PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE INTANTION PRODUK SPEAKER AKTIF ROADMASTER MELALUI BRAND TRUST SEBAGAI VARIABLE MEDIASI

  • Tutut Putria Ningsih Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Laily Muzdalifah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna menguji pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap purchase intention melalui brand trust sebagai mediasinya. populasi penelitian adalah pelanggan yang pernah membeli produk Roadmaster, sedangkan sampelnya adalah 97 konsumen produk Roadmaster, dengan 97 responden yang terlibat dalam penelitian ini melalui pengisian kuesioner secara daring, dipilih menggunakan metode nonprobability sampling yaitu purposive sampling. Analisis data memanfaatkan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian mengindikasikan bahwasanya celebrity endorser dan brand image berpengaruh positif terhadap brand trust, brand image dan celebrity endorser berpengaruh positif terhadap purchase intention, sedangkan celebrity endorser tidak berpengaruh terhadap purchase intention melalui brand trust, namun brand image berpengaruh terhadap purchase intention melalui brand trust

References

Adiwidjaja, A. J., & Tarigan, Z. J. H. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. Agora - Online Graduate Humanities Journal, 5(3), 1–9. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/6063
Aeni, N., & Ekhsan, M. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian yang di Mediasi Brand Trust. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 377–386. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.331
Alhaddad, A. A., & Alhaddad, A. (2015). Perceived Quality, Brand Image and Brand Trust as Determinants of Brand Loyalty. Quest Journals Journal of Research in Business and Management, 3(4), 1–08. www.questjournals.org
Anika Amalo, P., Sia Niha, S., A. Manafe, H., & Paridy, A. (2023). Pengaruh Media Sosial, Celebrity Endorser, Brand Image, terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan MS Glow Kupang dengan Brand Trust sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(6), 944–957. https://doi.org/10.31933/jemsi.v4i6.1617
Brodjonegoro, A., & Sijabat, R. (2022). Pengaruh Celebrity Endorsement dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Honda Mobil di Jakarta (Survey: Pada Konsumen Honda Mobil di Provinsi DKI Jakarta). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 849. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.420
Chrysnaputra, R. D. (2020). Pengaruh Brand Image dan Trust terhadap Purchase Intention pada Jasa Umroh di Malang. Al-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 68–89. http://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/146
Cynthia Sidharta. (2014). Penggunaan Anggun C . Sasmi sebagai Celebrity Endorser dalam Iklan Pantene versi “Bersinarlah Bersama Anggun.” Jurnal E-Komunikasi, 2(3).
Deccasari, D. D., Mawar, D., & Marli, M. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Product Knowledge Terhadap Purchase Intention Dengan Green Price Sebagai Moderating Variabel Pada Produk the Body Shop. Dinamika Ekonomi - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 69–88. https://doi.org/10.53651/jdeb.v15i1.365
Delgado-Ballester, E., & Munuera-Alemán, J. L. (2005). Does brand trust matter to brand equity? Journal of Product and Brand Management, 14(3), 187–196. https://doi.org/10.1108/10610420510601058
Delsi, D. M. H., Afrianti, M., ZI, N. A., & Azmi, Z. (2022). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI A. Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Teknologi Informasi Akuntansi, 3(1), 458–470.
Dwi Darmawan, M., & Setyo Iriani, S. (2021). Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Kopi Caffino Melalui Sikap Terhadap Merek. Jurnal Ilmu Manajemen, 9, 373–385.
Fadhlillah, M., Hanaan, A., Nurhadi, M., & Rachmat, B. (2023). Social Media Marketing and Purchase Intention : Does Relationship Quality , Brand Trust , and Brand Equity Matter ? Pendahuluan. Ilmu Manajemen, 13(1), 11–24. https://doi.org/10.32502/jimn.v13i1.6798
Fatur, G. (2018). Pergeseran Instrumentasi Dan Karakteristik Musik Dangdut Era Digital Di Jawa Timur. Kinabalu, 4(1), 14–25.
Febriani, R., & Khairusy, M. A. (2020). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser/Brand Ambasador, Harga Dan Desain Produk Yang Dimediasi Oleh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Online Shop Shopee. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 91–109. https://doi.org/10.47080/progress.v3i1.782
Hair, J. f, Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2018). Rethinking some of the rethinking of partial least squares.
Hamid. (2017). Discriminant Validity Assessment: Use of Fornell & Larcker criterion versus HTMT Criterion. Journal of Physics: Conference Series.
Kalangi, N. J., Tamengkel, L. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 44. https://doi.org/10.35797/jab.8.1.2019.23499.44-54
Ling, T. S., & Pratomo, A. W. (2020). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen The Highland Park Resort Hotel Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 31–42. https://doi.org/10.37641/jipkes.v1i1.325
Lombok, V. V., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 953. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43524
Luki, lumanul hakim. (2020). PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND IMAGEDAN CUSTOMER PERCEIVED VALUETERHADAP PURCHASE INTENTION. JURNAL MANAJEMEN BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN/.
Maharani, O. retno, Wijayanto, H., & Abrianto, T. hari. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk pada Kepuasan Konsumen Dimoderasi Oleh Loyalitas (Study Kasus pada Lipstcik Wardah). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 4.
Megayani, & Marlina, E. (2019). The Effect of Celebrity Endorsements on Purchase Intentions Through Brand Image as an Intervening Variable (Case Study on Geprek Ayam Bensu in Rawamangun Period 2018). Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 175–193. https://ejournal.stei.ac.id/index.php/JAM/article/view/277
Miharni Tjokrosaputro, I. A. D. (2020). Pengaruh Brand Satisfaction, Brand Trust, dan Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Kompas Digital. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(1), 60. https://doi.org/10.24912/jmbk.v4i1.6801
Pangestoe, & Purwianti. (2022). Analisa Pengaruh Brand Image , Celebrity Endorser , Attitude , Trust , dan Brand Awareness terhadap Purchase Intention Pada Fashion Sportwear di Kota Batam. SEIKO (Jurnal of Management and Business, 5(1), 137–155. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1674
Putra, T. W., & Keni, K. (2020). Brand Experience, Perceived Value, Brand Trust Untuk Memprediksi Brand Loyalty: Brand Love Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 184. https://doi.org/10.24912/jmieb.v4i1.7759
Rahman, M. S., Haque, M. M., & Khan, A. H. (2012). A Conceptual Study on Consumers’ Purchase Intention of Broadband Services: Service Quality and Experience Economy Perspective. International Journal of Business and Management, 7(18), 115–129. https://doi.org/10.5539/ijbm.v7n18p115
Rodiques, Y., & Rahanatha, G. B. (2018). PERAN BRAND TRUST MEMEDIASI HUBUNGAN BRAND IMAGE DENGAN BRAND LOYALTY ( Studi Pada Konsumen Iphone di Kota Denpasar ) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali Indonesia. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(3), 1310–1338.
roger Bougie, & Uma, S. (2019). Researching HRM: Skills for Current Students and Future Managers. Departement of Management & Organizational Studies.
Rosita, D., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah pada Konsumen Mahasiswa. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(4), 494–505. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i4.200
Sanita, S., Kusniawati, A., & Lestari, M. N. (2019). Pengaruh Product Knowledge dan Brand Image terhadap Purchase Intention (Penelitian pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis). Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(3), 169–184.
Sanjiwani, N. M. D., & Suasana, I. G. A. K. G. (2019). Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6721. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p17
Sanny, L., Arina, A. N., Maulidya, R. T., & Pertiwi, R. P. (2020). Purchase intention on Indonesia male’s skin care by social media marketing effect towards brand image and brand trust. Management Science Letters, 10, 2139–2146. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.3.023
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Itc Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Setiawan, L. (2018). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention dengan Brand Awareness sebagai Variabel Mediasi pada Produk Green Tea Esprecielo Allure. Manajemen Pemasaran, 12(1), 53–59. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.1.53
Setiawan, M. H., Komarudin, R., & Kholifah, D. N. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Tampilan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pemilihan Aplikasi Marketplace. Jurnal Infortech, 4(2), 141. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech139
Syarifudin. (2019). Citra Merek Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan.
Tanjung, R., & Keni, K. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser dan E-WOM terhadap Purchase Intention Produk Skincare di Jakarta dengan Brand Trust sebagai Variabel Mediasi. Mbia, 22(1), 88–102. https://doi.org/10.33557/mbia.v22i1.2144
Venny, fraya hartin. (2023). PENGARUH E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN DIMEDIASI CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK PADAINDOMARET CABANG MANDALA BY PASS. Jurnal IlmiahMetadata.
Vidyanata, D., Sunaryo, S., & Hadiwidjojo, D. (2018). the Role of Brand Attitude and Brand Credibility As a Mediator of the Celebrity Endorsement Strategy To Generate Purchase Intention. Jurnal Aplikasi Manajemen, 16(3), 402–411. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2018.016.03.04
Wijaya, V., & Keni, K. (2022). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention, Mediasi Brand Trust Dan Brand Attitude Pada Produk Skincare. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 274–287. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i2.19301
Yohanna, Y., & Ruslim, T. S. (2021). Pengaruh Brand Love, Brand Satisfaction, Brand Trust Terhadap Purchase Intention Produk Gucci. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(2), 569. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i2.11903
Yudi, irawan abi. (2020). PENGARUHBRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUKTERHADAP KEPUTUSANPEMBELIAN PADA KFC DI KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah Manajemen.
Yusuf, K. (2020). Via Vallen Dan Musik Dangdut Koplo Di Youtube. Konvergensi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 133–161. http://journal.paramadina.ac.id/index.php/IK/article/view/451
Published
2024-04-26
How to Cite
Ningsih, T., & Muzdalifah, L. (2024). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE INTANTION PRODUK SPEAKER AKTIF ROADMASTER MELALUI BRAND TRUST SEBAGAI VARIABLE MEDIASI. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 2346-2361. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3981