ANALISA KINERJA GURU BERSERTIFIKAT DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI GURU DI PERGURUAN ADVENT JABODETABEK

  • Remember Fitry Universitas Advent Indonesia, Bandung Barat
  • Harlyn Siagian Universitas Advent Indonesia, Bandung Barat
  • Marlinda Siahaan Universitas Advent Indonesia, Bandung Barat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa hubungan antara kompetensi guru dan kinerja dan kepemimpinan kepala sekolah. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Sampel sebanyak 100 orang diambil dari guru di perguruan Advent di DKI Jakarta. Variable penelitan ini terdiri dari satu variable terikat (Y) dan dua variable bebas (X), yaitu: kompetensi guru (Y), kepemimpinan kepala sekolah (X2), dan kinerja guru bersertifikat (X1). Penelitian ini menggunakan SPSS versi 25 untuk menganalisis populasi. Hasilnya menunjukkan bahwa kinerja guru bersertifikat dan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara poditif terhadap kompetensi guru dengan kontribusi sebesar 55.1%. Faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini juga berpengaruh.

References

Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099
Anggraini, D. D. (2022). Penelitian Ilmu Kesehatan. PT. Global Eksekutif Teknologi Anggota IKAPI No.033/SBA/2022.
Anwar, A. S. (2020). Pengembangan Sikap Profesionalisme Guru Melalui Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan Mts Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147–173. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.79
Ardana, P., & Hendra Divayana, D. G. (2020). Kontribusi Sertifikasi Guru, Motivasi Kerja Dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 44–55. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3349
Arissandi, D. (2024). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di UPTD SDN 2 Rama Puja Lampung Timur dalam mempersiapkan peserta didik menjadi subyek yang makin berperan , menampilkan. 2(1), 20–33.
Aruni, F., & Faisal, F. (2021). Efektivitas Kebijakan Sertifikasi Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 42–48. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1976
Asmawati, A., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Cahaya Pendidikan, 7(1), 37–50. https://doi.org/10.33373/chypend.v7i1.2821
ASTUTI, A. (2019). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 435–449. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v5i1.79
Cecep, D. (2020). Implementasi Kebijakan Profesi Guru. Jurnal Wacana Paramarta, 61–67.
Damanik, R. (2019). Hubungan Kompetensi Guru Dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.37755/jsap.v8i2.170
Dina, A., Yohanda, D., Fitri, J., & ... (2022). Teori Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 149–158.
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02
Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90
Fitriani, I., Zulkarnaen, W., Sadarman, B., & Yuningsih, N. (2020). Evaluasi Kinerja Distribusi Logistik KPU Jawa Barat Sebagai Parameter Sukses Pilkada Serentak 2018. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 244-264. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp244-264
Handayani, N. N. L., Muliastrini, N. K. E., & Suardipa, I. P. (2021). Pendidikan Profesi Guru Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Profesionalisme Guru. Sang Acharya : Jurnal Profesi Guru, 2(1), 1. https://doi.org/10.25078/sa.v2i1.2451
Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 1018–1027. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.2061
Iskandar, Y., Ardhiyansyah, A., Heliani, & Jaman, U. B. (2023). The Impact of the Principal’s Leadership Style and the Organizational Culture of the School on Teacher Performance in SMAN 1 Cicalengka in Bandung City, West Java (Vol. 1). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-088-6_49
Ismail, H. (2020). Upaya Memperbaiki Kualitas Guru Dengan Memaksimalkan Terpenuhinya Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru. Jurnal Teknologi Dan Bisnis, 2(2), 145–166. https://doi.org/10.37087/jtb.v2i2.96
Kartowagiran, B. (2006). KINERJA GURU PROFESIONAL (GURU PASCA SERTIFIKASI). 19, 463–473.
Koswara, K., & Rasto, R. (2016). Kompetensi Dan Kinerja Guru Berdasarkan Sertifikasi Profesi. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 61. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3269
Latiana, L. (2019). Peran Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik. Edukasi, 1(3), 1–16. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/... · PDF file
Manurung, R. T. (2012). Pendidikan Antikorupsi Sebagai Satuan Pembelajaran Berkarakter Dan Humanistik. Jurnal Sosioteknologi, 11(27), 227–239.
Minsih, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8467
Munawir, M., Aisyah, A. N., & Rofi’ah, I. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru Melalui Sertifikasi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 324–329. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.360
Norniati, N. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(5), 375–383. https://doi.org/10.55681/armada.v1i5.527
Novia, N. H., & Andika Rusmana, D. S. (2022). Peran Guru Sebagai Opinion Leader Dalam Mengatasi Degradasi Moral Siswa Sd Negeri Parunggalih Di Era Digital. Jurnal Sosial-Politika, 3(1), 14–29. https://doi.org/10.54144/jsp.v3i1.46
Oktaviani, C. (2015). Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Manajer Pendidikan, 9(4), 613–617.
Patabang, A., & Murniarti, E. (2021). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru pada Pembelajaran Daring dimasa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1418–1427. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.584
Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak.
Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 93. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8109
Qowaid, Q. (2015). Pengaruh Sertifikasi Guru terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan di Madrasah. Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 13.
Raharjo, S. B. (2014). Kontribusi Delapan Standar Nasional Pendidikan terhadap Pencapaian Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 470–482. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.160
Rina Febriana. (2019). Kompetensi Guru. PT. Bumi Aksara.
Robert, P., Greenleaf, K., Faizah, M. N., Mutiara, I., & Kinasih, S. (2024). IJM : Indonesian Journal of Multidisciplinary Kepemimpinan Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Berdasarkan. 2, 342–351.
Rusmawati, V. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Kerja Guru pada SDN 018 Balikpapan. EJournal Administrasi Negara, 1(2), 395–409.
Saraya, A., Mardhatillah, A., & Fitriani, E. N. (2023). Educational Supervision of The Efforts Made Madrasah Family in Mts Al-Ihsan in Increasing The Professionalism of Teachers Teacher Professionalism. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(1), 16–29. https://doi.org/10.30957/cendekia.v17i1.815.technology
Sasmita, S. K., & Prastini, E. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.61476/167tvg21
Supriyatno, A. (2016). Kinerja Guru Sma. 3(November), 171–181.
Utami, Y., Rasmanan, M. P., & Khairunnisa. (2023). Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrument Penilaian Kinerja Dosen. Jurnal Sains Dan Teknologi, 4(2), 21–24.
Yunus, H. (2023). Peningkatan Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta. PT. Literasi Nusantara Abadi.
Handoko Yunus, Peningkatan Kinerja Dosen Perguruan Swasta, Malang: PT. Literasi Nusantara AbadiGrup, 2023
Rata-Rata Skor Kompetensi Guru PNS di Bawah Guru Tetap Yayasan - SekolahDasar.Net
Departemen Pendidikan Nasional. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Published
2024-03-17
How to Cite
Fitry, R., Siagian, H., & Siahaan, M. (2024). ANALISA KINERJA GURU BERSERTIFIKAT DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI GURU DI PERGURUAN ADVENT JABODETABEK. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 1725-1743. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3894