PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

  • Harry Hermawan Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
  • Widhi Ariyo Bimo Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti dampak digital marketing terhadap keputusan pemilihan perguruan tinggi oleh mahasiswa, dengan mediator kesadaran merek. Penelitian ini difokuskan pada mahasiswa aktif di Universitas Logistik dan Bisnis Internasional, menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pengembangan dan pengujian empat hipotesis. Analisis dilakukan melalui pemodelan persamaan struktural dengan bantuan aplikasi SEM-AMOS. Populasi penelitian melibatkan mahasiswa aktif pada tahun ajaran 2022/2023 dan 2023/2024, dengan sampel sebanyak 400 dan yang berhasil terkumpul dan diolah sebanyak 110 siswa.

Temuan empiris menunjukkan bahwa aspek-aspek digital marketing, terutama media sosial dan website, memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pemilihan mahasiswa di Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Hasil uji variabel kesadaran merek juga menunjukkan dampak positif yang signifikan dalam memediasi pengaruh pemasaran digital, terutama melalui media sosial, pada keputusan pemilihan mahasiswa. Namun, pada dimensi website, kesadaran merek tidak signifikan memediasi keputusan pemilihan.

Implikasi dari hasil ini menyarankan bahwa Universitas Logistik dan Bisnis Internasional perlu meningkatkan strategi pemasaran digital, khususnya dalam pengelolaan website, guna lebih efektif mempengaruhi mahasiswa dalam menentukan pilihan mereka. Diharapkan bahwa perbaikan ini akan lebih membentuk kesadaran merek di kalangan mahasiswa dan calon mahasiswa di Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

References

Abbas, M. H. I., Satrio, Y., & Annisya, A. (2019). Teaching Economic Crisis and Stock Market Using A Movie. 305(Icebess 2018), 49–52. https://doi.org/10.2991/icebess-18.2019.8
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Ha, E. Y., & Lee, H. (2018). Projecting service quality: the effects of social media reviews on service perception. International Journal of Hospitality Management, 69, 132–141.
Hair, J. F., Ortinau, D. J., & Harrison, D. E. (2010). Essentials of marketing research. McGraw-Hill/Irwin.
Huang, Z., & Benyoucef, M. (2017). The effects of social commerce design on consumer purchase decision-making: An empirical study. Electronic Commerce Research and Applications, 25, 40–45.
Hutter, K., Hautz, J., Dennhardt, S., & Füller, J. (2013). The impact of user interactions in social media on brand awareness and purchase intention: the case of MINI on Facebook. Journal of Product & Brand Management, 22(5/6), 342–351. https://doi.org/10.1108/JPBM-05-2013-0299
Jan, M. T., & Ammari, D. (2016). Advertising online by educational institutions and students’ reaction: a study of Malaysian Universities. Journal of Marketing for Higher Education, 26(2), 168–180. https://doi.org/10.1080/08841241.2016.1245232
Lee, C., & Kahle, L. (. (2016). The Linguistics of Social Media: Communication of Emotions and Values in Sport. Sport Marketing Quarterly, 25(4).
Mousavi, J., Rad, H. S., & Asayesh, N. (2015). The effect of social media on brand loyalty. Bulletin of the Georgian National Academy of Sciences, 9(2), 16–21.
Nofal, R., Calicioglu, C., & Aljuhmani, H. Y. (2020). The impact of social networking sites advertisement on consumer purchasing decision: The Mediating role of brand awareness. International Journal of Data and Network Science, 4(2), 139–156. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2020.2.003
Priyono, A. (2015). Improving quality of interactivity between organisation and customers with the support of WhatsApp. Global Marketing Conference at Hong Kong, 969–981.
Rainie, L., Smith, A., & Duggan, M. (2013). Coming and Going on Facebook. Pew Internet, 7. http://pewinternet.org/Reports/2013/Coming-and-going-on- facebook.aspx
Riduwan, & Kuncoro, E. A. (2017). Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur). Alfabeta.
Shaltoni, A. M. (2017). From websites to social media: exploring the adoption of digital marketing in emerging industrial markets. Journal of Business and Industrial Marketing, 32(7), 1009–1019. https://doi.org/10.1108/JBIM-06-
Sugiyono. (2011a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011b). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunariani, N. N. (2017). Marketing Mix Dan Akreditasi Terhadap Keputusan Memilih Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 2(2), 368–377.
Sung, M., & Yang, S. U. (2008). Toward the model of university image: The influence of brand personality, external prestige, and reputation. Journal of Public Relations Research, 20(4), 357–376.
Published
2024-02-01
How to Cite
Hermawan, H., & Bimo, W. (2024). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 689-701. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3753