ANALISIS PENGARUH PENERAPAN GREENPORT TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA DI PT TERMINAL TELUK LAMONG GRESIK MELALUI CITRA BADAN USAHA PELABUHAN

  • Djuliyanto Djuliyanto Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta
  • Desman Adi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta
  • Aditya Putra Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta
  • Wardoyo Dwi Kurniawan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Abstract

Terminal Teluk Lamong merupakan Terminal Semi Otomatis Pertama di Indonesia dengan teknologi ramah lingkungan. Terminal Teluk Lamong dibangun sebagai implementasi Pengembangan Pelabuhan Tanjung Perak yang dilengkapi dengan peralatan bongkar muat menggunakan teknologi modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengembangkan pengaruh penerapan  Greenport terhadap kepuasan pengguna jasa melalui citra Badan Usaha Pelabuhan di PT. Terminal Teluk Lamong Gresik. Strategi penelitian yang digunakan pada penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan explanatory research. Sampel penelitian sebanyak 155 pengguna jasa di PT. Terminal Teluk Lamong Gresik. Alat analisis yang digunakan SPSS untuk uji instrumen dan SEMPLS dengan SmartPLS untuk menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat pengaruh positif yang signifikan penerapan Greenport terhadap citra Badan Usaha Pelabuhan,  Terdapat pengaruh positif yang signifikan penerapan Greenport terhadap kepuasan pengguna jasa,   Terdapat pengaruh positif yang signifikan citra Badan Usaha terhadap kepuasan pengguna jasa, Citra Badan Usaha Pelabuhan mampu memediasi penerapan Greenport terhadap kepuasan pengguna jasa di PT. Terminal Teluk Lamong Gresik. Disimpulkan baik secara langsung maupun tidak langsung terdapat pengaruh penerapan  Greenport terhadap kepuasan pengguna jasa melalui citra Badan Usaha Pelabuhan di PT. Terminal Teluk Lamong Gresik

References

A. Buku
Kotler, P & Amrstrong, G, (2018) Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit. Salemba Empat. Jakarta.
Kotler, P & Keller (2016) Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Firmansyah, A. (2018) Pengantar Manajemen. Edisi ke-1. Yogyakarta: Deepublish.
Ardianto (2016) Metodologi Penelitian Untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa.
Umar, H. (2016) Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya. Ilmiah. Jakarta: Kencana
Sugiyono (2018) Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono (2020) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatit Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2019) Metode Penelitian Dan Pengembangan Research Dan. Development. Bandung : Alfabeta.
Ridwan dan Kuncoro (2016) Cara Menggunakan dan Memakai. Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung : Alfabeta
Ghozali (2014). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. & Latan, (2018) Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan. Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, I. (2015) Teori Akuntansi, Badan Penerbit Universitas. Diponegoro, Semarang.
B. Artikel Jurnal
Abdel-Salam et al. (2010) Studies on the effects of aspartame on memory and oxidative stress in brain of mice. Eur Rev Med Pharmacol Sci 16 (15) : 2092 - 101
Sasono (2021) The Impact of E-service Quality and Satisfaction on Customer Loyalty: Empirical Evidence from Internet Banking Users in Indonesia. Journal of Asian Finance. Economics and Business. Vol.8, No.4
Janadari, M.P.N. et al. (2018) ‘Evaluation of measurement and structural model of the reflective model constructs in PLS-SEM’, The Sixth (6th) International Symposium of South Eastern University of Sri Lanka, (September), pp. 187–194.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2024-03-28
How to Cite
Djuliyanto, D., Adi, D., Pratama, A., & Kurniawan, W. (2024). ANALISIS PENGARUH PENERAPAN GREENPORT TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA DI PT TERMINAL TELUK LAMONG GRESIK MELALUI CITRA BADAN USAHA PELABUHAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 1917-1945. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3920