PENGARUH PRICE PERCEPTION TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI PERCEIVED VALUE DI GARDENICE RINK BANDUNG

  • Regina Nathania Witoelar Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
  • Irsanti Hasyim Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
  • Magdalena G.I.K. Universitas Katolik Parahyangan, Bandung

Abstract

Bandung merupakan salah satu kota favorit sebagai destinasi wisata. Gardenice Rink merupakan satu-satunya tempat bermain ice skating di Jawa Barat. Namun sayangnya menjadi satu-satunya tempat bermain ice skating di Jawa Barat tidak cukup untuk mendatangkan pengunjung yang banyak. Bahkan dalam studi pendahuluan banyak pengunjung yang kurang berminat untuk kembali ke Gardenice Rink yang menunjukan adanya indikasi gejala tiket yang mahal, sarana dan prasarana yang kurang maksimal, waktu bermain sangat sebentar, dan juga harga fasilitas pendukung yang mahal. Kurangnya kemampuan Gardenice Rink untuk membuat pengunjung datang kembali mengurangi keuntungan finansial yang dapat diperoleh Gardenice Rink. Oleh karena itu untuk mengetahui hubungan antara price perception terhadap repurchase intention melalui perceived value di Gardenice Rink dilakukanlah penelitian ini. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah applied research dengan tujuan untuk menjelaskan hubungan antar variabel sehingga merupakan penelitian explanatory. Pengumpulan data yang digunakan adalah snowball sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dengan total responden 208 orang. Data dari kuesioner kemudian akan diolah menggunakan beberapa cara analisis. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan PLS-SEM. Melihat hasil pengolahan data analisis deskriptif, variabel price perception di presepsikan sebagai buruk, variabel perceived value di presepsikan sebagai cukup baik dan variabel repurchase intention dipresepsikan sebagai buruk. Berdasarkan hasil olah data pada PLS-SEM, setiap variabel memiliki hubungan yang signifikan dan positif. Price perception terhadap perceived value memiliki pengaruh 82,3%, price perception terhadap repurchase intention 16,2%, dan perceived value terhadap repurchase intention sebesar 68,5%. Penelitian ini juga mengkonfirmasi variabel perceived value dibutuhkan antara price perception dan repurchase intention. 

References

Demirgüneş, B. K. (2015). International Review of Management and Marketing Relative Importance of Perceived Value, Satisfaction and Perceived Risk on Willingness to Pay More. International Review of Management and Marketing, 5(4), 211–220. http:www.econjournals.com.
Hair, et al. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. Springer.
Pratama, A., Ardhy, J. (2017). Analisa Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Perceived Value Pada Hotel X Surabaya. Manajemen Perhotelan, P., Ekonomi, F., & Kristen Petra.
Putra, Y. M. S., Sagir, J., & Hilmiati. (2021). Pengaruh Inovasi Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Breadtalk Lombok Epicentrum Mall. Jurnal Distribusi, 9(1), 55 - 68.
Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2017). Partial Least Squares Structural Equation Modeling. In Handbook of Market Research (pp. 1–40). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-05542-8_15-1.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business (7th Edition). John Wiley & Sons.
Sumarsid, & Paryanti. A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi. Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1).
Thakur, H. K. (2021). Research Methodology in Social Sciences (A Short Manual). Corvette: New Delhi, 175.
Wang, E. S. T., & Yu, J. R. (2016). Effect of product attribute beliefs of ready-to-drink coffee beverages on consumer-perceived value and repurchase intention. British Food Journal, 118(12), 2963–2980. https://doi.org/10.1108/BFJ-03-2016-0128.
Yasri, Y., Susanto, P., Hoque, M. E., & Gusti, M. A. (2020). Price perception and price appearance on repurchase intention of Gen Y: do brand experience and brand preference mediate?. Heliyon, 6(11). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05532.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2024-05-31
How to Cite
Witoelar, R., Hasyim, I., & G.I.K., M. (2024). PENGARUH PRICE PERCEPTION TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI PERCEIVED VALUE DI GARDENICE RINK BANDUNG. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 642-656. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.3995
Section
Articles