ANALISIS PENGARUH PENGELOLAAN BADAN USAHA PELABUHAN OLEH PT. PELABUHAN CILEGON MANDIRI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PENGGUNA JASA KAPAL DI PELABUHAN BANTEN

  • Ariel Vicrihadi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta
  • Agus Kurniawan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta
  • Eko Didik Harnoko Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta
  • Idham Maulana Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Jakarta

Abstract

Potensi kepelabuhan terdapat lebih dari 30 pelabuhan industri yang diarahkan untuk dikembangkan dan dimajukan, maka pemerintah Provinsi Banten membentuk Perusahaan Daerah atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yakni PD. PCM yang kini menjadi PT. Pelabuhan Cilegon Mandiri yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pengelolaan dan pelayanan bidang Pemanduan dan Penundaan kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengembangkan pengaruh pengelolaan Badan Usaha Pelabuhan oleh PT Pelabuhan Cilegon Mandiri terhadap loyalitas pengguna jasa kapal melalui kepuasan pelanggan di Pelabuhan Banten. Strategi penelitian yang digunakan pada penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan explanatory research. Sampel penelitian sebanyak 108 pengguna jasa di Pelabuhan Banten. Alat analisis yang digunakan SEMPLS dengan SmartPLS untuk menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat pengaruh positif yang signifikan pengelolaan Badan Usaha Pelabuhan oleh PT Pelabuhan Cilegon Mandiri terhadap kepuasan pengguna jasa kapal,  Terdapat pengaruh positif yang signifikan pengelolaan Badan Usaha Pelabuhan oleh PT Pelabuhan Cilegon Mandiri terhadap loyalitas pengguna jasa kapal, Terdapat pengaruh positif yang signifikan Kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pengguna jasa kapal, Kepuasan pengguna jasa kapal mampu memediasi pengelolaan Badan Usaha Pelabuhan oleh PT Pelabuhan Cilegon Mandiri terhadap loyalitas pengguna jasa kapal di Pelabuhan Banten. Disimpulkan baik secara langsung maupun tidak langsung terdapat pengaruh pengelolaan Badan Usaha Pelabuhan oleh PT Pelabuhan Cilegon Mandiri terhadap loyalitas pengguna jasa kapal melalui kepuasan di Pelabuhan Banten

References

Abdillah, Willy dan Jogiyanto. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Ed.1. Yogyakarta: ANDI
Aji et al., (2022) Integrated Port Time Control for Shipping Companies. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG), 9(2), 189–200.
Arikunto, S. (2016) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chang & Thai, (2018) Do port security quality and service quality influence customer contentment and loyalty? Maritime Policy & Management The flagship journal of international shipping and port experimentation . ISSN: 0308-8839 (Print) 1464-5254 (Online)
Fadillah, F., & Haryanti, I. (2021). Analisis Pengaruh Fasilitas dan Fasilitas bongkar muat Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Dermaga Indonesia (Pelindo) III Cabang Bima.Jurnal At-Tamwil Kajian Ekonomi Syariah, 3(2), 125–139.
Ghozali, I. (2006)Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegor
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Griffin (2013) Perilaku Organisasi Manajemen. Jakarta : Salmeba Empat. H
Griffin (2018) Perilaku organisasi: Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi. Jakarta: Salemba. Empat.
Griffin, (2015) Customer Loyality, Menumbuhkan dan Mempertahankan. Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga
Gurning, Raja Oloan Saut dan Eko Hariyadi Budiyanto, (2007), Manajemen Bisnis. Dermaga , APE Publishing: Jakarta.
Hasan (2015) Tourism Marketing. Center for Academic Publishing Service. Yogyakarta.
Hurriyati, R. (2015) Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung. Alfabeta.
Hefyansyah et al., (2020) Kinerja Pelayanan Terminal Terpadu Merak. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik, 7(1), 77–86.
Kolanovic, I., Skenderovic, J., dan Zenzerovic Z. (2008). Defining the Port Service Quality Model by using the Factor Analysis. Pomorstvo. 22(2):283-297.
Kotler, P (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih. Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit. Prenhalindo.
Kotler, P (2015) Marketing introducing prentice Hall twelfth edition. England: Person education.
Kotler, P. & Keller, 2018 Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid. 2. Jakarta: PT Indeks.
Mahmudi (2010) Manajemen Kinerja Sektor Publik. Penerbit UUP STIM YKPN,. Yogakarta.
Mowen & Minor (2005) Perilaku Konsumen Jilid 1. Terjemahan oleh Lina Salim. 2005. Jakartaa: Erlangga.
Mulatsih et.al., (2018) Manajemen Kualitas Pelayanan Transportasi Laut Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Bongkar Muat Jurnal Organisasi dan Manajemen, Volume 14, Nomor 2, September 2018, 151-160.
Natarajan, R., & Sudha,V. (2016). A Relationship between Brand Image and Brand Loyalty ( A Study with Reference to FMCG Consumers in Vellore District) Journal of Economic and Business Review, 4, 139-142.
Perpu Nomor 31 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Pelayaran
Rangkuti, F. (2012) Measuring Customer Satisfication. PT Gramedia Pustaka. Utama. Jakarta.
Riduwan & Kuncoro, (2016) Cara Menggunakan dan Memakai. Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung : Alfabeta.
Riduwan (2016), Dasar-dasar Statistika. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Samawati, (2021) Konsesi Dermaga Bentuk Pendelegasian Pengelolaan Kedermaga an Kepada Pelaku Bisnis Dermaga ,” J. Ilm. Huk. Kenotariatan, vol. 10, no. 2, 2021
Sarwono Y., (2010) Pintar Menulis Karya Ilmiah-Kunci Sukses dalam Menulis Ilmiah. Andi:Yogyakarta
Sekaran dan Bougie (2016) Experimentation Methods for Business. In A Skill-Building Approach.
Sugiarto, (2017) Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi.
Sugiyono (2018) Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta CV.
Sugiyono (2019) Metode penelitian kombinasi (mixed methods) Bandung: Alfabeta CV.
Sugiyono, (2017) Metode Penelitian Terukur , Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suliyanto (2018) Metode Penelitian Bisnis. Untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi, Jakarta : Andi
Suryani dan Hendriadi (2015) Metode Riset Terukur Teori dan Aplikasi pada. Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenada. Media Group.
Sutisna (2013) Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Erlangga, Jakarta
Talley (2007) Port Performance: An Economics Perspective. In: Brooks,. M. R. and Cullinane, K. (Eds). Devolution, Port Governance and Port.
Tjiptono, F. (2012) Pemasaran Jasa, Banyumedia, Yogyakarta.
Tongzon, J. L. and Sawant, L. (2007). Port Choice in a Competitive Environment: from the Shipping Lines’ Perspective. Applied Economics. 39(4), 477-492.
Triatmodjo, (2017) Perencanaan Dermaga . Yogyakarta: Penerbit BPFE
Umar, H (2012) Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Edisi Kedua, Jakarta, PT Rajagrafindo
Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja
Usmara (2015) Pemikiran Kreatif Pemasaran. Yogyakarta; Amara Books.
Utami, (2017) Manajemen Ritel. Salemba Empat. Jakarta
Wijanto dan Heri (2015) Structural Equation Modeling dengan Lisrel 8.8 Konsep dan Tutorial, Graha Ilmu
Aji, Asyqar Prabowo et al. 2022. “Integrated Port Time Control for Shipping Companies.” Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG) 9(2): 189–200.
Hefyansyah, Anton, L Denny Siahaan, and Sarinah Sihombing. 2020. “Kinerja Pelayanan Terminal Terpadu Merak.” Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik 7(1): 77–86.
Novirsari, Emma, and Sungguh Ponten Pranata. 2021. “The Role of Brand Trust in Mediating Brand Image Towards Loyalty of Visitors in Lake Toba.” Journal of Sosial Science 2(5): 610–15.
Ponten, Sungguh. 2023. “Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli Online Melalui Sosial Media.” Realism: Law Review 1(3): 79–90.
Pranata, Sungguh Ponten. 2019. “Analisis Pengaruh Kepemimpinan Visioner, Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada SMA Negeri Di Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara.” Bisman Info 6(3): 51–56.
———. 2022a. “A PENGARUH KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PAKET TELKOMSEL DARI PRESPEKTIF KUALITAS JARINGAN, CITRA MEREK DAN PROMOSI (Studi Kasus Pada Siswa SMK Brigjend Katamso II Medan): PENGARUH KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PAKET TELKOMSEL DARI PRESPEKTIF KUALITAS JARINGAN, C.” Jurnal Mahkota Bisnis (Makbis) 1(2).
———. 2022b. “The Influence of Lecturer Competence, Lecturer Creativity, and Utilization of E-Learning Media (E-MTU) on Student Understanding at Universitas Mahkota Tricom Unggul During the Covid-19 Pandemic.” Enrichment: Journal of Management 12(2): 2285–92.
Pranata, Sungguh Ponten, and Anggiat Sinaga. 2023. “Analysis of Brand Awareness and Brand Image Strategies on Lake Toba Tourists’ Interest through the F1H20 Power Boat Digital Marketing Strategy in Balige, North Tapanuli.” Journal of Business Management and Economic Development 1(02): 240–49.
Rudianto, R., A. Suhalis, and Y. Pahala. 2014. “Kaitan Kompetensi Dan Disiplin Dengan Kinerja Awak Armada Kapal Sungai.” Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi dan Logistik 1(1): 132-150.
Wijaya, Hendry, and Johanes. 2019. “Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kompetensi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Berlian Transtar Abadi Medan.” I(1): 20–30.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2024-03-24
How to Cite
Vicrihadi, A., Kurniawan, A., Harnoko, E., & Maulana, I. (2024). ANALISIS PENGARUH PENGELOLAAN BADAN USAHA PELABUHAN OLEH PT. PELABUHAN CILEGON MANDIRI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PENGGUNA JASA KAPAL DI PELABUHAN BANTEN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 1830-1860. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3914
Section
Articles