PENGARUH SERVICE QUALITY, PROMOTION, BRAND AMBASSADOR DAN BRAND AWARENESS TERHADAP PURCHASE DECISION DI APLIKASI TOKOPEDIA DIMEDIASI OLEH BRAND IMAGE

  • Tondy Tondy Universitas Internasional Batam
  • Yandi Suprapto Universitas Internasional Batam

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian masyarakat pada aplikasi Tokopedia di Kota Batam. . Desain penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil dan menggunakan penelitian survei dari sampel suatu populasi kemudian menyebarkan kuesioner dan menggunakan kuesioner sebagai pengumpulan data utama. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan dan Brand Ambassador mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap Brand Image. Variabel Kesadaran Merek dan Promosi ditemukan mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap Citra Merek. Selain itu Citra Merek ditemukan tidak memediasi pengaruh variabel Kualitas Pelayanan, Duta Merek, Kesadaran Merek, Promosi terhadap Keputusan Pembelian.

References

Abdul Manap. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama (1st ed.). Jakarta: Mitra Wacana Media.
Andreti, et al. (2013). Most of Customer’s Comes to Convenience Store because of the Service Quality Provided.
Annisaa Riasi Ramadhanty, D. K. S. (2020). Pengaruh Pesan Ramah Lingkungan Di “Work Coffee†Terhadap Perilaku Konsumen Agar Peduli Lingkungan. EProceedings of Management. Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/13877
Arbaini, Pratiwi, Zakaria Wahab, dan M. W. (2020). Pengaruh Consumer Online Rating dan Review terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Marketplace. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, (Online), 7(1), 25–33.
Armayani, A., & Jatra, I. M. (2019). Peran Brand Image Memedediasi Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di KotaDenpasar. E-Jurnal Manajemen, 8.
Arslan, Muhammad dan Zaman, R. (2014). Impact of Brand Image and Service Quality on Consumer Purchase Intention: A Study of Retail Store in Pakistan. Research on Humanities and Social Sciences, 4(22).
Dela Tri, Safitri and Prastuti, D. (2020). Pengaruh Media Sosial, Kualitas Produk Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Di Restoran Wingstop Citywalk). Retrieved from http://repository.stei.ac.id/id/eprint/1938
Evelina, Nela. Handoyo DW, dan S. L. (2012). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promoi terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkom Flexi. Diponegoro Journal of Social and Politic, 1–11.
Femi Andriani. (2021). Pengaruh Iklan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tokopedia(Studi Kasus Pada Pengguna Tokopedia di Jabodetabek). JIMEN Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(3).
Firdausy, C. M., & Rani Idawati. (2017). Effects of Service Quality, Price and Promotion on Customers’ Purchase Decision of Traveloka Online Airline Tickets in Jakarta, Indonesia. https://doi.org/DOI:10.18775/ijmsba.1849-5664-5419.2014.32.1004
Golan Hasan, & Elviana Elviana. (2022). Effect of Brand Image, Celebrity Endorsement, EWOM, Brand Awareness and Social Media Communication on Purchase Intention with Brand Trust as a Mediation Variable on Smartphone Users in Batam City. Conference on Business, Social Sciences and Technology (CoNeScINTech), 2(1). Retrieved from https://journal.uib.ac.id/index.php/conescintech/article/view/6893
Hair, J.F., Hult, G.T.M., Ringle, C.M. and Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (2nd ed.). Cambridge: Sage Publications Inc., Thousand Oaks.
Handayani, D. dkk. (2010). Brand Operation. Jakarta: Esensi, Erlangga Group.
Hsieh, C. W. (2018). No one can two masters: revisiting effect of love money and public service motivation on job satisfaction. Public Performance and Management Review, 41(4), 745–767.
Iftitah Zuvita Mardiana and Nurul Fitri Ismayanti. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, Product Inovation, Dan Price Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pt Indofood Cbp Sukses Makmur Tbk. (Studi Kasus Masyarakat Desa Tanjungsari, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung). Jurnal Cakrawala Ilmiah, 7(8), 2051–2068.
Ikawati, K., Militina, T., & Achmad, G. N. (2021). The Effect of Celebrity Endorsers and Advertising Attractiveness on Brand Image and Purchase Decisions for Tokopedia Application Users in Samarinda.
Ilaisyah, H., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Marketplace Tokopedia.
Kalalo, I. M. C. (2022). Analytical Hierarchy Process Approach On E-Commerce Purchase Decision.
Kotler, Philip., & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Phillip, & Keller, K. L. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.
Kurnia Sari, & Jontro S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Motor Kawasaki Prima Di Kota Batam. JURNAL ILMIAH KOHESI, 4(3).
Laily, N., & Putri, P. L. E. (2022). pengaruh viral marketing dan social media terhadap keputusan pembelian pada Tokopedia melalui electronic word of mouth sebagai variable.
Lily Purwianti. (2021). Pengaruh Religiostik, EWOM, Brand Image dan Attitude terhadap Purchase Intention. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 5(1). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v5i1.9284
Lily Purwianti, N. N. (2022). Analysis of e-WOM, Brand Attitude, Brand Image on Purchase Intention. Jurnal of Management & Bussiness. https://doi.org/https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1664
Luh Gede Permata Sari Dewi. (2019). Pengaruh Brand Ambassador, Citra Merek dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sampo Pantene di Surabaya. Universitas Kristen Petra.
Muchtarom, M. A., Widarko, A., Slame, A. R. (2022). Pengaruh Brand Image dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Marketplace Tokopedia.
Naomi, D. N., & Nugroho, J. W. (2021). Pengaruh Online Travel Agent Terhadap Keputusan Pembelian. https://doi.org/DOI:10.13140/RG.2.2.18489.29285
Nurdin, S., & Rohendi, A. (2016). Gaya Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, dan Kinerja Karyawan dengan Mediasi Komitmen Organisasi. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 86–100.
Nurhasanah., Mahliza, f., Nugroho, L., & Putra, Y. M. (2021). The Effect of E-WOM, Brand Trust, and Brand Ambassador on Purchase Decisions at Tokopedia Online Shopping Site.
PASI, Livia Nita Karina and SUDARYANTO, Budi. (2021). Analisis Pengaruh Online Customer Reviews Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Shopee di Kota Semarang). Retrieved from https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8875
Pasulu, M., Bulo, Y. P., Poylema, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Tokopedia di Toraja Utara.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2013). Consumen Behavior (9th Editio). Boston: McGraw Hill.
Qonita Firdaus, dan T. S. (2020). Penelitian untuk Mengetahui Pengaruh Brand Awareness, Brand Associaton, Quality Perseption, dan Brand Loyalty terhadap Purchase Desicison.
Rahayu, S. (2021). Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Tokopedia. MBIA, 20(1), 40–50. https://doi.org/https://doi.org/10.33557/mbia.v20i1.1271
Renny Christiarini, dan A. R. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Purchase Intention Skincare Korea Mahasiswa Kota Batam. Journal of Global Business and Management Review, 3(2).
Rohim, A. (2023). Pengaruh brand ambassador dan brand awareness terhadap keputusan pembelian dimoderasi oleh brand image: Studi kasus pada pengguna Shopee di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.
Sadrabadi, A. N., Saraji, M. K., & Monshizadeh, M. (2018). Evaluating the Role of Brand Ambassador in Social Media. Journal of Marketing Management and Consumer Behaviour.
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Itc Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Supangkat, A., & Pudjoprastyono, H. (2022). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sariayu Martha Tilaar di Kota Surabaya. Widya Manajemen, 4(2), 140–149. Retrieved from https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v4i2.2875
Suparwi, S., & Fitriyani, S. (2020). Pengaruh Product Knowledge, Brand Image, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Top White Coffe Mahasiswa FEBI IAIN Kudus 2016-2017. BISNIS Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(2), 253. https://doi.org/DOI:10.21043/bisnis.v8i2.8764
Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia Di Jakarta. Jurnal Manajemen, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.46806/jm.v9i2.663
Utami, N., Silalahi,P. R., & Tambunan, K. (2022). Pengaruh Brand Ambassador terhadap keputusan pembelian pada E-Commerce Tokopedia.
Wibowo. (2012). Manajemen Kinerja (3rd ed.). Jakarta: Rajawali Press.
Yanti, M. D., Astuti, M., Hadi, P. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Secara Online pada Marketplace Tokopedia.
Yessica Oscar, & Keni. (2019). Pengaruh Brand Image, Persepi Harga, Dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 20–28.
Amrullah, Pamasang, S. S., & Saida, Z. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian sepeda motor Honda. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 13(2), 99–118. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29264/jkin.v13i2.826
Asisdiq, I., Sudding, & Side, S. (2017). И Актуальная Проблема Здоровья Населения [ 1 , 2 , 12 ]. Он Оказывает Многосторонние Воздей - Ние Индивида И Даже На Продолжительность Жизни , Вовлекая Все Сферы Жизнедеятельности Человека И Откладывая Отпечаток На Возможности И Способы Взаимодействия Орг. Pendidikan Kimia PPs UNM, 1(1), 91–99.
Christiarini, R., & Rahmadilla, A. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Purchase Intention Skincare Korea Mahasiswa Kota Batam. Journal of Global Business and Management Review, 3(2), 44. https://doi.org/10.37253/jgbmr.v3i2.6274
Destiani, N. (2017). Pengaruh Corporate Identity dan Pengetahuan Tentang Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Biro Reseller Resmi Rabbani. 4(1), 203–207.
Firdaus, Q., & Suhaeni Tintin. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli (Studi Pada Konsumen Oronamin C Di Kota Bandung) Qonita Firdaus* dan Tintin Suhaeni. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 6(0), 66.
Golanhasanuibedu, E. O. C. (2022). Effect of Brand Image , Celebrity Endorsement
, EWOM , Brand Awareness and Social Media Communication on Purchase Intention with Brand Trust as a Mediation Variable on Smartphone Users in Batam City. 2(1), 153–161.
Husfah, F. M., & Hadi, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Dea Cake And Bakery Kepanjen Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(2), 550–555.
Kim, A. J., & Ko, E. (2010). Impacts of luxury fashion brand’s social media marketing on customer relationship and purchase intention. Journal of Global Fashion Marketing, 1(3), 164–171. https://doi.org/10.1080/20932685.2010.10593068
Lubis, R. F., & Magnadi, R. (2015). Product Knowledge Dan Keputusan Pembelian Pada Notebook Acer. Diponegoro Journal Of Management, 4(4), 1–10.
Mutiara, I., & Syahputra. (2018). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Produk Halal terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kecantikan Korea. Indonesia Membangun, 17(2), 153–154.
Priansa, D. J. (2017). PERILAKU KONSUMEN DALAM PERSAINGAN BISNISKONTEMPORER. Alfabeta.
Purwianti, L. (2021). Pengaruh Religiostik, EWOM, Brand Image dan Attitude terhadap Purchase Intention. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 5(1), 40–50. https://doi.org/10.31294/jeco.v5i1.9284
Purwianti, L., Niawati, 1, & Kunci, K. (2022). Analysis of e-WOM, Brand Attitude, Brand Image on Purchase Intention Abstrak. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 2022–2356.
Rashid Shafiq. (2011). Analysis of the factors affecting customers’ purchase intention: The mediating role of perceived value. African Journal of Business Management, 5(26). https://doi.org/10.5897/ajbm10.1088
Santoso, M. B., & Madiawati, P. N. (2018). Pengaruh Product Knowledge terhadap Keputusan Pembelian processor intel di Kota Bandung tahun 2018 pada konsumen PC & Laptop. 5(3), 1–9.
Sudarti, K., & Lazuardi, R. D. (2018). Kotribusi Pengetahuan Produk halal, Religiusitas dan Sikap dalam Pembentukan Niat Beli. 16(3), 14–31.
Supangkat, A. S., & Pudjoprastyono, H. (2022). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sariayu Martha Tilaar di Kota Surabaya. Widya Manajemen, 4(2), 140–149. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v4i2.2875
Suparwi, S., & Fitriyani, S. (2020). Pengaruh Product Knowledge, Brand Image, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Top White Coffe Mahasiswa FEBI IAIN Kudus 2016-2017. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(2), 253. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i2.8764
Published
2024-02-13
How to Cite
Tondy, T., & Suprapto, Y. (2024). PENGARUH SERVICE QUALITY, PROMOTION, BRAND AMBASSADOR DAN BRAND AWARENESS TERHADAP PURCHASE DECISION DI APLIKASI TOKOPEDIA DIMEDIASI OLEH BRAND IMAGE. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 1046-1062. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3786