IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING MELALUI SOCIAL MEDIA SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PELAKU USAHA PEMULA
STUDI KASUS : TOKO ONLINE SADRATHRIFTING
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin canggih memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis pemula untuk berbisnis. Kesulitan awal dalam menjalankan bisnis bagi pelaku bisnis pemula adalah bagaimana menemukan strategi promosi yang tepat dari produk yang ditawarkan. Penjualan produk pakaian bekas (thrift) dari toko online Sadrathrifting merupakan produk pakaian bekas yang masih layak pakai, memiliki keunikan dan banyak digemari oleh kalangan remaja sampai orang dewasa. Sehingga menjadi persoalan yang penting bagi pelaku bisnis khususnya bagi pelaku bisnis pemula untuk menentukan media promosi agar diperoleh pasar yang lebih luas dan tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk melengkapi studi-studi terdahulu dan mengetahui strategi digital marketing yang digunakan oleh toko online Sadrathrifting sebagai informasi terbaru bagi pelaku bisnis pemula khususnya dalam bisnis pakaian bekas. Studi ini terfokus pada strategi apa yang diterapkan oleh pelaku bisnis pakaian bekas dalam memasarkan produknya melalui sosial media facebook, instagram, dan e-commerce (shopee). Untuk menjawab pertanyaan tersebut digunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode Social Media Analytics yang merujuk pada pengumpulan informasi dari media sosial. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi untuk mengumpulkan data primer. Wawancara dilaksanakan dengan cara semi terstruktur, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data literasi-literasi dari berbagai sumber seperti penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang digunakan pada media sosial facebook, instagram, dan e-commerce (shopee) dinilai efektif dalam memasarkan produk pakaian bekas (thrift) dan mampu meningkatkan volume penjualan setiap bulannya. Hasil dari implementasi strategi pemasaran digital marketing melalui social media memberikan pengaruh positif terhadap usaha Sadrathrifting yang dapat diperhatikan melalui jangkauan pasar yang semakin luas, serta meningkatnya omset penjualan.
References
Alfani dan dkk. 2018. Analisis Faktor-faktor yang Menyebabkan Terjadinya Pembelian Impulsif Produk Fashion di Outlet Cardinal Mega Mall Manado. Jurnal EMBA. 6(4), 2918 – 2927.
Ananto, Novian Puji & Didi Pramono. 2023. Konstruksi Media Sosial Terhadap Trend Thrifting pada Generasi Z di Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. SOLIDARITY 12 (1). 68-80.
Bala, D. M., & Verma, D. 2018. A Critical Review of Digital Marketing. International Journal of Management, IT & Engineering, 8(10), 321–339.
Fadila, Nika Nencyana dan dkk. 2023. Fenomena Thrifting Yang Populer Dikalangan Mahasiswa. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan. 1(3). 279-291.
Fauzan & Indira. 2022. Strategi Komunikasi Pemasaran Fashion Bekas/Thrift Shop Pada Pasar 18 Kota Binjai. Best Journal (Biology education, science & technology). 5(2). 428-433.
Gardaseviy, Jovana. 2018. Razumevanje motiva koršćenja društvenih mreža u funkciji unapređenja komunikacije sa potrošačima (Memahami motif penggunaan jejaring sosial untuk meningkatkan komunikasi dengan konsumen). Journal Marketing. 49(4). 311-320.
Hasan, Golan dan dkk. 2022. Implementasi Pemasaran Digital Sebagai Strategi Pemasaran dan Untuk Meningkatkan Penjualan (Studi Pada UKM Yosu Preloved Di Kota Batam). SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1). 505-515.
Husaini, Fahrul. 2021. Analisis Faktor Kegagalan Wirausaha (Studi Kasus Pada Usaha Mikro, Kecil & Menengah). Juremi: Jurnal Riset Ekonomi.
Kusumasondjaja, S. 2018. Peran daya tarik pesan dan orientasi terhadap efektivitas komunikasi merek media sosial: Sebuah bukti dari Indonesia. Jurnal Pemasaran dan Logistik Asia Pasifik, 30(4), 1135-1158
Louisia Wisnuwardhani, Louisia dkk. 2015. Upaya Peningkatan Penjualan Baju Bekas Melalui Media Facebook (Studi Pada Viee Second Kalla). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 1(1). 1-8.
Lupa Wójcik, Iwona. 2020. Groups On Facebook As A Marketing Tool. Marketing Of Scientific And Research Organizations,37(3). 17–32.
Nabila, Nuzul Inas dan dkk. 2023. Persepsi Konsumen Terhadap Aktivitas Social Media Marketing Di E-Commerce Industry. Jurnal pemasaran Kompetitif. 6 (2). 159 – 170.
Nanda, Aditya Surya dan Fitryani. 2022. Implikasi Elektronik Word Of Mouth Dalam Membangun Trend Pembelian Thrift Pada Ecommerce. 2 st Proceeding STEKOM. 2(1). 171-178.
Nugroho, Latif Setyo. 2023. Thrifting Budaya Konsumsi Pakaian Bekas Pada Mahasiswa. Jurnal Dinamika Sosial Budaya.25(3). 20 – 27.
Popescu, A dan Handaric. 2022. The Importance Of Social Media Marketing Strategies For Small Businesses. Buletin Universitas Transilvania Braÿov Seri V: Ilmu Ekonomi. 15(64) No.2.
Rahadi, Dedi Rianto dan Zanial. 2017. Sosial Media Marketing Dalam Mewujudkan E-Marketing. Jurnal Pemasaran, 8 (4), 71-72.
Saeidi, Shahram dan Zahra. 2023. Examining the correlation between metrics in the Instagram social network to identify fake pages and improve marketing. Computers in Human Behavior Reports 12.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.