ANALISIS BEAUTY VLOGGER, PRODUK HALAL DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI KOSMETIK MUSLIMAH DI INDONESIA

  • Ferani Zayyinatul Afifa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Sidoarjo
  • Rita Ambarwati S Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Sidoarjo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui Analisis Beauty Vlogger, Produk Halal, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Kosmetik Muslimah di Indonesia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling. Adapun teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan teknik sampling tersebut maka karakteristik responden dalam penelitian ini yaitu viewers yang pernah atau sering menonton beauty vlog Tasya Farasya dari berbagai sosial media seperti Instagram atau YouTube dan serta menggunakan produk kecantikan yang berlabel halal. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis alur (Path Analysis) dengan bantuan Software untuk sistem operasi yang bernama Smart-PLS (Partial Least Square) Versi 3.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa Beauty Vlogger Berpengaruh Terhadap Minat Beli, Produk Halal Berpengaruh Terhadap Minat Beli, Citra Merek Berpengaruh Terhadap Minat Beli.

References

Aditama, YS, & Amron, A. (2024). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Minat Beli Ulang Mixue Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8 (1), 571-584. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3676.
Aesthetika, N., Maghfirah and Kusdiyanti, N. Tita. (2020). Persepsi Review Produk MakeUp Melalui Beauty Vlogger di Youtube. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol.8. Hal : 83
Aina, Munirotul., Ugy Soebiantoro., Zawawi. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Smartphone IphoneStudi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan BisnisUPN ‘’Veteran’’ Jawa Timur. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, Vol. 6, No. 2. DOI: 10.47467/alkharaj.v6i2.4456.
Anggraini., Inar., and Diah S. D. (2020). “The Effect of Halal Foods Awareness on Purchase Decision with Religiosity as a Moderating Variable.” Journal of Economics Research and Social Sciences .4(1). doi: 10.18196/jerss.040116.
Aprilia, F., Saraswati, TG. (2021). Analisis Kesadaran Halal Sebagai Variabel Intervening Pada Pengaruh Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Kosmetik Halal Wardah Di Kabupaten Pemalang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5 (1), 1124-1135. https://doi.org/10.31955/mea.v5i1.980
Ernawati, Sri., Iwan Koerniawan. (2023). Pengaruh Label Halal Dan Kesadaran Halal Terhadap Minat Pembelian Konsumen Pada Produk UMKM Di Kota Bima. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, Vol.16, No.1. DOI: https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v16i1
Fitriani, Anisa. (2023). Pengaruh Label Halal Terhadap Minat Beli Obat Bebas Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Masyarakat Bandung). EDUCATIONIST: Journal of Educational and Cultural Studies, VOL. 2, No. 2, pp. 65-70.
Ghazali, I dan L, Hengki. (2019). Partial Least Square Konsep Teknik dan Aplikasi Menggunakan SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit Univrsitas Diponegoro.
Ginting, Sinta Ulina., M. Khoiri. 2023. Pengaruh Iklan, Beauty Vlogger dan Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kecantikan Wardah di Kota Batam. SEIKO : Journal of Management & Business, Vol. 6, No 2
Hadinata, Denda Rinaldi, Sri Haryanti. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek, Status Pionir terhadap Minat Beli Jasa Reservasi Hotel Online. Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, Vol. 20 No. 1. DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v20i1
Haninda, A. R. dan A. A. P. (2020). Pengaruh Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Di Smk Telekomunikasi Telesandi Bekasi. Jurnal Komunikasi, 6(1).
Hayaputri, M. F. (2020). Vlogger dari Sudut Pandang Opinion Leadership. 4(17). https://buletin.k-pin.org/index.php/arsip-artikel/310-peran-beauty-vlogger-dari-sudut-pandang-opinion-leadership
Hernaningsih, F. (2024). Faktor Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Colorfit Last All Day Lip Paint Di Mall Ciplaz Klender. JIMEA | Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7 (2). https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3041
Hidayati, N., & Yuliandani, L. (2020). Pengaruh Beauty Vlogger, Citra Merek Dan Label Halal Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 12(1), 65–76. https://doi.org/10.37151/jsma.v12i1.5
Husna, Asmaul, Lina Aryani. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Persepsi Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Korean Food (Studi Kasus Konsumen Gildak Di Jakarta Timur). Journal of Young Entrepreneurs, Vol. 2, No. 1. https://ejournal.upnvj.ac.id/index.php/jye
Kawatak, I. (2019). Pengaruh Beauty Vlogger Dalam Meningkatkan Minat Beli Produk Kecantikan Studi pada Viewer YouTube Purbasari Channel Tasya Fasarya. Universitas Sanatha Dharma.
Kusnanto, D. (2020). Pengaruh Beauty Vlogger Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Pada Minat Beli Produk Kosmetik Halal. Jurnal Mirai Management, 5(2).
Larasati., Virginia., & Oktivera, Elsie. (2019). Media Sosial Instagram berpengaruh terhadap minat beli produk Wardah. Jurnal Administrasi Kantor, 7(1), 31–40.
Laraswati, C., Harti. (2022). Pengaruh Persepsi Kualitas, Citra Merek Dan Etnosentrisme Konsumen Terhadap Minat Pembelian Produk Somethinc. Jurnal Ekobis: Ekonomi, Bisnis & Manajemen, Vol 12 No. 2. http://ejournal.stiemj.ac.id/index.php/ekobis 185
Maharani, HID., Supardi, S., & Pramedaka, K. (2024). Pengaruh Label Halal Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada Toko Bakery (Studi Pada Toko Syarah Bakery Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 940-956. https:// doi.org/10.31955/mea.v8i1.3773
Muhaini., Indira F. D. (2023). Studi Korelasi Pesan Tayangan Vidio Blog Youtube Tasya Farasya Terhadap Minat Penggunaan Make-Up pada Remaja Perempuan. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, Vol.1 No. 3. https://journal.csspublishing/index.php/ijm
Ningtiyas, Galuh., C.W Hidayat., Sri Wilujeng. (2020). Pengaruh Beauty Vlogger Sebagai Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Mediasi. Journal Riset Mahasiswa Manajemen (JRMM), Vol. 8, No. 1.
Pertiwi, Afriliya Dian, Syaifuddin Fahmi. (2022). Pengaruh Harga, Promosi Digital Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Fashion Di Marketplace. JEMBA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol.1, No.4. http://bajangjournal.com/index.php/JEMBA
Resticha, D. dan R. H. (2019). Analisis Pengaruh Variasi Produk Dan Labelisasi Halal Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang Pada Kosmetik Wardah. Journal of Business Administration, 3(1).
Sari, D. M. (2019). Pengaruh Beauty Vloggerdan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Vol. 8, No. 5.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Suheri, Ahmad, Henny Welsa., Ignatius Soni Kurniawan. (2022). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian Maskapai Penerbangan Sriwijaya Air. Jurnal Kolaboratif Sains, Vol. 05, No. 02.
Sunarti, Wibowo, E., & Utami, S. S. (2019). 1. Pengaruh Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Mediasi (Survei Pada Mahasiswi Universitas Slamet Riyadi Surakarta). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 19(4), 578–589
Tangka, G.C., H.N. Tawas., L.O.H. Dotulong. (2022). Pengaruh Iklan Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Sepatu Merek Ventela (Ventela Shoes) Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakulas Ekonomi Unsrat. Jurnal EMBA, Vol. 10 No. 1.
Utami. (2019). Pengaruh Daya Tarik Keahlian dan Kepercayaan B eauty Vlogger Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kecantikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wati, Eni Kusuma. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah Pada Pengguna Media Sosial Instgram (Survei Online Pada Pengikut Instgaram @WardahBeauty). Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, Vol. 3, No.1.
Yanti, Novrita Dewi., Darwanto. (2020). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal Dan Digital Selling Terhadap Minat Beli Kosmetik Halal. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Doi: 10.30868/ad.v5i01.1
Yuliandani, L. dan N. H. (2019). Pengaruh Beauty Vlogger, Citra Merek Label Halal Terhadap Minat Beli Kosmetik Wardah (Studi Kasus Pada Mahasisqa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Pelita Bangsa angkatan 2016). Universitas Pelita Bangsa.
Published
2024-04-01
How to Cite
Afifa, F., & Ambarwati S, R. (2024). ANALISIS BEAUTY VLOGGER, PRODUK HALAL DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI KOSMETIK MUSLIMAH DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 2077-2094. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3924
Section
Articles