PENGARUH PROMOSI, CITA RASA, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN HUB D'RAJA COFFEE MEDA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh promosi, cita rasa dan harga terhadap kepuasan konsumen di D’Raja Coffee Medan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. jenis data yang digunakan adalah jenis data kuantitatif yaitu data yang diperoleh dalam bentuk angka atau bilangan. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden, data sekunder diperoleh dari data atau studi pustaka terdahulu. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen D’Raja Coffee.Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah rumus Lemeshow populasi tidak diketahui dengan toleransi 10% sehingga diperoleh 97 responden. Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan promosi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen. Cita rasa berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen. Harga berpengaruh positif dan tidak signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen. Promosi, Cita Rasa, dan Harga berpengaruh positif secara simultan terhadap kepuasan konsumen dengan koefisien determinasi sebesar 52,6%.
References
Devanty, K. (2022, November 24). Cafe, Coffee Shop : Sejarah, Fungsi, Cara Penyajian, Konsep, Contoh Menu. Diambil kembali dari interiordesign: https://interiordesign.id/cafe-coffee-shop-sejarah-fungsi-cara-penyajian-konsep-contoh-menu/
Drummond, K., & Brefere, L. (2020). Nutrition For Foodservice and Culinary Professional's, Seventh Edition. New Jersey: John Wiley & Sons,inc.
Ferrinadewi. (2016). Merek & psikologi konsumen, implikasi pada strategi pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Husna, A. (2021, juli 3). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Harga, Kualitas Produk dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Ayam Geprek Warung Endus Sibuaya. Jurnal Manajemen Akuntansi, 1, 311-320.
Irawan, H. (2008). Sepuluh Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Kotler, P., & Amstrong. (2018). Prinsip-Prinsip Marketing (Ke Tujuh ed.). Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, p., & Keller, K. l. (2016). Marketing Management. London: Pearson Education.
Kusumaningrum, F. D. (2019). Pengaruh Warna Cangkir Terhadap Persepsi Cita Rasa Minuman Kopi Pada Mahasiswa Angkatan 2018 Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Konferensi Ilmiah Mahasiswa UNISSULA (KIMU), 409-419.
Putri, A. T. (2023, mei 23). Industri Kuliner Makin Berkembang, Sumbang PDB Terbesar di Ekonomi Kreatif. Diambil kembali dari merdeka: https://www.merdeka.com/uang/industri-kuliner-makin-berkembang-sumbang-pdb-terbesar-di-ekonomi-kreatif.html
Putri, Y. D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Krecek Krupuk Uyel UD. Sinar Harapan. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi, 837-842.
Ramadhani, D., & Zaini, M. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Social Media Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Scarlett Whitening. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 520-536. doi:https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2900
Setiawan, R. K. (2022). Pengaruh Cita Rasa Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan, 1, 277-282.
Swastha, B. (2014). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.
Tarigan, F. A., & Wijaya, K. (2022). The Effect Of Taste, Location, And Quality Of Service on Customer Satisfaction in Mutia Garden Medan Restaurant. Jurnal Mantik, 6(3), 3487-3493.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.