ANALISIS DETERMINAN NIAT PEMBELIAN PADA SKINTIFIC

  • Dian Gracellya Santosa Universitas Bunda Mulia, Tangerang
  • Ongky Alex Sander Universitas Bunda Mulia, Tangerang

Abstract

Sebelum proses pembelian suatu produk, konsumen akan memiliki suatu kesadaran atau niat beli terhadap produk tersebut. Niat pembelian terjadi ketika seorang individu mempunyai dorongan perilaku untuk membeli produk yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah meneliti pengaruh dari gaya penjualan dengan konten iklan di media sosial, konten promosi penjualan di media sosial, citra merek hedonis, dan citra merek fungsional terhadap niat pembelian pada Skintific. Peneliti melakukan penyebaran kuesioner dan memeproleh sebanyak 275 sampel dengan alat bantu Google Formulir. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode survey yang diukur dengan skala likert sebagai teknik pengumpulan data yang akan diolah menggunakan bantuan aplikasi SmartPLS 3.2.9.dengan tahap  pengolahan data yaitu analisis model pengukuran, dan juga analisis model stuktural. Adapun hasil penelitian ini menjelaskan adanya hubungan antara gaya penjualan dengan konten iklan di media sosial dan niat pembelian yang signifikan, konten promosi penjualan di media sosial dan niat pembelian yang signifikan, citra merek hedonis dan niat pembelian yang signifikan, citra merek fungsional terhadap niat pembelian yang tidak berpengaruh signifikan.

References

Anisafirli, R., & Lusia, A. (2023a). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Di Seira Skincare. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(4), 1322–1337. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i4.750
Anisafirli, R., & Lusia, A. (2023b). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Di Seira Skincare. Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 2(4), 1322–1337. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i4.750
Ardhillah, G., Yohana, C., & Pratama Sari, D. A. (2023). Pengaruh Iklan Media Sosial dan Selebriti Pendukung terhadap Niat Beli Produk Skincare Lokal di Instagram. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 4(1), 132–145. https://doi.org/10.21009/jbmk.0401.10
Barney-McNamara, B., Peltier, J., Chennamaneni, P. R., & Niedermeier, K. E. (2020). A conceptual framework for understanding the antecedents and consequences of social selling: a theoretical perspective and research agenda. Journal of Research in Interactive Marketing, 15(1), 147–178. https://doi.org/10.1108/JRIM-05-2020-0108
Belanche, D., Cenjor, I., & Pérez-Rueda, A. (2019). Instagram Stories versus Facebook Wall: an advertising effectiveness analysis. Spanish Journal of Marketing - ESIC, 23(1), 69–94. https://doi.org/10.1108/SJME-09-2018-0042
Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan penerbit - Undip.
Hafidz, G. P., & Muslimah, R. U. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek, Kepercayaan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Herbalife. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 253-274. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2912
Hartawan, E., Liu, D., Handoko, M. R., Evan, G., & Widjojo, H. (2021). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E-Commerce. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1), 217–228. https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i1.33853
Huo, H., Liu, Z., & Min, Q. (2020). Social media advertising reactance model: a theoretical review. In Internet Research (Vol. 31, Issue 3, pp. 822–845). Emerald Group Holdings Ltd. https://doi.org/10.1108/INTR-02-2020-0072
Lavanya, S., Sonata, P., & Astuti, B. (2023). Pengaruh Interaksi Media Sosial terhadap Niat Beli dan Keterlibatan Perilaku : Faktor Sumber dan Konten Sebagai Peran Mediasi. 02(01), 250–267.
Media Mahasiswa Indonesia. (2023, August 6). Mengulik Dahsyatnya Sosial Media Marketing dalam Brand Awareness Skintific. Mahasiswaindonesia.Id.
Nadiya, A. F., & Ishak, A. (2022). Analisis Niat Beli dan Perilaku Konsumen terhadap Produk Perawatan Kulit Ramah Lingkungan. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(03), 186–204.
Puspitayani, L. M. S., & Maradona, A. F. (2023). INSTASTORY INSTAGRAM DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 216-235. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2910
Raji, R. A., Rashid, S., & Ishak, S. (2019a). The mediating effect of brand image on the relationships between social media advertising content, sales promotion content and behaviuoral intention. Journal of Research in Interactive Marketing, 13(3), 302–330. https://doi.org/10.1108/JRIM-01-2018-0004
Raji, R. A., Rashid, S., & Ishak, S. (2019b). The mediating effect of brand image on the relationships between social media advertising content, sales promotion content and behaviuoral intention. Journal of Research in Interactive Marketing, 13(3), 302–330. https://doi.org/10.1108/JRIM-01-2018-0004
Rizwan, S., Al-Malkawi, H. A., Gadar, K., Sentosa, I., & Abdullah, N. (2021). Impact of brand equity on purchase intentions: empirical evidence from the health takāful industry of the United Arab Emirates. ISRA International Journal of Islamic Finance, 13(3), 349–365. https://doi.org/10.1108/IJIF-07-2019-0105
Rogayah, G., & Nurlinda, R. A. (2023). Pengaruh Brand Image dan Hedonic Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian melalui Emotional value. 6(2).
Salma, F. A., Saryadi, S., & Wijayanto, A. (2022). Pengaruh Promosi dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Tokopedia. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 758–763. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.36079
Soekarman, A., Roswaty, R., & Veronica, M. (2021). Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 2(3), 73–83. https://doi.org/10.47747/jbme.v2i3.425
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta CV.
Sujarweni. (2019). Metode Penelitian : Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Pustaka Baru Press.
Wibowo. (2023). Pengaruh Fitur Iklan Media Sosial Terhadap Niat Pembelian Melalui Keterlibatan Merek Pada Kfc Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen : JUMMA, 12(1), 27–39. https://doi.org/10.33508/jumma.v12i1.4717
Zhou, J., & Charoensukmongkol, P. (2021). The effect of social media use on customer qualification skills and adaptive selling behaviors of export salespeople in China. Journal of Asia Business Studies, 15(2), 278–300. https://doi.org/10.1108/JABS-12-2019-0377.
Published
2024-03-07
How to Cite
Santosa, D., & Sander, O. (2024). ANALISIS DETERMINAN NIAT PEMBELIAN PADA SKINTIFIC. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 1545-1560. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3872