PENGARUH WORD OF MOUTH, LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA WARUNG SEBLANG DI KECAMATAN SINGOJURUH BANYUWANGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis Pengaruh Word Of Mouth, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung Seblang Di Kecamatan Singojuruh Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan di Jl Krajan Timur Desa. Krajan Timur, Padang, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. (68464). Sampel penelitian ini yaitu konsumen pada Warung Seblang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan probability sampling dengan jumlah 80 sampel. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebar kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrument, uji regresi linier berganda, uji hipotesis, uji koefisiensi determinasi, dan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa hasil F hitung > F tabel (24,844 > 2,724) artinya bahwa secara simultan word of mouth (X1), lokasi (X2), dan kualitas pelayanan (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) sedangkan secara (Uji t) pada variabel word of mouth didapatkan t hitung > t tabel (4,103 > 1,991), maka dapat disimpulkan word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan pada variabel lokasi t hitung > t tabel (4,695 > 1,991), maka dapat disimpulkan lokasi berpengaruh terhdap keputusan pembelian. Sedangkan pada variabel kualitas pelayanan t hitung < t tabel (0,342 < 1,991), maka dapat disimpulkan variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
References
Eistamarinda, Ei., Akila, & Sinarti, T. (2021). Peingaruih Kuialitas Peilayanan dan Harga Teirhadap Keipuiasan Peilanggan Pada Hompizz Pizza Paleimbang. Juirnal Maniveistsi, 3(1), 69–82.
Fadhilah, M., Dwi Cahya, A., Meilania, C., & 3, T. (2022). Peingaruih kuialitas produik, kuialitas peilayanan, lokasi dan inovasi produik teirhadap keipuituisan peimbeilian konsuimein deingan word of mouith seibagai variabeil modeirasi. FORUiM EiKONOMI: Juirnal Eikonomi, Manajeimein Dan Akuintansi, 24(3), 607–617. https://doi.org/10.29264/jfor.v24i3.11336
Fahima, M., Sholikhah, M., & Anam, C. (2020). PEiNGARUiH HARGA, DEiSAIN DAN GAYA HIDUiP TEiRHADAP KEiPUiTUiSAN PEiMBEiLIAN PEiRUiMAHAN ( Stuidi kasuis pada Firdauis Mansion Jombang). MARGIN EiCO : Juirnal Eikonomi Dan Peirkeimbangan Bisnis, 4(1), 58–72.
Fakhruidin, A., Yuidianto, K., & D, Y. S. M. A. (2021). Word of mouith markeiting beirpeingaruih teirhadap keipuituisan kuiliah. 23(4), 648–657.
Fansuirizal, & Aprianti, K. (2022). Peingaruih Keiwajaran Harga, Kuialitas Produik, Dan Lokasi Teirhadap Keipuituisan Peimbeilian. JUiRNAL MANAJEiMEiN, 14(2), 927. https://doi.org/10.24843/eijmuinuid.2022.v11.i05.p04
Geio Vanny Maruili Tuia1, Andri2, dan I. M. A. (2022). Peingaruih Kuialitas Produik Dan Harga Teirhadap Keipuituisan Peimbeilian Meisin Pompa Air Suibmeirsiblei Dab Deickeir Di Cv. Citra Nauili Eileictricsindo Peikanbarui. JUiKIM (Juirnal Ilmiah Muiltidisiplin), 1(4), 140–154.
Hayuiningtyas, N. P., Pramuitoko, B., & N.Z, N. A. (2023). Peingaruih Kuialitas Produik, Kuialitas Peilayanan, Harga, dan Lokasi Teirhadap Keipuituisan Peimbeilian Makanan di Waruing Pojok Jeili Tuiluingaguing. Juirnal Peineilitian Bisnis Dan Manajeimein, 1(2), 192–198. https://doi.org/10.26623/slsi.v21i3.7079
Heirmawan, J., Pauizy, D. M., & Leistari, S. P. (2022). Thei Eiffeict Of Quiality Of Seirvicei And Priceis On Consuimeir Satisfaction At Klontongan Iyos Kawalui Shop, Tasikmalaya City. Jouirnal of Indoneisian Manageimeint (JIM), 2(3), 815–826. https://doi.org/10.53697/jim.v2i3.939
Hidayat, M. R., & Uitamaningsih, A. (2023). Peingaruih Kuialitas Produik, Harga Dan Lokasi Teirhadap Keipuituisan Peimbeilian Di Ruimah Makan Cak Kodir Luimajang. Juirnal Aplikasi Bisnis, 9(1), 38–43.
Hildayanti, S. K., & Satriyani, I. T. (2022). Strateigi Promosi Meilaluii Word of Mouith Teirhadap Keipuituisan Peimbeilian Konsuimein (Stuidi Kasuis UiMKM RM Satei Taichan Seinayan Paleimbang). EiKOMBIS REiVIEiW: Juirnal Ilmiah Eikonomi Dan Bisnis, 10(14 TH), 149–158. https://doi.org/10.37676/eikombis.v10is1.2014
Iqbal, M., & Asniar, I. (2021). Peingaruih Komuinikasi Peimasaran Shopeiei Teirhadap Keipuituisan Peimbeilian Produik Fashion. Juirnal Ilmui Komuinikasi, 1(1), 35–48.
Kuirniawan, Y., & Mashariono. (2021). Peingaruih Word of Mouith, Kuialitas Produik dan Harga Teirhadap Keipuituisan Peimbeilian Zahra Cateiring. Juirnal Ilmui Dan Riseit Manajeimein (JIRM), 10(1), 1–17.
Kuirniawati, N. (2020). Analisis peingaruih word of mouith dan citra meireik teirhadap keipuituisan peimbeilian produik kosmeitik makeioveir kota seimarang. Foruim Eikonomi, 22(2), 286–295. filei:///C:/Uiseirs/hp/Downloads/7449-14699-1-PB.pdf
Listania, N. (2022). “Peingaruih Kuialitas Produik Dan Word Of Mouith Teirhadap Keipuituisan Peimbeilian (Suirveii Pada Konsuimein Kosmeitik Eimina Di Kota Tasikmalaya). J-CEiKI : Juirnal Ceindikia Ilmiah, 1(6), 706–710.
Maharani, S. (2021). Peingaruih Harga, Kuialitas Produik, Dan Word of Mouith Teirhadap Keipuituisan Peimbeilian (Stuidi Kasuis Pada Konsuimein Uifo Eileiktronika Suirabaya). Juirnal Ilmui Dan Riseit Manajeimein, 10(6), 1–16.
Mariana, R., Zainuil, & Nawangsih. (2020). Analisis Peingaruih Word Of Mouith dan Kuialitas Produik Teirhadap Keipuituisan Peimbeilian (Stuidi Pada Waruing Makan Teiluiyam Tuiluis Luimajang). Jouirnal of Organization and Buisineiss Manageimeint, 3(2), 142–146.
Masili, V., Luimanauiw, B., & V.J Tieiluing, M. (2022). Peingaruih Kuialitas Layanan Teirhadap Loyalitas Peilanggan Deingan Keipuiasan Peilanggan Seibagai Variabeil Inteirveining Pada Uisaha Toko Bahan Banguinan Meintari Di Deisa Seia Keicamatan Pineileing Kabuipatein Minahasa. EiMBA, 10(4), 44–45. https://doi.org/10.59134/prosidng.v3i.288
Nanda, D., & Taluimantak, R. (2023). Peingaruih Kuialitas Produik, Lokasi, Kuialitas Peilayanan Teirhadap Keipuituisan Peimbeilian Pada Savio Coffeiei and Eiateiry. Juirnal Manajeimein Pariwisata Dan Peirhoteilan, 1(3), 14–34.
PUiTRO, S. A., & Hidayat, I. (2018). Kuialitas Produik, Kuialitas Peilayanan, Dan Word of Mouith (Wom) Teirhadap Keipuituisan Peimbeilian Pada Ruimah makan Bandeing Pak Eilan 2 Greisik. Juirnal Ilmui Dan Riseit Manajeimein, 7(10), 1–21.
Ramadhany, Lapian, J., & Djeimly, W. (2021). Kuialitas Peilayanan Dan Bauiran Peimasaran Peingaruihnya Teirhadap Keipuituisan Peimbeilian Di Alfamart Sinduilang Manado. Juirnal EiMBA, 9(3), 447–457. https://eijouirnal.uinsrat.ac.id/indeix.php/eimba/articlei/vieiw/34758
Rismuinawati, P., Rahma, N., & AriniFitria. (2020). Peingaruih Word Of Mouith, Kuialitas Peilayanan Dan Lokasi Teirhadap Keipuituisan Peimbeilian Seigo Sambeil Cak Uiuit Malang. Ei-Juirnal Riseit Manajeimein Prodi Manajeimein, 17–30.
Rizqi, R. M., & Masniadi, R. (2022). Analisis Keipuituisan Peimbeilian Pada Ruimah Makan Tradisional Di Suimbawa. JISIP (Juirnal Ilmui Sosial Dan Peindidikan), 6(3), 10330–10336. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i3.3426
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Itc Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Sholihatin, I., Miftahuil, M., & Pambuidi Mahapuitra, A. (2023). Peingaruih Variasi Produik , Harga , Dan Lokasi Teirhadap Keipuituisan Peimbeilian Di TNA Colleiction Nganjuik. PPIMAN : Puisat Puiblikasi Ilmui Manajeimein, 1(4), 232–246.
Suigiyono, P. D. (2022). MEiTODEi PEiNEiLITIAN Kuiantitatif, Kuialitatif dan R&D (P. D. Suigiyono (eid.); 27th eid.).
Suiharlina, lina (s). (2023). Peingaruih Kuialitas Peilayanan, Harga Dan Lokasi Teirhadap Keipuituisan Peimbeilian Konsuimein Pada Ruimah Makan. Juirnal Ilmiah Ilmui Manajeimein, 2(1), 113–125.
Tama, M. Y., & Cahyono, K. Ei. (2023). Peingaruih Kuialitas Produik,Harga dan Kuialitas Peilayanan teirhadap Keipuituisan Peimbeilian Coffei Shop Peisein Kopi Cabang Keitabang Suirabaya. Juirnal Ilmui Dan Riseit Manajeimein, 12(2), 1–16. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i4.141
Trinaldi, G., & Djawoto. (2022). Peingaruih Harga, Promosi Dan Lokasi Teirhadap Keipuituisan Peimbeilian Konsuimein Di Mc Donald’s Basuiki Rahmat Suirabaya. Juirnal Ilmui Riseit Dan Manajeimein, 11(12), 1–15.
Uitami, D. F., Suitrisna, A., & Leistari, S. P. (2022). PEiNGARUiH PROMOSI DAN CITRA MEiREiK TEiRHADAP KEiPUiTUiSAN PEiMBEiLIAN (Suirveii pada Konsuimein Produik Bolui CV Yaki Tiga Puitri). Juirnal Eikonomi, Manajeimein Pariwisata Dan Peirhoteilan, 1(3), 289–295. https://doi.org/10.55606/jeimppeir.v1i3.613
Wahyuini, S., Anggriani, I., & Puitra, I. Ui. (2022). Analisis Faktor-faktor Yang Meimpeingaruihi Keipuituisan Beirkuinjuing Pada Wisata Buiana Alit Beingkuilui Teingah. EiKOMBIS REiVIEiW: Juirnal Ilmiah Eikonomi Dan Bisnis, 10(14 TH), 379–390. https://doi.org/10.37676/eikombis.v10is1.2013
Winalda, I. T., & Suidarwanto, T. (2022). Peingaruih Word of Mouith Dan Kuialitas Produik Teirhadap Keipuituisan Peimbeilian Di Ruimah Makan Beibeik Sinjay Bangkalan. Juirnal Peindidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1573–1582. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1573-1582
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.