FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI INTENSI KONSUMEN UNTUK MEMBELI RUMAH SUBSIDI

  • Tia Marsela Universitas Trisakti, Jakarta Barat
  • Kurniawati Kurniawati Universitas Trisakti, Jakarta Barat

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh langsung environmental concern, price sensitivity, symbolic value, social media influence dan attitude terhadap purchase intention. Serta penambahan peran variabel attitude sebagai mediasi, perantara hubungan variabel environmental concern, price sensitivity, symbolic value, dan social media influence terhadap purchase intention. Sampel yang dipergunakan yaitu 192 responden yang dipilih melalui purposive sampling. Data yang dipergunakan telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Analisa data penelitian mempergunakan SEM (Structural equation model) dan software AMOS 21. Temuan penelitian mengindikasikan bahwasanya environmental concern, symbolic value, dan attitude berpengaruh positif terhadap purchase intention rumah subsidi di Karawang. Adapun peran mediasi dari attitude mampu menjelaskan hubungan social media influence dan purchase intention rumah subsidi di Karawang. Adapun pada penelitian selanjutnya diharapkan untuk memasukkan lebih banyak variabel, objek, dan isu yang sedang tren pada masa penelitian.

References

Akbar, Z. A., & Kurniawati, K. (2022). Kepercayaan Terhadap Ulasan Online dan Harga Yang Dirasakan Terhadap Keinginan Mengunjungi Restoran Yang Dimediasi Oleh Attitude. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 6(2), 145–159. https://doi.org/10.24269/iso.v6i2.1274
Amelia, T. F., Dharta, F. Y., & Santoso, M. P. T. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Menggunakan Brosur Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Rumah Pada Perumahan Serasi Indah Selaras Karawang. Open Journal Systems, 16(11), 7737–7746.
Bilhuda, U., & Thamrin, T. (2022). Pengaruh Norma Subjektive Terhadap Minat Pembelian Produk Sepatu Adidas Palsu Melalui Sikap Sebagai Variabel Mediasi Studi Kasus Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Banking and Management Review, 11(1), 1569–1581. https://doi.org/10.52250/bmr.v11i1.502
Buana, M. W., & Sumadi. (2023). Pengaruh Persepsi Nilai dan Citra Merek terhadap Minat Beli Produk Sepatu Olahraga dengan Dimediasi Sikap Konsumen. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 02(02), 98–109.
Cakici, A. C., & Tekeli, S. (2022). The mediating effect of consumers’ price level perception and emotions towards supermarkets. European Journal of Management and Business Economics, 31(1), 57–76. https://doi.org/10.1108/EJMBE-12-2020-0344
Chusna, A., & Riptiono, S. (2021a). Pengaruh Consumer Ethnocentrism Tendency, Persepsi Nilai dan Atribut Produk Terhadap Niat Beli dengan Sikap Konsumen sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(1), 57–77. https://doi.org/10.32639/jimmba.v3i1.779
De Toni, D., Pompermayer, R., Lazzari, F., & Milan, G. S. (2022). The symbolic value of wine, moderating and mediating factors and their relationship to consumer purchase intention. International Journal of Wine Business Research, 34(2), 190–211. https://doi.org/10.1108/IJWBR-01-2021-0006
Dewi, I. A. K., Kawiana, I. G. P., & Sugianingrat, I. A. P. W. (2022). Peran Sikap Dalam Memediasi Hubungan Iklan Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Milenial. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(3), 729–739.
Ferdiansyah, Y., & Pratomo, L. A. (2023). Analysis of the Influence of Consumer Perception, Innovation on Green Product Purchase. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(2), 2561–2576.
Hai, H. Van, & Mai, N. P. (2013). Environmental Awareness and Attitude of Vietnamese Consumers Towards Green Purchasing. VNU Journal of Economics and Business, 29(2), 129–141.
Hair, J., Anderson, R., Babin, B., & Black, W. (2010). Multivariate Data Analysis.pdf. In Australia : Cengage: Vol. 7 edition (p. 758).
Herdioko, J., & Karisma, C. V. (2022). Pengaruh Media Sosial, Brand Infuencer dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli di Marketplace Shopee Pada Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 97–110. http://e-journalfb.ukdw.ac.id/index.php/jrmb/article/view/395/378
Indah, R. N. (2022, May 23). Darurat Kebutuhan Papan di Era Milenial. Kementerian Keuangan Republik Indonesia, 1. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-singkawang/baca-artikel/15037/Darurat-Kebutuhan-Papan-di-Era-Milenial
Jakpat. (2023). Property Perspective from Gen Z 2023.
KemenPUPR. (2022, December 25). Tingkatkan Alokasi Pembiayaan Perumahan, Upaya Kementerian PUPR Atasi Backlog Perumahan. Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, 1. https://doi.org/https://pu.go.id/berita/tingkatkan-alokasi-pembiayaan-perumahan-upaya-kementerian-pupr-atasi-backlog-perumahan
Kurnia, A. D., & Sulandjari, R. (2021). Hubungan Pemilihan Media Iklan Terhadap Ketertarikan Minat Pembelian Konsumen Perumahan Subsisdi Graha Maritza Kaliwungu. Jurnal Egaliter, 5(8), 1–23.
Lathif, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Sensitivitas Harga Terhadap Perilaku Pembelian Smartphone Produk China. Universitas Islam Indonesia.
Mawardi, Pane, D., & Sari, S. (2022). Pengaruh Kesadaran Lingkungan Terhadap Niat Beli Melalui Sikap Generasi Milineal Pada Produk Ramah Lingkungan. Prosiding 6th Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 122–127.
Mirabi, V., Akbariyeh, H., & Tahmasebifard, H. (2015). A Study of Factors Affecting on Customers Purchase Intention Case Study : the Agencies of Bono Brand Tile in Tehran. Journal of Multidisciplinary Engineering Science and Technology (JMEST), 2(1), 267–273.
Nekmahmud, M., Naz, F., Ramkissoon, H., & Fekete-Farkas, M. (2022). Transforming consumers’ intention to purchase green products: Role of social media. Technological Forecasting and Social Change, 185(September), 122067. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2022.122067
Nursilowati, R. D., & Mayangsari, L. (2020). Women footwears of Choice: A Correlation Analysis of Customer Attitudes toward Purchase Intention of Local Footwear Products. KnE Social Sciences, 2020(2010), 574–589. https://doi.org/10.18502/kss.v4i6.6628
Paramita, N. D., & Yasa, N. N. K. (2015). Sikap dalam Memediasi Hubungan Kesadaran Lingkungan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17(2), 177–185. https://doi.org/10.9744/jmk.17.2.177
Powa, G. A., Lapian, S. L. H. V. J., & Wenas, R. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Handphone Pada Mahasiswa FEB UNSRAT. Jurnal EMBA, 6(3), 1188–1197.
Priyatna, A. A., & Athanasius, S. S. (2020). Uji Peran Mediasi Sikap Terhadap Produk pada Hubungan Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Produk. Jurnal Manajemen, 10–18.
Putri, A. R., & Susanti, A. (2022). Pengaruh E-Commerce, Sosial Media, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Belanja Shopee. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 13(01), 20–33. https://doi.org/10.21009/jrmsi.013.1.02
Rizkianti, H., & Kurniawati, K. (2021). Determinan Purchase Intention: Perspektif Pelanggan Minimarket. Journal of Management and Business Review, 18(2), 124–136. https://doi.org/10.34149/jmbr.v18i2.275
Setiawan, O. A., & Santosa, MS. E. (2020). Bekerjanya Efek Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Desain Produk Pada Sikap Dan Niat Beli Konsumen. Optimal, 17(2), 1–19. http://journal.unas.ac.id/oikonamia/article/download/642/522
Sukma, D. R. A., Putra, H. B., & Sutejo, B. (2023). Sikap, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku Terhadap Niat Membeli Produk Kosmetik Halal Oleh Konsumen Muda. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(1), 833–851. https://doi.org/10.31539/jomb.v5i1.5785
Suratno, Rekarti, E., & Rachbini, D. J. (2017). Peran Sikap Dalam Memediasi Pengaruh Pengetahuan Lingkungan Dan Persepsi Harga Terhadap Niat Pembelian Hijau Produk Pangan Organik. Jurnal SWOT, VII(2), 320–334.
Suwarsih, N., Gunawan, T., & Istiharini, I. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Citra Merek Dan Niat Beli. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 4(2), 712–730. https://doi.org/10.31539/costing.v4i2.2043
Trivedi, M., Bulsara, H. P., & Shukla, Y. (2023). Why millennials of smart city are willing to pay premium for toxic-free food products: social media perspective. British Food Journal, 125(9), 3368–3388. https://doi.org/10.1108/BFJ-07-2022-0649
Widodo, M. S., & Devica, S. (2022). Pengaruh Price Sensitivity Dan Environmentalism Terhadap Purchase Intention Pada Pakaian Thrift. Jurnal Bisnis Terapan, 6(2), 171–182. https://doi.org/10.24123/jbt.v6i2.5107
Wiyanti, S., Maulana, A., Amalia Nurul Hidayah, Fathur R Yusufi, & M. Yunus Erdiansyah. (2023). Pengaruh Lingkungan, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Angkringan Di Kota Tegal. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.59435/gjmi.v1i2.6
Yohana, N. K. Y., & Suasana, I. G. A. K. G. (2020). Peran Sikap Dalam Memediasi Pengaruh Kesadaran Lingkungan Terhadap Niat Beli Tumbler Starbucks Di Kabupaten Badung. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(8), 3279–3300. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i08.p19
Zulfikar, Muflikhati, I., & Irni Rahmayani, J. (2023). Pengaruh Pengetahuan, Persepsi, dan Sikap Terhadap Minat Beli Rumah Berkonsep Urban Farming Makassar. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 9(2), 570–582. https://doi.org/10.17358/jabm.9.2.570
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2024-04-30
How to Cite
Marsela, T., & Kurniawati, K. (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI INTENSI KONSUMEN UNTUK MEMBELI RUMAH SUBSIDI. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 2420-2438. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3978