PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN DAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PT OCEAN CENTRA FURNINDO

  • Kevin Candra Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Riris Mangerbang Siregar Universitas Prima Indonesia, Medan
  • David Candra Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Yonatan Yonatan Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Apriansyah Ramadani Universitas Prima Indonesia, Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap volume penjualan. Dari data keluhan konsumen menunjukkan bahwa masih konsisten terjadi keluhan pada setiap bulannya. Pada volume penjualan di perusahaan juga terlihat bahwa perusahaan mengalami penurunan penjualan. Harga yang kompetitif dapat menarik perhatian konsumen dan meningkatkan daya saing perusahaan di pasar. Promosi merupakan strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran konsumen tentang produk springbed dari PT Ocean Centra Furnindo. Pelayanan yang baik mencakup respons yang cepat terhadap pertanyaan dan keluhan konsumen, keterampilan dan keramahan karyawan dalam memberikan informasi tentang produk, serta kualitas layanan purna jual yang memuaskan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sampel yang digunakan adalah 110 orang dengan simple random sampling. Metode analisis yang diterapkan adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, regresi linier berganda, uji parsial, uji simultan, dan koefisien determinasi. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga, promosi dan kualitas pelayanan secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan. Pada volume penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen

References

Agung Nugraha, M., Nyoman Yulianthini, N., Putu Agus Jana Susila, G., & Manajemen, J. (2018). PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI TERHADAP PENJUALAN. In Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen (Vol. 9).
Amrulloh, Y., & Dahruji, D. (2023). PENGARUH HARGA, LABEL HALAL DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK BAKSO ACI TAUBAT FOOD. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 682–697. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3122
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan dimediasi Kepuasan pelanggan pada Konsumen Gojek. Jurnal JUPE, 8(3), 86–94.
Erinawati, F., & Syafarudin, A. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN 1*. Jurnal Valuasi, 1(1). https://doi.org/10.46306/vls.v1i1
Fransiskho, G., Goh, T. S., & Julitawaty, D. W. (2021). PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN DAN DISKON TERHADAP VOLUME PENJUALAN PT. ATMINDO TBK TANJUNG MORAWA. Jurnal Professional Manajemen College Indonesia, 7(2).
Hikmawati, F. (2018). Metodologi Penelitian. PT. Raja Grafindo Persada.
Huwaida, H., Imelda, S., Negeri Banjarmasin, P., & Studi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin Ringkasan, P. (2022). Pengaruh Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada Industri Kecil Mia Lestari Banjarmasin. Jurnal Intekna, 22(2), 76–162. http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/issue/archive
Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan (Cetakan Pertama). UP Sutomo Press.
Irawan Lubis Muhammad Fahri, Aslami, N., & Tambunan, K. (2023). Pengaruh Harga, Pelayanan Dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Cafe Pascho Pematangsiantar. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 872–882. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3074
Oetarjo, M. (2023). Kontribusi Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Rumah. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 490–505. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3391
Rokhmani, T. (2022). Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan di Alfamart Raya Tajur. https://repository.stiegici.ac.id/document/351/pengaruh-promosi-harga-dan-kualitas-pelayanan-terhadap-volume-penjualan-di-alfamart-raya-tajur
Sasangka, I., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Volume Penjualan pada Mini Market Minamart’90 Bandung. Jurnal STIE Muhammadiyah Bandung, 2(1).
Satriadi, W. H. (2021). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru. .
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sulthon Darmawan, T., & Sutopo. (2015). Pengaruh Persepsi Tentang Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Paket Wisata Karimunjawa Di Biro Tour Dan Travel Karimunjawa Beach Adventure. DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 4(2), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Tirtana, D., & Turmudhi, A. (2021). Promosi Online, Persepsi Harga dan Kualitas Produk pada Keputusan Pembelian di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 12(2).
Trisnawati, Y., Program, I. T., Manajemen, S., Bentara, S., & Batam, P. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Loyalitas Konsumen Terhadap Penjualan Toko Watermelon. Jurnal Ekonomi Manajemen Tractare, 5(1).
Trisnayanti, Hakim, L., & Tahir, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien RSUD H. Padjogna Dg Ngaelle Kabupaten Takalar. Jurnal Unismuh, 1(2).
Winarso, & Mulyadi. (2020). Pengantar Manajemen. CV Pena Persada.
Ziraluo, A. W., Dakhi, P., & Dakhi, I. (2021). Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Volume Penjualan Deterjen Daia di UD Yudita Desa Ndraso Hilisimaetano. Jurnal STIE Nias Selatan. 
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2024-02-25
How to Cite
Candra, K., Siregar, R., Candra, D., Yonatan, Y., & Ramadani, A. (2024). PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN DAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PT OCEAN CENTRA FURNINDO. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 1237-1252. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3812