PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SERVICESCAPE DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BURGER BANGOR SIDOARJO
Abstract
Kepuasan konsumen dalam beberapa faktor dapat mempengaruhi hal-hal tersebut yang mencakup kualitas dari layanan yang diberikan, layanancape dan citra merek. Melalui penelitian ini, bertujuan untuk mengamati kepuasan konsumen burger bangor Sidoarjo. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif asosiatif. Populasi pada penelitian ini tidak diketahui. Sedangkan sampel yang dipakai menggunakan rumus slovin sebanyak 108 responden yang diperoleh menggunakan metode Purposive Sampling . Data diperoleh dari penyebaran kuesioner dengan google form yang berisi beberapa pernyataan dengan skala likert. Instrumen juga akan di uji dengan uji validitas serta reliabilitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode IBM SPSS 24 dengan beberapa tahapan pengujian yaitu uji normalitas, multikolineritas, heterokedastisitas, analisis regresi linier berganda dan signifikasi parsial (Uji-T). Hasil penelitian menemukan bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh sebagian terhadap kepuasan konsumen, pelayanancape memberikan pengaruh sebagian terhadap kepuasan konsumen serta citra merek memberikan pengaruh sebagian terhadap kepuasan konsumen.
References
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94
Anugrah, K., & Sudarmayasa, I. W. (2020). Kualitas Pelayanan Jasa Akomodasi. Ideas Publishing.
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Helm LTD (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Pendekatan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 897.
Aseandi, R. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Pegadaian Syariah Cab Meureudu Aceh. Wahana Inovasi, 9(Jan-Juni 2020), 48–63.
Daga, D. R. (2017). Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan (M. E. Prof. Dr. Hamzah Upu (arg.)). Global Research And Consulting Institute.
Damaryantia, F., Thalibb, S., & Miranda, A. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(2).
Hafidz, G. P., & Muslimah, R. U. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek, Kepercayaan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Herbalife. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 253–274. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2912
Hidayani, N., & Arief, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bittersweet By Najla. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 6(1), 60–74. https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v6i1.1268
Hightower, R., & Shariat, M. (2009). Servicescape ’ s Hierarchical Factor Structure SERVICESCAPE ’ S HIERARCHICAL FACTOR STRUCTURE MODEL. Global Review of Business and Economic Research, 5(2).
Ihsan, M. N., & Sutedjo, B. (2022). Pengaruh brand image dan brand trust terhadap kepuasan konsumen dan dampaknya terhadap minat beli ulang. Forum Ekonomi, 24(1), 170–176. https://doi.org/10.30872/jfor.v24i1.10586
Juliana, Pramezwary, A., Tanzil, S. T., Angelina, V., & Putro, W. W. W. (2021). Analisis Kualitas Layanan dan Servicescape Terhadap Kepuasan Pelanggan Mcdonald’s Selama COVID-19. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(2), 230–240. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i2.179
Kurniawan, R. A. J., & Apprilia, A. (2019). Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Kfc Di Surabaya. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi, 7(2), 114–125. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240
Muliana, I., & Hadian, A. (2021). Pengaruh Servicescape terhadap Kepuasan Konsumen pada Cafe Aceh Corner Medan. Regress: Journal of Economics & Management, 1(1), 18–23. https://doi.org/10.57251/reg.v1i1.129
Mustajab, R. (2023). Konsumsi Rumah Tangga Indonesia Tumbuh 4,93% pada 2022. dataindonesia.id. https://dataindonesia.id/ekonomi/detail/konsumsi-rumah-tangga-indonesia-tumbuh-493-pada-2022
Nanincova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe and Bistro. Agora, 7(2), 1–5.
Nugraheny, D. E., & Meiliana, D. (2020). Data Kependudukan 2020: Penduduk Indonesia 268.583.016 Jiwa. Kompas.com. https://nasional.kompas.com/read/2020/08/12/15261351/data-kependudukan-2020-penduduk-indonesia-268583016-jiwa?page=all
Nurani, Mokhamad Eldon, & Berty Phechilia Ruspinendya. (2022). Pengaruh Servicescape, Brand Image, Dan Word of Mouth Terhadap Kepuasan Konsumen. BEMJ : Business, Entrepreneurship, and Management Journal, 1(1), 42–49. https://doi.org/10.36563/bemj.v1i1.579
Oktavia, N. K. (2023). Daftar Menu Burger Bangor 2023, Harga Bersahabat. tokopedia.com. https://www.tokopedia.com/blog/menu-burger-bangor-tvl/?utm_source=google&utm_medium=organic#:~:text=Salah satu yang menjual burger,total lebih dari 140 outlet
Pratama, M. P., & Setyorini, R. (2015). Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Konsumen Kafe Roti Gempol Dan Kopi Anjis Cabang Jalan Bengawan Bandung. e-Proceeding of Management, 2(1), 749–757.
Purbani, V. H., & Santoso, S. B. (2013). ANALISIS PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK, DIFERENSIASI PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Larissa Aesthetic Center Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 2(3), 1–9.
Putri, E. N. (2018). Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 62(1), 63–72.
Rana, A. (2023). 5 Burger Lokal Ini Tak Kalah Enak dengan Buatan Resto Cepat Saji Asing. detik.com. https://food.detik.com/info-kuliner/d-7031394/5-burger-lokal-ini-tak-kalah-enak-dengan-buatan-resto-cepat-saji-asing
Riana, I. G. A. P., & Dewi, P. (2019). PERAN KEPUASAN KONSUMEN MEMEDIASI PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP REPURCHASE INTENTION Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia ABSTRAK Manusia merupakan makhluk hidup yang memiliki banyak kebutuhan , salah satunya adalah makanan d. 8(5), 2722–2752.
Rosyda. (2021). Pengertian Kepuasan Pelanggan: Faktor, Indikator dan Optimalisasinya. gramedia.com. https://www.gramedia.com/literasi/kepuasan-pelanggan/
Safavi, V. D. R., & Hawignyo. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek terhadap kepuasan konsumen kartu prabayar The influence of service quality and brand image on prepaid card consumer satisfaction. Jurnal Manajemen, 13(1), 142–150.
Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. JSMBI ( Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia ), 9(2).
Sulistiyowati ST.MT, W. (2018). Kualitas Layanan: Teori Dan Aplikasinya (M. P. Septi Budi Sartika (arg.)). UMSIDA Press.
Wartama, I. K. A., & Thahir, H. (2021). Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Jasa Barbershop Di Kota Palu. JUMUT : Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 7(4), 310–320.
Yuni, A. (2021). Pengaruh Dimensi Lingkungan (Servicescape) Terhadap Loyalitas Konsumen. Universitas Lampung, 1–52.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.