jurnal Manajemen Pemasaran 6(1).
Published
2024-05-05
How to Cite
Triono, D., & Fourqoniah, F. (2024). PENGARUH STORE ATMOSPHERE, ATRIBUT PRODUK DAN MOTIF HEDONIC TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA STARBUCKS COFFEE DI SAMARINDA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 67-83. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4009
Section
Articles