PERAN BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DAN CUSTOMER ENGAGEMENT PADA PERUSAHAAN JASA GURUINOVATIF.ID

  • Faiz Agil Dwi Cahya Universitas Islam Indonesia
  • Raden Roro Ratna Roostika Universitas Islam Indonesia

Abstract

GuruInovatif.id merupakan sebuah perusahaan start-up (rintisan) yang bergerak dibidang jasa. Perusahaan ini menyediakan pelatihan online maupun offline bagi para guru di Indonesia untuk mengembangkan kompetensinya di dunia pendidikan. Pandemi Covid-19 merupakan salah satu faktor yang menyebabkan lahirnya GuruInovatif.id. Perubahan-perubahan termasuk kebijakan pemerintah yang adaptif mendorong GuruInovatif.id untuk terus inovatif dan kreatif agar tetap survive didunia bisnis saat ini. Melalui analisis peran bauran pemasaran, GuruInovatif.id menciptakan strategi baru bernama Tour Nasional GuruInovatif.id 2022. Salah satu faktor terciptanya strategi ini adalah akibat kebijakan pemerintah yang mengharuskan pembelajaran di Indonesia kembali dilaksanakan secara offline atau tatap muka. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian kualitatif, dimana proses pengambilan data dilakukan melalui observasi, Focus Group Disccusion (FGD), serta keterlibatan langsung penulis sebagai peserta magang pada Tim Sales Marketing GuruInovatif.id. Dalam penelitian ini penulis memaparkan mengenai peran bauran pemasaran dalam GuruInovatif.id serta bagaimana pengaruh bauran pemasaran terhadap pendapatan dan kenaikan customer engagement pada media sosial GuruInovatif.id. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bauran pemasaran berperan penting sehingga memberikan dampak positif terhadap pendapatan perusahaan, kenaikan penjualan terlihat dari meningkatnya jumlah pengguna baru di platform, sedangkan dari sisi media sosial juga mengalami kenaikan pada engagement instagram dan jumlah pengikut instagram.

References

Algesheimer, R., Dholakia, U. M., & Herrmann, A. (2005). The social influence of brand community: Evidence from European car clubs. Journal of marketing, 69(3), 19-34.
A., Morissan M. dkk.2017. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.
Assauri, S., 2015. Manajemen Pemasaran, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.
A’yun, Q. A. N., Latifah, F. N., & Maika, M. R. (2021). Penerapan Strategi Marketing Mix Upaya Meningkatkan Jumlah Funding Pada BMT Madani Sepanjang. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 8(6).
Blythe, J. (2009). Key concepts in marketing. Key Concepts in Marketing, 1-232.
Brodie, R. J., Hollebeek, L. D., Jurić, B., & Ilić, A. (2011). Customer engagement: Conceptual domain, fundamental propositions, and implications for research. Journal of service research, 14(3), 252-271.
Chandra, F. (2021). Social Media Marketing, Strategi Memaksimalkan Media Sosial. DIVA PRESS.
Damanik, D., & Wibowo, F. S. (2018, September). Implementasi Strategi 4P Dalam Meningkatkan Frekuensi Public Event Di Harris Hotel and Conventions Bekasi (Hhcb). In National Conference of Creative Industry.
Engdel, J., dan Blackwell, R. (2004). Consumer Berhavior. Yogyakarta: Dryden Press Chaniago Andi.
Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (strategi, mengukur kepuasan dan loyalitas pelanggan). Deepublish.
Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A.S., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2022). Strategi Pemasaran; Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books.
Kotler, P., Armstrong, G., & Opresnik, M. O. (2017). Principles of marketing (17e Global). Harlow: Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management 14th edition. Pearson education.
Lamb, C. W., Hair, J. F., & Daniel, C. M. (2001). Pemasaran. jakarta: Salemba Empat. Lubis, AA (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian.
Laughey, D. (2007). Key Themes in Media Theory/Dan Laughey.
McQuail, D. (1987). Mass communication theory: An introduction. Sage Publications, Inc
Mohamad, R., & Rahim, E. (2021). Strategi bauran pemasaran (marketing mix) dalam perspektif syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2 (1), 15-26.
Mulyadi. (2001). Sistem akuntansi. Salemba Empat. ISSBN 979-691-060-8
Nasrullah, R. (2015). Media sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2016, 2017.
Opařilová, R. 2009. Marketing Mix Analysis in the Company ORLET služby s.r.o. Zlin, Thomas Bata University.
Payne, A., & McDonald, M (1996). Marketing Planning for Services. Design and Patents Act 1988
Samsuri, A. (2017). Marketing Mix sebagai Strategi Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Perbankan Syari’ah. WADIAH, 1(1), 68-88.
Tjiptono, F. (2014). Strategi Pemasaran . Sleman: ANDI.
Tsiotsou, R. H. (2020). Social media and customer engagement. The Routledge handbook of service research insights and ideas, 373-387.
Wu, J., Fan, S., & Zhao, J. L. (2018). Community engagement and online word of mouth: An empirical investigation. Information and Management, 55(2), 258-270.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2024-04-26
How to Cite
Dwi Cahya, F., & Roostika, R. (2024). PERAN BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DAN CUSTOMER ENGAGEMENT PADA PERUSAHAAN JASA GURUINOVATIF.ID. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 2321-2345. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3979