PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN DAN INVESTASI TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN UMKM DI DESA BUGISAN KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN

  • Rika Setyaningsih Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Hasim As’ari Universitas Mercu Buana, Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan investasi terhadap pengelolaan keuangan UMKM di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Objek penelitian ini adalah pelaku UMKM yang berada di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten sebanyak 218 UMKM yang sesuai dengan kriteria penelitian ini hanya 82 UMKM. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji signifikansi parsial (uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan keuangan dan investasi berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan UMKM, sedangkan sikap keuangan tidak berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan UMKM.

References

Aminah, S., Ali, Z., Program, H., Manajemen, S., Ekonomika, F., & Bisnis, D. (2023). Serat Acitya-Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang Pengaruh Literasi dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada UMKM di Tembalang, Kota Semarang. April Management & Accountancy in Practice Journal, 12(1).
Eryanto, P. (2022, December 25). Investasi: Pengertian, Jenis, Tujuan, Manfaat, Risiko. Investbro.Id.
Faidah, F., Puspita, G., Vikha, R., & Asri, I. (2020). ANALISIS KEPUTUSAN INVESTASI PELAKU UMKM DI KUDUS. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ekobis/article/view/7895/4174
Febrianty, D. I. (2023). Pengaruh Pengetahuan Keuangan Dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajamen Keuangan Pada Pelaku Umkm Kerajinan Ulos Batak Di Kota Medan [Skripsi]. Universitas Medan Area.
Irfani, A. S. (2020). MANAJEMEN KEUANGAN DAN BISNIS; Teori dan Aplikasi. Gramedia Pustaka Utama.
Nugraha, R. I. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan (Studi Kasus UMKM Sektor Perdagangan di Wilayah Kota Tasikmalaya) [Skripsi]. Universitas Islam Indonesia.
Purba, D. S., Ardhariksa Zukhruf Kurniullah, Astri R Banjarnahor, Erika Revida, Sukarman Purba, Pratiwi Bernadetta Purba, Anggri Puspita Sari, Hasyim, Yanti, Marisi Butarbutar, Fuadi, Tifany Zia Aznur, Bonaraja Purba, & Muhammad Fitri Rahmadana. (2021). Manajemen Usaha Kecil dan Menengah. Yayasan Kita Menulis.
Purwanti, T. K. K. D. N. A. A. A. (2023). PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN DAN SIKAP KEUANGAN TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN DENGAN LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Jurnal Ilmiah Edunomika, 7(2), 1–10. https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/9834/pdf
Putri, W. E. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan UMKM Di Kecamatan Medan Marelan [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Safitri, E., Sriyunianti, F., Chandra, N., Keuangan, L., Keuangan, S., & Perilaku Pengelolaan Keuangan, dan. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan UMKM (Studi Kasus pada Usaha Mikro Bidang Kerajinan di kota Padang). In Bisnis dan Ekonomi Indonesia (Vol. 2, Issue 1). https://akuntansi.pnp.ac.id/jabei
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D / Sugiyono (Cetakan Ke-3, 2021).
Yanti, F. R. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, Kepribadian, Dan Pendapatan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Pada Pelaku UMKM Fashion Di Kecamatan Marpoyan Damai [Skripsi]. Universitas Islam Riau.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2024-05-24
How to Cite
Setyaningsih, R., & As’ari, H. (2024). PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN DAN INVESTASI TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN UMKM DI DESA BUGISAN KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 463-478. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4008
Section
Articles