PENGARUH LABEL HALAL DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT PADA TOKO BAKERY
STUDI PADA TOKO SYARAH BAKERY KOTA BENGKULU
Abstract
Pembahasan dalam penelitian ini adalah pengaruh label halal dan brand image terhadap minat beli produk pada toko syarah bakery. Dalam penelitian ini ingin mengetahui apakah label halal dan brand image berpengaruh terhadap minat beli produk toko syarah bakery kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian dekriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden melalui penyebaran kuesioner dengan bantuan pengujian menggunakan program SPSS. Hasil dari analisis ini adalah label halal dan brand image berpangaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk pada toko syarah bakery kota bengkulu. Pengaruh yang diberikan berjumlah 66,5% yang diperoleh dari nilai R square. Dari hasil analisis linier berganda terdapat mengaruh label halal dan brand image terhadap minat beli produk syarah bakery dengan nilai positif sebesar 0,410 dan 0,252 dimana setiap penambahan 1% nilai label halal dan brand image maka nilai minat beli bertambah. Artinnya label halal dapet mempengaruhi kenyamanan dalam membeli produk dan semakin baiknya suatu brand image maka semakin meningkat minat beli produk
References
Adisasminto Wiku (2008). “Analisis Kebijakan Nasional MUI Dan BPOM Dalam Labeling Obat Dan Makanan, Depok”, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.
Alfian Ian & Marpaung Muslim. “Analisis Pengaruh Label Halal, Brand dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Kota Medan”, Jurnal At-Tawassuh, 2 (1), 124.
Amilia & Asmara (2017). “Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi Di Kota Langsa”, 6 (1). 660-669.
Andriani Yuni (2020).“Pengaruh Label Halal dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) (studi kasus: HPAI DC. Bunda Evy, Kota Bengkulu”), IAIN Bengkulu.
Burhanudin (2011). “Pemikiran Hukum Perlindungan Konsumen”, Malang:UIN-Maliki Press, 140.
Gitosudarmono (2000). “Manajemen Pemasaran”, Edisi II, Yogyakarta:BPFE, 199.
Guntur Tiopan & Topo (2014).” Pengaruh Brand Image Dan Package Terhadap Keputusan Pembelian Pada Air Minum Kemasan Merek Aqua Di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Medan”, (Universitas Medan.
Hafiz Khairul (2023). “Analisis Proses Bisnis Sertifikasi Halal di Era Baru Sertifikasi Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 5032-5037.
Icha Wulandari, HRD Syarah Bakery, Wawancara pada tanggal 20 November 2023. Bengkulu.
Imamuddin (2017) “Pengaruh Label Halal dan religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Mahasiswa IAIN Bukittinggi”, T.A.
Kumalasari Reni (2019).” Pengaruh Harga dan Label Halal Terhadap Minat Pembelian Produk Kosmetik Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) (studi kasus dipondok pesantren Al-Baqokah Ponorogo), IAIN Ponegoro.
Lestari Ayu Lupi (2021). “Pengaruh Produk dan Label Halal Terhadap Keputusan Memebeli Frozen Food (studi pada fafana frozen kota bengkulu), IAIN Bengkulu.
Maemunah Rachman Abdul & Ulpah Mariya (2022). “Desain Baru Logo Halal Badan Penyelanggara Jaminan Produk Halal Antara Urgensi, Seni Dan Esensi”, Jurnal El-Buhuth, 4 (1), 253.
Mukhatar Umar (2022).“Pengaruh Label Halal dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dengan Kemasan Merek Aqua (studi kasus mahasiswa UIN Walisongo)”, UIN Walisongo, Semarang.
Musqakiim Adib Akbar (2022). “Pengaruh Label Halal, Brand Image dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli (studi kasus konsumen lumpia dikota semarang), Skripsi UIN Sultan Agung Semarang, 11-25.
Nafisah Junia Ulfa (2022).“Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap produk halal pt.soka cipta niaga”, jurnal ekonomi industri halal”, 2(2), 48-49.
Nailufar Sunu’an (2021). “Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Minat Beli Penumpang Pada Maskapai Citilink Rute Pontianak Surabaya”, (skripsi thesis), STTKD Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.
Nugraha dkk ( 2017).“Pengaruh Lebelisasi Halal Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Muslim Konsumen Mie Samyang Berlogo Halal Korean Muslim Federation Di Kota Malang),” Jurnal Administrasi Bisnis, 50 (5), 115.
Nurrahmanto Agus Prasetyo (2015). “ Pengaruh Kemudahan Penggunaan Kenikmatan Berbelanja, Pengalaman Berbelanja dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Konsumen di Situs Jual Beli Online Bukalapak.com”, (skripsi) Universitas Diponegoro Semarang.
Ovfianti Sefti & Adhrianti Lisa (2021). “Strategi Branding Syarah Bakery Dalam Membentuk Brand Knowladge Sebagai Oleh-Oleh Bengkulu”, Jurnal Kaganga, 5 (1).
Palupi Retno Ayu Diah (2018). ”Pengaruh Label Halal dan Minat Beli Produk Skincare dengan Religiusitas Sebagai Variabel Modersi.” UIN Raden Intan Lampung.
Pane Ade & Luvitania (2018). “Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kue Medan Napoleon (Universitas Sumatera Utara).
Prayogo Adi & Fauzi Achmad (2023). “Pengaruh Brand Image, Viral Marketing dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Konsumen”, Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(4), 755.
Rinata dkk. (2023). “Pengaruh Brand Ambassador (TWICE) dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Scarlet Whaitening pada Media Sosial Instagram”, Jurnal Manajemen Perusahaan, 2 (2), 5 .
Sadzalia Shovi (2015). ”Pengaruh Labelisasi Halal dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik dikota Malang”, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, 18.
Sanjaya Nopra Deka (2018). “Pengaruh Branding Image Terhadap Keputusan Konsumen Memebeli Produk CFC Cabang Bencooleen Mall Kota Bengkulu.” IAIN Bengkulu.
Sari Putri Saidah (2020). “Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen”, Jurnal Ilmiah, 8(1), 147-155.
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di ITC Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Sukesti Fatmasari & Marpaung Muslim (2017).”Analisis Pengaruh Label Halal, Brand dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dikota Marpaung,” Jurnal At-Tawassuth, 2 (1), 126.
Suprayitno Eko (2008). “Ekonomi Mikro Perspektif Islam”, Malang: UIN-MALANG PRESS, 17.
Susanti Era (2019).“Pengaruh Lebelisasi Halal Terhadap Minat Mahasiswa Membeli Makanan Kemasan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam).” UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Syahfitri Rahmi (2020). “Pengaruh kepercayaan dan minat beli dan minat beli masyarakat secaya online”, AL-IJTIMA`I - International Journal of Government and Social Science, 6 (1), 37.
Victoria (2007).“Pengaruh Sistem Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah di BMT Al-amal Bengkulu”, STAIN Bengkulu.
Widodo Tri (2015),”Pengaruh Labelisasi Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Indomie,” Universitas Muhamadiyah Surakarta, 9.
Widyaningrum Wahyu Premi (2019).” Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal, Iklan, dan Celebrity Endorser terhadap Minat Pembelian kosmetik melalui variabel Persepsi sebagai mediasi (Studi Pada Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Ponorogo)”, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Jurnal Ekonomi Manajeman, 1 (2), 75.
Yusa De Viola & Hastono Lihin Anugrah (2018). “Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Dalam Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Rivero Di Bandar Lampung”, Jurnal Ilmiah FE-UMM, 12(1), 69–80.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.