PENGARUH HALAL VALUE DAN KEPUASAN WISATAWAN TERHADAP LOYALITAS PADA DESTINASI WISATA HALAL DI KAWASAN PESISIR KABUPATEN SAMPANG

  • Wasilah Thohirotul Komariyah Universitas Trunojoyo Madura
  • A Yahya Surya Winata Universitas Tunojoyo Madura, Bangkalan
  • Agung Setyawan Universitas Tunojoyo Madura, Bangkalan
  • Rita Indah Mustikowati Universitas Kanjuruhan Malang, Malang
  • Charoline Ariefia Wijayanti Universitas Tunojoyo Madura, Bangkalan

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat loyalitas pengunjung di beberapa kawasan wisata pesisir kabupaten Sampang, dikaitkan dengan halal value dan kepuasan wisatawan. Halal value dikembangkan dalam penelitian ini dengan dasar pemikiran bahwa nilai-nilai agama Islam terutama terkait dengan halal saat ini banyak diteliti para pakar dari berbagai bidang ilmu. Dalam kajian konsep pemasaran, halal value menjadi salah satu pertimbangan yang digunakan oleh wisatawan muslim untuk mengkonsumsi atau menggunakan berbagai macam produk, termasuk mengunjungi destinasi wisata. Hal ini perlu direspon oleh pemasar dalam penyediaan produknya agar produk yang dihasilkan tetap dapat memuaskan kebutuhan serta keinginan pelanggan sehingga akan berpengaruh pada loyalitas  mereka. Upaya demikian bisa pula digunakan oleh para pengelola destinasi wisata di kawasan pesisir Kabupaten Sampang dalam menyediakan layanan bagi wisatawan yang berkunjung berbasis pada halal value. Metode penelitian dikembangkan menggunakan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi dan survei. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan analis statistik baik deskriptif maupun verifikatif. Statistik deskriptif digunakan untuk memperkuat argumentasi temuan hasil penelitian berbasis pada fenomena di lapangan. Sedangkan analisis statistik verifikatif digunakan untuk menguji model yang telah dikembangkan dengan aplikasi Smart PLS 4. Analisis hipotesis menunjukkan bahwa halal value dan kepuasan wisatawan sama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas, serta ada pula pengaruh tidak langsung positif dan signifikan halal value terhadap loyalitas melaui kepuasan wisatawan.

References

Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS): Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis. Penerbit Andi.
Al-Ansi, A., & Han, H. (2019). Role of halal-friendly destination performances, value, satisfaction, and trust in generating destination image and loyalty. Journal of Destination Marketing and Management, 13(December 2018), 51–60. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2019.05.007
Anwar, R. S., Ikhwan, S., & Khojin, N. (2022). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Kedai Kopi He Kafei). AURELIA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(1), 88–95. https://doi.org/10.57235/aurelia.v1i1.34
Battour, M., Salaheldeen, M., & Mady, K. (2022). Halal tourism: exploring innovative marketing opportunities for entrepreneurs. Journal of Islamic Marketing, 13(4), 887–897. https://doi.org/10.1108/JIMA-06-2020-0191
Fajriyati, I., Afiff, A. Z., Gayatri, G., & Hati, S. R. H. (2020). Generic and Islamic attributes for non-Muslim majority destinations: application of the three-factor theory of customer satisfaction. Heliyon, 6(6). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04324
Ghozali, & Latan. (2015). Partial Least Squeres Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 273–282. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO
Isa, S. M., Chin, P. N., & Mohammad, N. U. (2018). Muslim tourist perceived value: a study on Malaysia Halal tourism. Journal of Islamic Marketing, 9(2), 402–420. https://doi.org/10.1108/JIMA-11-2016-0083
Jamal, A., & Sharifuddin, J. (2015). Perceived value and perceived usefulness of halal labeling: The role of religion and culture. Journal of Business Research, 68(5), 933–941. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2014.09.020
Laukkanen, M., & Tura, N. (2022). Sustainable value propositions and customer perceived value: Clothing library case. Journal of Cleaner Production, 378(August), 134321. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2022.134321
Li, T. (Tina), Liu, F., & Soutar, G. N. (2021). Experiences, post-trip destination image, satisfaction and loyalty: A study in an ecotourism context. Journal of Destination Marketing and Management, 19(January), 100547. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2020.100547
Miftahuddin, M. A., Adawiyah, W. R., Pradipta, R., & Wihuda, F. (2022). Examining the effect of halal perceived value and perceived risk on purchase intention: A mediating role of halal trust. Innovative Marketing, 18(4), 62–73. https://doi.org/10.21511/im.18(4).2022.06
Musnia, M., Hamid, R. S., & Maszudi, E. (2023). Islamic Tourism: Peran Atribut Wisata Halal dalam Menentukan Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan. Jesya, 6(2), 1899–1900. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1188
Pratiwi, H. (2023). What makes muslim tourists loyal to halal destinations in yogyakarta ? a loyalty analysis using the SEM Method. E-Journal Perdagangan Industri Dan Moneter, 11(1), 11–28.
Rahman, M., Moghavvemi, S., Thirumoorthi, T., & Rahman, M. K. (2020). The impact of tourists’ perceptions on halal tourism destination: a structural model analysis. Tourism Review, 75(3), 575–594. https://doi.org/10.1108/TR-05-2019-0182
Rasul, T. (2019). The trends, opportunities and challenges of halal tourism: a systematic literature review. Tourism Recreation Research, 44(4), 434–450. https://doi.org/10.1080/02508281.2019.1599532
Rodrigo, P., & Turnbull, S. (2019). Halal holidays: How is value perceived by Muslim tourists? International Journal of Tourism Research, 21(5), 675–692. https://doi.org/10.1002/jtr.2290
Safira, A., & Salsabilia, N. (2022). The Influence of Halal Destination Awareness on Halal Destination Loyalty: A Study on West Sumatera. AFEBI Islamic Finance and Economic Review, 7(01), 32. https://doi.org/10.47312/aifer.v7i01.561
Slamet, Abdullah, I., & Laila, N. Q. (2022). The contestation of the meaning of halal tourism. Heliyon, 8(3), e09098. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09098
Sukirman, D., & Zulkarnaen, W. (2022). Manajemen Pariwisata Halal Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 3(1), 36-47.
Yusuf Sinatrya, B., Ermawati, D., Camelia Ulfa, D., Dzikirullah, A., Syaiful Haq, A., Wulandari, F., Pascasarjana Uin Raden Mas Said Surakarta, P., & sitasi, S. (2022). Peran Citra Destinasi dan Perceived Value Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Halal Friendly Destination. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(03), 2672–2685.
Zulvianti, N., Aimon, H., & Abror, A. (2023). Perceived Environmental Value, Destination Image, and Tourist Loyalty: The Role of Tourist Satisfaction and Religiosity. Sustainability (Switzerland), 15(10), 1–13. https://doi.org/10.3390/su15108038
Published
2024-02-06
How to Cite
Komariyah, W., Winata, A., Setyawan, A., Mustikowati, R., & Wijayanti, C. (2024). PENGARUH HALAL VALUE DAN KEPUASAN WISATAWAN TERHADAP LOYALITAS PADA DESTINASI WISATA HALAL DI KAWASAN PESISIR KABUPATEN SAMPANG. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 907-920. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3760