PERAN SOCIAL MEDIA INFLUENCER, PENGETAHUAN INVESTASI, RETURN INVESTASI DAN UANG SAKU TERHADAP MINAT INVESTASI PADA GENERASI Z DI KABUPATEN SIDOARJO

  • Faizal Fajar Firmansyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Sriyono Sriyono Universitas Muhammadiyah Sidoarjo https://orcid.org/0000-0003-0526-2387
  • Detak Prapanca Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah social media influencer, pengetahuan investasi, return investasi, dan uang saku berpengaruh terhadap minat investasi pada generasi Z di Kab Sidoarjo, metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling  dengan kriteria tertentu yang telah dipenuhi. Populasi penelitian ini yakni generasi Z yang berdomisili di Kabupaten Sidoarjo dan sampel yang digunakan berjumlah 100 orang yang mewakili populasi dengan kriteria terpenuhi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuisioner secara online.  Teknik analisis data meliputi pengujian asumsi standar dan analisis linier berganda, dalam pengujian hipotesis digunakan uji R2 dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif antara social media influencer, pengetahuan investasi, return investasi, dan uang saku terhadap minat investasi. Dengan (nilai t tabel > 1,671) dan secara parsial social media influencer memiliki dampak sangat kuat terhadap minat investasi pada generasi Z di Kabupaten Sidoarjo.

References

Asih, K. L., Wahyuningsih, E. S., Muntahanah, S., Harsuti, H., & Nirmala, N. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan, Kemajuan Teknologi Informasi, Modal Minimal Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Berinvestasi Di Pasar Modal. SEMINAR NASIONAL LPPM UMMAT, 2. http://journal.ummat.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/14401
Cahya, B. T. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Investasi Saham. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman, 7(2), 192–207.
Darmawan, A., Kurnia, K., & Rejeki, S. (2019). Pengetahuan investasi, motivasi investasi, literasi keuangan dan lingkungan keluarga pengaruhnya terhadap minat investasi di pasar modal. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 8(2), 44–56.
Dewi, L. G. K., Herawati, N. T., & Wati, L. P. E. A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Efikasi Keuangan dan Return Investasi Terhadap Minat Investasi Mata Uang Kripto Pada Mahasiswa di Provinsi Bali. Jurnal Akuntansi Profesi, 13(3), 649–659.
Fauzianti, A. (2022). Pengaruh Modal Awal Investasi, Pengetahuan Investasi, Sosial Media Influencer Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Akuntansi Universitas Tidar. Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), 26–35.
Felisiah, E., & Natalia, E. Y. (2023). Analisis Pengetahuan Investasi, Return Investasi dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Akuntansi Kota Batam. eCo-Buss, 6(1), 287–300.
Firdaus, R. A., & Ifrochah, N. (2022). Pengaruh Pengetahuan Investasi Dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Politeknik Keuangan Negara Stan Di Pasar Modal. JURNAL ACITYA ARDANA, 2(1), 16–28.
Gunanti, A. I. I. P., & Mahyuni, L. P. (2022). Minat investasi generasi milenial di bursa efek Indonesia. INOVASI, 18(3), 425–437.
Hasanudin Hasanudin, Andini Nurwulandari, & Ronika Kris Safitri. (2021). PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, MOTIVASI DAN PELATIHAN PASAR MODAL TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI YANG DIMEDIASI OLEH MINAT INVESTASI. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(3). https://doi.org/10.31955/mea.v5i3.1575
Janna, N. M., & Herianto, H. (2024). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS. https://doi.org/10.31219/osf.io/v9j52
Leki, R. (2022). FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT INVESTASI CIVITAS AKADEMIKA STIE PANCASETIA BANJARMASIN DI PASAR MODAL INDONESIA. KINDAI, 18(3), 456–466.
Lubis, P. K. D. (2019). Influence of knowledge investment and investment motivation against the interest of investing in the stock market on economic education status of students of state university of Medan. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 012064. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1387/1/012064/meta
Maharani, A., & Saputra, F. (2021). Relationship of investment motivation, investment knowledge and minimum capital to investment interest. Journal of Law, Politic and Humanities, 2(1), 23–32.
Mahendrayani, P. Y. (2021). Pengaruh Pemahaman Investasi, Penggunaan Teknologi Media Sosial Dan Hubungan Pertemanan Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial Di Pasar Modal [PhD Thesis, Universitas Pendidikan Ganesha]. https://repo.undiksha.ac.id/6887/
Noviyanti, P. E., & Masdiantini, P. R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Literasi Keuangan, Efikasi Keuangan, Uang Saku dan Sosialisasi Pasar Modal Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha). Jurnal Akuntansi Profesi, 13(3), 723–733.
Nurwulandari, A., Hasanudin, H., & Raihan, R. (2022). The Effect Of Investment Knowledge, Return, And Social Media On Capital Market Investment And The Progress Of The Millennium Generation In The Jabodetabek Region. Jurnal Ekonomi, 11(02), 1107–1115.
Sadad, S., Rusliani, H., & Orinaldi, M. (2022). PENGARUH PENGETAHUAN PASAR MODAL SYARIAH DAN MODAL MINIMAL TERHADAP MINAT BERINVESTASI SAHAM (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UIN Jambi). Manajemen Keuangan Syariah, 2(2), 101–113.
Sari, H. M. K., & Sriyono, S. (2021). Strategi Menarik Kaum Milenial Untuk Investasi Di Sektor Keuangan: Langkah Apa Yang Harus Dilakukan? Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 6(1), 86–99.
Slamet, M. R., & Thara, F. B. (2020). Pengaruh Pengetahuan dan Kompatibilitas Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Managerial Accounting, 4(1), 122–131.
Soemarsono, A. A., & Sofianti, U. D. (2021). Perspektif Hukum Mengenai Penggunaan Securities Crowdfunding pada Masa Pemulihan Ekonomi Akibat Pandemi. Jurnal Hukum Lex Generalis, 2(8), 607–626.
Sridayani, A. I., Kumalasari, F., & Bay, A. Z. (2023). Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Uang Saku terhadap Minat Berinvestasi pada Reksadana. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(1), 143–151.
Susanti, S. N., Hermawan, N. A., & Pattihahuan, A. (2023). Kemajuan Teknologi Dan Pemahaman Terhadap Minat Generasi Z Dalam Berinvestasi Di Pasar Modal. Jurnal Pijar, 1(2), 76–82.
Suyanti, E., & Hadi, N. U. (2019). Analisis Motivasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa di Pasar Modal. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 108–116.
Widati, S., Wulandari, E., & Putriliawati, A. (2022). Analisis Pengaruh Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Return Investasi Dan Resiko Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Melakukan Investasi Di Pasar Modal. Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK), 1, 483–491. https://usahid.ac.id/conference/index.php/snpk/article/download/78/65
Wiyono, D. A., & Asyik, N. F. (2023). DAMPAK PENGETAHUAN INVESTASI PADA PENGARUH MODAL AWAL, RISIKO, DAN SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP MINAT INVESTASI. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 12(6). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/5353
Yuliati, R., Amin, M., & Anwar, S. A. (2020). Pengaruh motivasi investasi, modal minimal investasi, pengetahuan investasi, dan return investasi terhadap minat investasi di pasar modal. e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 9(03). http://jim.unisma.ac.id/index.php/jra/article/view/7872
Yusuf, M., Yahya, Y., & Hamid, A. (2021). Pengaruh modal minimal investasi dan return terhadap minat investasi masyarakat kota palembang di pasar modal. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 5(1), 83–90.
Published
2024-02-01
How to Cite
Firmansyah, F., Sriyono, S., & Prapanca, D. (2024). PERAN SOCIAL MEDIA INFLUENCER, PENGETAHUAN INVESTASI, RETURN INVESTASI DAN UANG SAKU TERHADAP MINAT INVESTASI PADA GENERASI Z DI KABUPATEN SIDOARJO. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 770-790. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3763