PENGARUH CUSTOMER SATISFACTION, TRUST DAN CORPORATE REPUTATION DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER LOYALITY POLYMER PADA PT. INTIPLAST KEMINDO PRATAMA

  • Wilkinson Chandika Universitas Prima Indonesia Medan
  • Vincent Vincent Universitas Prima Indonesia Medan
  • Maya Sabirina Panggabean Universitas Prima Indonesia Medan
  • Maduma Sari Sagala STIE IBMI Medan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh Customer Satisfaction, Trust dan Corporate Reputation Dalam Meningkatkan Customer Loyality Polymer Pada PT. Intiplast Kemindo Pratama. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah pelanggan PT. Intiplast Kemindo Pratama berjumlah 116 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 90 orang dengan rumus slovin dan teknik sampling yaitu simple random sampling. Metode statistik adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial menyatakan Customer Satisfaction berpengaruh positif terhadap Customer Loyality, karena nilai thitung sebesar 3,862 > ttabel sebesar 1,98761, Trust berpengaruh positif terhadap Customer Loyality, karena nilai thitung sebesar 4,048 > ttabel sebesar 1,98761 dan Corporate Reputation berpengaruh positif terhadap Customer Loyality, karena nilai thitung sebesar 2,886 > ttabel sebesar 1,98761. Dan juga secara simultan menyatakan Customer Satisfaction, Trust dan Corporate Reputation berpengaruh terhadap Customer Loyality, karena nilai Fhitung 76,474 > Ftabel 2,71. Besarnya koefisien determinasi membuktikan Customer Loyality cukup kuat dijelaskan Customer Satisfaction, Trust dan Corporate Reputation sebesar 71,8% dan sisanya 28,2% diterangkan variabel-variabel lain yang tidak ada di penelitian ini seperti promosi atau  harga.

References

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harianja, A. D. H., Fauzi, I. & Aziz, A. (2021). Public Relation Dan Reputasi Yang Berdampak Pada Loyalitas Konsumen Dengan Image Sebagai Variabel Mediasi. Jibaku: Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen dan Akuntansi, Vol. 1 No. 2 (2021), 1-12.
Hasan, A. (2016). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta: Penerbit CAPS.
Hermawan, A., & Yusran, H. L. (2017). Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif. Jakarta: Penerbit Kencana.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Keni Keni, Dharmawan, P. & Wilson, N. (2021). Pengaruh Reputasi Perusahaan, Kepuasan Merek Dan Sikap Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Industri Penerbangan Di Indonesia. DeReMa (Development of Research Management): Jurnal Manajemen Vol. 16 No. 1, Mei 2021, 79-95.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kotemporer. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Ramadhany, A. & Supriyono. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada AP Garage (Bengkel Cat & Custom). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), Maret 2022, 199-206.
Rafiah, K. K. (2019). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Berbelanja melalui E-commerce di Indonesia. Al Tijarah: Vol. 5 No. 1, Juni 2019, 46-56.
Syahza, A. (2021). Metodologi Penelitian (Edisi Revisi Tahun 2021). Pekanbaru: Penerbit UR PRESS
Siregar, A. H. (2019). Pengaruh Trust Dan Satisfaction Terhadap Customer Loyalty Di Era E-Commerce Pada Toko Cheire Amore. Jurnal Ilmiah Smart, Volume III No.1, Juni 2019, 1-10.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Penerbit Aflabeta.
Supertini, T & Yulianthini. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pusaka Kebaya Di Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol 2 No. 1, Juli 2020, 61-73.
Wahyudi, S. T. (2017). Statistika Ekonomi : Konsep, Teori dan Penerapan. Malang: Penerbit UB Press.
Yuniarti, V. S. (2015). Perilaku Konsumen : Teori dan Praktik. Bandung: Penerbit Pustaka Setia.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2024-02-26
How to Cite
Chandika, W., Vincent, V., Panggabean, M., & Sagala, M. (2024). PENGARUH CUSTOMER SATISFACTION, TRUST DAN CORPORATE REPUTATION DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER LOYALITY POLYMER PADA PT. INTIPLAST KEMINDO PRATAMA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 1351-1363. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3813