ORGANIZATIONAL JUSTICE AND COMPLAINT HANDLING TO JOB SATISFACTION : MEDIATION EFFECT ON OBJECTIF WELL-BEING
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh keadilan organisasi dan penanganan keluhan terhadap kepuasan kerja yang dimoderatori oleh kesejahteraan objektif pada karyawan RSI Siti Hajar. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan metode purposive sampling untuk mengumpulkan data dari sekelompok 454 karyawan, yang terdiri dari 75 orang yang menjawab. Untuk mengatur variabel, seorang bot diberi skor 1 hingga 5, dan metode analisis data yang digunakan adalah partial least squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada dampak negatif yang tidak signifikan terhadap kinerja organisasi; (2) ada dampak negatif yang signifikan terhadap kinerja organisasi; (3) ada dampak negatif yang signifikan terhadap kinerja organisasi; (4) ada dampak negatif terhadap kinerja organisasi; dan (5) ada dampak negatif terhadap kinerja organisasi yang signifikan.
References
Alfarizi, Muhammad, & Zalika, Zela. (2023). Isu Persaingan Industri Pelayanan Kesehatan Indonesia: Tantangan dan “Perisai” Pengawasan KPPU. Jurnal Persaingan Usaha, 3(1), 5–18. https://doi.org/10.55869/kppu.v3i1.89
Choudhry, Neetu, Philip, P. J., & Kumar, Rajender. (2016). Impact of Organizational Justice on Organizational Effectiveness. 1(3), 18–25.
Dar. (2024). Pengaruh Penanganan Komplain Hunian Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Penghuni Graha Aparna Ahmad Yani Surabaya. The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), 9(2), 13–22. https://doi.org/10.52447/ijpa.v9i2.6862
Dziuba, Szymon T., Ingaldi, Manuela, & Zhuravskaya, Marina. (2020). Employees’ Job Satisfaction and Their Work Performance As Elements Influencing Work Safety. System Safety: Human - Technical Facility - Environment, 2(1), 18–25. https://doi.org/10.2478/czoto-2020-0003
Fatonah, Siti, & Palupi, Heny. (2020). The Effect of Handling Complaint and Hospital Service Quality on Patient Satisfaction and Loyalty Siti Fatonah, Heny Palupi. JMMR (Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit), 9(3), 268–276. https://doi.org/10.18196/jmmr.93138
Fujimoto, Sakae, Sasa, Masashi, & Takaori, Shuji. (1981). Dopaminergic inhibition from substantia nigra of caudate neurons activated by cortical stimulation. The Japanese Journal of Pharmacology, 31(6), 1037–1042. https://doi.org/10.1254/jjp.31.1037
Ginting, Maretta, Sirait, Ronnie Togar Mulia, & Harefa, Hilda Syaf’aini. (2023). Pengaruh Service Excellence dan Handling Complaint Terhadap Kepuasan Pemustaka Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 8(1), 165. https://doi.org/10.30829/jipi.v8i1.15692
Irene Waine, Andreasta Meliala, & Valentina Dwi Yuli Siswianti. (2022). Penanganan Komplain Di Rumah Sakit. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (The Indonesian Journal of Health Service Management), 23(04), 127–132. https://doi.org/10.22146/jmpk.v23i04.4253
Maroddah, Rozanatul, & Pujianto, Wahyu Eko. (2024). Women Driver ! Flexibility And Work Environment to Job Satisfaction : Moderation Effect Of General Anxiety Disorder. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 7(2), 189–204.
Nisa, Khoirun, & Pujianto, Wahyu Eko. (2024). Burnout as moderation and emotional intelligence as mediation in professional skills, personality characteristics, psychological well-being to individual performance. 7.
Pratama, Anggi, Marnis, & Nuryati. (2018). Oleh : Anggi Pratama Putra Pembimbing : Marnis dan Nuryanti. Journal Of Manajemen, 2(1), 1–8.
Pujianto, Wahyu Eko, Musyaffaah, Lailatul, & Supriyadi. (2023). Organizational Justice to Employee Innovative Work Behavior: Mediation Effect of Learning Capacity and Moderation Effect of Blue Ocean Leadership. Greenomika, 5(1), 77–93. https://doi.org/10.55732/unu.gnk.2022.05.1.8
Ratna, & Sarundajang. (2022). Pengaruh Penanganan Keluhan (Complain Handling) terhadap Kepercayaan Pelangan pada Minimarket Indomaret di Kota Bitung (Studi Kasus Indomaret Winenet). Journal on Education, 04(04), 1940–1949.
Safitri, Cahya Milia Tirta, & Anisah, Laelatul. (2022). Kesejahteraan Psikologis Ditinjau dari Kecerdasan Emosional dan Worklife Balance Pada Tenaga Kesehatan Wanita yang Menjalani Peran Ganda. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v5i1.8587
Samudera, Farkhan, & Agustina, Tri Siwi. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transaksional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Kerja Sebagai Mediasi Pada Farkhanss Towing Service Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 165–175. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3667
Sudarti, Ken, & Atika, Iva. (2014). Menciptakan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Melalui Citra Dan Service Recovery (Studi Pada Restoran Lombok Ijo Semarang) (Creating Customer Satisfaction And Loyalty Through Image And Service Recover ). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 19(1), 93–109.
Suhartini, Suhartini. (2017). Keadilan dalam Pemberian Kompensasi. Jurnal Siasat Bisnis, ed(khus), 103–114. https://doi.org/10.20885/jsb.ed.khus.art7
Suryandartiw, Wiwik. (2020). The Effect of Complaint Handling on Patient Loyalty Through Satisfaction Complaint Handling at Home Organizers of BPJ. Jurnal Administrasi Rumah Sakit, 1(1).
Voukelatou, Vasiliki, Gabrielli, Lorenzo, Miliou, Ioanna, Cresci, Stefano, Sharma, Rajesh, Tesconi, Maurizio, & Pappalardo, Luca. (2021). Measuring objective and subjective well-being: dimensions and data sources. In International Journal of Data Science and Analytics (Vol. 11). https://doi.org/10.1007/s41060-020-00224-2
Wakhida Yusro, Fitri, Eko Pujianto, Wahyu, & Solikhah, Afifatus. (2022). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PADA PT. MAHA KARYA PUTRA CABANG KABUPATEN PASURUAN. Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, Dan Bisnis Islam (SOSEBI), 2(2), 169–181.
Wiratama, Dewa Gede, & Suana, I. Wayan. (2016). 1 Pengaruh Keadilan Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja. E-Jurnal Manajemen …, 4(11), 3675–3702.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.